4 Cara Membangun Loteng Menjadi Kamar Tidur

Loteng rumah seringkali tidak termanfaatkan dengan baik sehingga menjadi ruangan yang kotor dan pengap. Padahal ruangan sederhana ini dapat dimanfaatkan sebagai kamar tidur, terutama untuk mereka dengan banyak anggota keluarga namun memiliki rumah yang minimalis.

Namun, mengubah loteng menjadi sebuah kamar bukanlah sesuatu yang mudah. Anda membutuhkan tips dan cara khusus untuk menyulap loteng menjadi tempat istirahat yang nyaman dan aman. Tertarik untuk membuat kamar tidur tambahan di loteng rumah? Yuk, simak selengkapnya berikut ini.

Mengganti Plafon Rumah dengan Material yang Kuat

membangun loteng kamar tidur

Jika pada umumnya plafon rumah terbuat dari triplek atau bahan ringan lainnya, maka Anda harus menggantinya menjadi material yang lebih kuat saat membangun kamar loteng. Hal ini bertujuan agar plafon tersebut mampu menopang berat dari kamar. Plafon bisa diganti menggunakan kayu atau mezzaine. Pilihan lain yang bisa digunakan yaitu dengan cara mengecornya dan dilapisi stiker lantai agar lebih nyaman digunakan.

Memperhatikan Kemiringan loteng dan Konstruksi Atap

loteng kamar tidur

Untuk bisa membuat ruang istirahat yang nyaman di loteng, hal yang perlu diperhatikan adalah kemiringan. Kemiringan atap maksimal sebesar 50% agar tidak terbentur saat berdiri di dalam ruangan. Sealin itu, konstruksi rangka atap harus terbuat dari material yang kuat seperti kayu atau beton untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, seperti loteng yang roboh.

Baca Juga  Membersihkan Kamar Mandi dengan Baking Soda dan Cuka?

Mendesain Kamar dengan Properti Built In loteng

kamar tidur atap

Untuk mendekor kamar tidur seperti ini sebaiknya menggunakan properti buit in yang multifungsi. Properti ini dapat memuat lebih banyak barang dengan ruangan yang terbatas. Salah satu bentuk properti built ini yang bisa digunakan yaitu ranjang tempat tidur yang dilengkapi dengan laci di bawahnya.

Mengatur Pencahayaan yang Tepat

kamar tidur lantai atas

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam menyulap loteng menjadi kamar tidur yaitu mengatur pencahayaan yang tepat. Anda dapat membuat atap kaca dengan ukuran yang sedang untuk bisa menciptakan skylight. Atap kaca ini berfungsi sebagai pencahayaan alami di siang hari maupun malam hari. Melalui atap kaca ini, kita juga bisa melihat pemandangan langit yang indah saat malam hari. Cukup keren bukan?

jika anda ingin membangun desain kamar tidur seperti ini bisa menghubungi Qhome service center. perhatikan juga jika ingin menjadikannya kamar tidur anak yang sesuai untuk anak anda.

Memang untuk membuat kamar tidur di atas rumah bukan perkara mudah. Butuh desain arsitektur yang tidak sembarangan. Sehingga keamanan penghuni rumah pun tetap bisa dijaga. Semoga bermanfaat ya.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini