4 Tips Membersihkan Kamar Mandi dengan Maksimal

Kamar mandi adalah ruangan yang sangat penting pada rumah Anda. Untuk itu menjaganya agar tetap bersih juga sangatlah penting. Kamar mandi yang bersih dapat membuat ruangan bebas bakteri dan kuman yang bersarang sehingga membuat udara di dalamnya terasa lebih bersih dan sehat.

Membersihkan kamar mandi dengan maksimal sangatlah penting untuk dilakukan secara berkala. Terkadang meskipun sudah merasa kamar mandi bersih namun ternyata ada beberapa sudut yang kurang dibersihkan.

Membersihkan Kloset Kamar Mandi

kamar mandi
source: freshhh.co.uk

Kloset dapat dibilang sebagai tempat yang paling kotor di dalam rumah. Closet yang tidak sering dibersihkan dapat membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk berkembang biak kuman dan bakteri. Terkadang bahkan terdapat noda kuning yang sulit dibersihkan sehingga membuat closet Anda terlihat kumuh dan jorok.

Closet yang kotor dapat membuat bau tak sedap dan udara di kamar mandi Anda menjadi kurang sehat. Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin membersihkan closet agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.

Untuk membersihkan closet secara maksimal, jangan lupa untuk menyiapkan peralatan yang Anda butuhkan. Sebaiknya singkirkan benda-benda bersih yang digunakan untuk mandi seperti sabun, sikat gigi, dan keset agar tidak terkena cipratan pembersih dan kotoran dari closet.

Baca Juga  Dekorasi Pelaminan di Rumah untuk Pernikahan Impian

Membersihkan closet sebaiknya menggunakan cairan pembersih yang ampun untuk melenyapkan noda membandel. Untuk melindungi tangan dan kulit Anda dari cipratan bahan kimia berbahaya tersebut, selalu gunakanlah sarung tangan berbahan karet agar tidak terkena kulit Anda.

Pada awal membersihkan kloset, siramlah dengan air panas untuk membantu melepaskan kotoran dan debu yang menempel pada permukaan kloset. Setelah itu, tuang pembersih melalui pinggiran kloset hingga cukup merata, kemudian diamkan selama beberapa menit.

Setelah didiamkan selama beberapa menit, ambil sikat toilet dengan bulu sikat plastik yang keras kemudian sikatlah permukaan toilet yang telah diberi cairan pembersih. Gosok secara kuat dan menyeluruh agar tidak ada noda membandel yang tertinggal pada permukaan toilet di rumah Anda. Setelah yakin noda di permukaan kloset tersikat dengan bersih, bilas permukaan kloset dengan menekan tombol flush.

Bagian luar kloset pun perlu dibersihkan secara menyeluruh. Anda bisa mengelap permukaan luar kloset dengan lap bersih. Jangan lupa untuk membersihkan area tangki penampung air, tombol flush, tutup dudukan kloset, bagian dasar toilet, hingga bagian belakang tangki air yang menghadap ke arah dinding toilet.

Jika Anda mendapati sela-sela kecil yang sulit dibersihkan dan sulit terjangkau, gunakanlah sikat gigi bekas untuk membersihkannya. Pastikan setiap sela telah Anda bersihkan agar tidak terdapat bakteri dan kuman yang menempel pada kloset Anda.

Baca Juga  Dekorasi Kamar Mandi Berukuran Kecil Agar Terkesan Luas

Setelah selesai membersihkan kloset jangan lupa untuk membersihkan peralatan yang Anda pakai untuk membersihkan area toilet ya. Setelah kloset bersih tentu suasana kamar mandi pun terasa lebih segar dan nyaman.

Bersihkan Lantai secara Menyeluruh

kamar mandi 2
source: goldstar-cleaning.com

Lantai kamar mandi pun sangat penting untuk dibersihkan. Aktivitas yang sering di kamar mandi tentunya dapat memunculkan berbagai kotoran. Jika tidak terlalu sering dibersihkan tentu kamar mandi Anda menjadi kotor dan tidak nyaman untuk digunakan. Selain kloset, keramik pun perlu untuk dibersihkan secara menyeluruh.

Anda bisa menggunakan cairan pembersih lantai khusus keramik kamar mandi dan menyikat lantai dengan seksama agar kotoran yang menempel ikut terangkat dengan sikat tersebut. Jangan lupa untuk membilasnya setelah selesai menyikat. Jika anda ingin menggunakan bahan alami untuk membersihkan lantai, Anda bisa menggunakan cuka dengan air lemon atau campuran air lemon dengan baking soda.

Setelah membilas, Anda juga bisa mengepel lantai kamar mandi Anda. Jika Anda menggunakan konsep kamar mandi kering, jangan lupa untuk selalu memastikan kamar mandi Anda dalam keadaan kering saat Anda tinggalkan agar tidak terlalu lembap. Anda juga bisa memasang exhaust fan untuk membantu melancarkan sirkulasi udara di dalamnya.

Bersihkan Area Wastafel

kamar mandi 3
source: modernize.com

Area wastafel adalah salah satu area yang sering Anda gunakan. Mencuci tangan dengan sabun di wastafel tentu menjadi sebuah kebiasaan baru yang wajib dipatuhi untuk membantu mencegah penyebaran virus covid-19. Oleh karena itu Anda pun perlu memperhatikan kebersihan wastafel dan juga keran wastafel di rumah Anda.

Baca Juga  6 Desain Kamar Mandi Minimalis Sederhana Untuk Rumah Kecil

Sebaiknya bersihkan secara rutin dengan cairan antiseptik agar tidak ada kuman, bakteri, dan virus yang menempel. Pastikan tidak ada sabun atau tetesan air yang tersisa setiap Anda selesai menggunakan keran air. Hal ini dapat membuat noda tetesan air pada keran Anda.

Bersihkan Sudut, Sela-sela Dinding, dan Bathtub

kamar mandi 4
source: thespruce.com

Area sudut dan sela-sela kamar mandi menjadi salah satu area yang sulit dibersihkan namun sangat penting untuk dibersihkan. Gunakanlah sikat gigi bekas untuk menyikat noda membandel pada sela-sela keramik atau sudut-sudut yang sulit dijangkau kemudian lap dengan menggunakan lap bersih. Pastikan setiap sudut dan sela kamar mandi Anda bersih sehingga kamar mandi Anda akan terasa lebih nyaman saat digunakan.

Sudah siapkah Anda untuk mulai membersihkan kamar mandi secara maksimal? Jangan lupa untuk mengganti perlengkapan yang rusak seperti keran yang bocor, shower yang bocor, wastafel yang retak, dan lain-lainnya. Anda bisa belanja perlengkapan kamar mandi berkualitas di Qhomemart. Selain itu terdapat pula berbagai kebutuhan rumah mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, furniture, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini