Tips & Trick

3 Langkah Cara Nat Keramik Ringkas

Nat keramik – Keramik memang sudah umum digunakan pada berbagai tipe bangunan. Anda yang tinggal di rumah ataupun penggunaan di area perkantoran/bangunan publik, keramik sudah lazim ditemui. Walau begitu, masih jarang keramik yang tidak menggunakan nat keramik pada pengaplikasiannya. Nah, ada cara terbaik untuk pemasangannya lho!

Dari banyak tipe bangunan masa kini, keramik lantai memang sudah lazim ditemui. Keramik membuat area indoor bangunan terasa lebih nyaman dan tentu saja lebih rapi ketika dipakai. Coba saja lihat perbandingan antara ruangan yang memakai lantai keramik dengan yang tidak.

Nah, dalam hal ini keramik memang sering kali dipasang hanya dari segi penyusunan saja. Nyatanya tidak lah seperti itu, keramik yang hanya disusun saja memasang atau menyambung satu dengan sama lain saja, itu mungkin tidak akan maksimal karena bagian paling pinggir lantai selalu saja tidak tampil maksimal, atau dalam hal ini kerapian yang di dapat amat lah kurang.

Faktor Penentu Kerapian

Ketika anda sadar akan hal ini, menggunakan nat keramik adalah jawabannya. Bahan material ini sangat membantu keramik tampil lebih rapi, tentu saja dengan “menyelesaikan” masalah pada ketidak rapian  bagian pinggir keramik (di selah – selah keramik).

Baca Juga  Fungsi Solder Lengkap Berdasarkan Jenisnya

Mekanisme kerjanya, nat akan menutupi bagian selah-selah keramik, sehingga hal ini memberikan tampilan keramik yang lebih halus dan rapi. Ini seperti anda memiliki satu lantai keramik besar tanpa terlihat bagian pinggir dari keramik itu sendiri.

Sebelum menggunakan nat, ada baiknya anda menyiapkan beberapa alat dan bahan pendukung untuk pengaplikasian nat yang merata dan sempurna. Tentu saja, bahan dan alat berikut tidak hanya berguna dari sisi pengaplikasian, melainkan juga waktu proses yang lebih singkat.

cara nat keramik yang benar
via : homecrux

 Beberapa bahan yang perlu dipersiapkan diantaranya :

  • potongan sandal jepit
  • kain
  • pembersih lantai
  • wadah
  • penghalus

Cara Nat Keramik Yang Ringkas

1) Bersihkan kerak atau kotoran tekel di selah-selah menggunakan pembersih lantai

Sebelum penggunaan nat dilakukan, ada baiknya bagian paling pinggir dari lantai (selah – selah) dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini supaya nat dapat menempel dengan sempurna ketika diaplikasikan pada area sela sela lantai.

2) Gunakan penghilang cat untuk membersihkan

Proses pembersihan akan memakan waktu lama ketika dilakukan secara manual. Itu sebabnya anda perlu alat bantu untuk memprosesnya lebih singkat. Gunakan alat pencongkel cat atau penghilang cat untuk membantu proses pengangkatan kotoran atau kerak

Gunakan alat pembersih lantai tadi supaya kotoran lebih mudah terangkat. Oleskan langsung pembersih lantai ke sela – sela lantai. Cairan pembersih lantai akan membantu mengangkat kotoran atau kerak walaupun tidak sepenuhnya. Itu sebabnya anda perlu alat pencongkel cat, yang kemudian mengangkat kotoran ke permukaan seluruhnya.

  • setelah terangkat , bersihkan dengan kain
nat keramik
via : sterlingcleaning.net

Setelah terangkat, kotoran atau kerak tadi akan betebaran ke permukaan lantai. Anda perlu membersihkan kotoran atau kerak ini menggunakan alat yang bisa mengangkat partikel atau cairan kotoran tadi.

Baca Juga  Yuk, Ketahui Apa Itu Atap Sandar (Shed Roof)

Supaya lebih hemat, menggunakan kain saja sebenarnya sudah lah cukup. Namun perlu diingat, gunakan kain yang bersih supaya kotoran dapat terangkat dengan optimal, bukan kembali lagi ke permukaan ya homeowners.

  • Campur nat keramik dengan air di wadah

Setelah lantai siap, ini saatnya anda gunakan nat keramik pada lantai rumah anda. Sudah tau bagaimana caranya?

Nah, gunakan wadah untuk menampung nat setelah dibuka dari bungkusnya. Kemudian, campur dengan air supaya ketika akan digunakan, untuk volume air yang digunakan adalah secukupnya saja, jangan terlalu encer maupun terlalu sedikit.

Pastikan nat dan air telah bercampur. ketika nat keramik dan air mencampur dengan sempurna, ini akan mengental menyerupai susu kalengan cair. Ketika berada dalam kondisi ini, nat sudah siap digunakan.

3) Gunakan potongan bahan sandal untuk pengaplikasian nat

Mungkin anda bertanya-tanya, apa hubungannya potongan bahan sandal dengan nat keramik? Nah, ternyata bahan sandal ini dapat dimanfaatkan untuk membantu proses nat pada keramik lho homeowners!

Jadi setelah nat siap dipakai, ini saatnya menggunakan bahan satu ini pada lantai. Tuangkan cairan nat tadi pada sela – sela lantai, tuangkan secara perlahan agar nat keramik dapat meresap ke dalam selah – selah lantai. 

Untuk hasil yang lebih sempurna, gunakan potongan sandal jepit supaya hasil lebih merata. Hal ini bertujuan untuk memasukkan nat ke sela – sela dari keramik lebih sempurna. Gunakan untuk mengarahkan nat lebih masuk ke selah – selah lantai. Ulangi hal ini pada semua bagian lantai sampai selesai seluruhnya. Setelahnya , lihat lah ruangan anda setelah semua terekspos.

Baca Juga  Ini 3 Perbedaan Kompresor Kulkas 1pintu dan 2pintu

Nah, itu tadi 3 langkah singkat ketika anda ingin memakai nat untuk keramik, semoga bermanfaat ya! Anda juga bisa cek harga nat keramik dan pilihan jenisnya dengan klik DISINI , konsultasikan juga dengan kami lewat klik link tautan whatsapp dibawah.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini