Tips & Trick

3 Penyebab Water Heater Tidak Panas

Mandi dengan menggunakan air panas sudah menjadi salah satu gaya hidup. Mandi air hangat memang membuat rileks, terutama saat Anda sedang lelah. Di musim hujan pun akan terasa lebih nyaman jika mandi dengan air hangat. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu tentu terkadang ada kendala maupun masalah pada water heater Anda.

Masalah yang paling sering ditemukan pada water heater adalah air water heater yang tidak panas. Hal ini tentu sangat mengganggu karena saat kita sedang butuh air panas namun water heater tidak dapat berfungsi dengan baik.

jasa pasang water heater jogja 1

Penyebab Water Heater Tidak Panas

Jika water heater tidak panas tentu cukup mengganggu aktivitas Anda. Mandi air hangat pun menjadi terhambat. Jika water heater sudah tidak bisa mengeluarkan air panas, tentu Anda perlu merebus air panas secara manual dan menuangkannya ke ember di kamar mandi.

Lalu sebenarnya apa saja sih penyebab water heater tidak panas? Yuk lihat beberapa aspek penyebabnya di bawah ini.

Komponen Relay Putus

Relay adalah salah satu spare part yang umum digunakan pada alat listrik. Relay berfungsi untuk memutus arus listrik sehingga pada saat konslet akan lebih aman dan dapat menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga  Berapa Ukuran Bathtub Ideal Untuk Kamar Mandi?

Relay terletak pada bagian tengah kabel power. Saat Anda membongkar bagian kabel water heater maka Anda akan mendapati sebuah kotak, lampu indikasi, dan tombol. Jika lampu indikator tersebut tidak menyala, bisa jadi relay sudah rusak.

Rusak atau putusnya relay ini dapat mengakibatkan perangkat tidak mampu mengalirkan arus panas dan membuat water heater menjadi tidak panas.

Thermostat Tidak Berfungsi dengan Baik

Thermostat berfungsi untuk mengatur arus listrik yang masuk ke dalam elemen panas. Jika air yang ada di dalam tabung water heater telah panas, thermostat kemudian akan memutus arus listrik tersebut. Jika suhu air kembali dingin, maka thermostat akan kembali mengirimkan arus listrik ke bagian elemen sehingga dapat memanaskan air kembali.

Fungsi dari thermostat juga mencegah terjadinya overheat pada air. Saat air sudah panas, thermostat akan mati dan membuat air menjadi tidak terlalu panas. Jika thermostat rusak, maka elemen dari water heater tidak akan bekerja dengan baik dan menyebabkan air pada water heater menjadi tidak panas.

Elemen Panas Mengalami Kerusakan

Bagi water heater listrik yang menempel di dinding, sumber utama untuk memanaskan air di dalam water heater adalah dengan menggunakan elemen pemanas. Berbeda dengan water heater yang pemasangannya di atas genteng dan menggunakan dua sumber panas. Water heater yang dipasang di atas genteng pada siang hari memanfaatkan panas dari matahari.

Baca Juga  7 Trik Menata Dapur Cantik Sederhana di Kampung

Jika elemen pemanas pada water heater mengalami kerusakan, tentu water heater tidak akan bisa menghasilkan air panas. Untuk memastikannya, Anda bisa memeriksa apakah elemen tersebut putus atau tidak dengan cara memberi arus listrik langsung ke elemen tersebut. Jika panas, elemen tersebut masih berfungsi, namun jika tidak muncul panas, maka elemen tersebut putus dan rusak.

jasa pasang water heater jogja

Solusi Water Heater Tidak Panas

Jika tidak menggunakan water heater listrik, ada kemungkinan penyebab water heater tidak panas adalah karena otomatisnya rusak atau gas elpiji habis.

Cara untuk mengatasi water heater tidak panas adalah dengan memperbaikinya. Memperbaiki water heater agak riskan dan ada komponen yang rumit. Sebaiknya Anda menggunakan jasa service water heater. Biaya service water heater sangat beragam. Umumnya harga service water heater tersebut tergantung tingkat kerusakan dan juga jenis dari water heater. Jika komponen yang perlu diganti dan diperbaiki banyak, tentu harga service water heater akan cukup banyak sesuai dengan kebutuhan.

Jasa Service Water Heater Jogja

Anda bingung mencari jasa service water heater? Atau ingin menggunakan jasa pasang water heater?

Qhome Service Center siap membantu untuk mengatasi masalah water heater tidak dingin maupun membantu pemasangan water heater di rumah Anda. Anda bisa berkonsultasi untuk melakukan service melalui nomor 082299299297, atau datang ke Qhomemart ke bagian Qhome Service Center untuk mendapatkan pelayanan service dari kami.

Baca Juga  4 Perbedaan Freon R32 dan R410 AC Refrigerant

Jika Anda membutuhkan unit water heater baru, Anda juga bisa membelinya di Qhomemart. Tersedia berbagai jenis water heater mulai dari water heater listrik maupun gas. Selain itu, Qhomemart juga menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, dan lain sebagainya.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini