Tips & Trick

6 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Memasang Atap Baja Ringan

6 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Memasang Atap Baja Ringan

atap

Pada zaman sekarang hampir semua bangunan modern baik itu rumah, ruko, hingga bangunan perkantoran sudah sangat familiar dengan penggunaan baja ringan sebagai rangka atap. Hal itu bukan tanpa alasan karena pemasangan rangka atap menggunakan baja ringan dianggap banyak keunggulan. Salah satu faktor utama menjadikan pemasangan baja ringan pada setiap bangunan adalah kekuatannya. Atap baja ringan sangat kuat menopang beban yang berat pada atap.

 

selain faktor kekuatan pada daya tahan terhadap tekanan beban yang berat jika dibanding rangka kayu atap baja memiliki umur yang relatif panjang. Atap baja ringan mampu bertahan lebih dari 10 tahun. Itu karena baja ringan dibuat dari bahan hi-ten g550 lapis zinc dan alumunium terbaik.

rangka atap

Atap baja ringan juga sangat mudah dipasang, kemudahan pemasangan juga akan menyebabkan efesiensi waktu dalam proses pembangunan rumah. Baja ringan juga tahan api sehingga cendrung lebih aman jika dibandingkan kayu. Dengan banyaknya keunggulan yang ada pada baja ringan tentu sangat menarik untuk memasangnya pada rumah atau bangunan yang akan kita buat.

 

Namun sebelum memilih dan memutuskan untuk menggunakan baja ringan untuk rangka atap sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini.

 

  1. Pastikan Bentuk Atap yang Diinginkan

Bentuk atap akan sangat berpengaruh pada estetika rumah. Ibaratnya sebuah rambut pada manusia, atap juga berfungsi sebagai mahkota sebuah rumah. Jadi merancang jenis atap yang diinginkan sangatlah penting. Hal itu juga akan berpengaruh pada perhitungan biaya bahan dan pemasangan.

Baca Juga  6 Jenis Baja Ringan Beserta Fungsi, Simak Penjelasannya!

Jangan sampai saat kita sudah mulai dipasang lalu berubah dan tidak cocok dengan bentuk rumah. Hal ini tentu akan sangat merugikan baik dai segi waktu maupun biaya yang telah dikelarkan.

 

  1. Buat Rancangan yang Jelas

Rancangan kerja ini merupakan rancangan yang jelas pada atap. Rancangan kerja ini menentukan bentuk kuda-kuda jark dan kebutuhan kuda-kuda dalam pemasangan rangka atap baja ringan. Jika sudah memiliki rancangan yang jelas maka akan mudah untuk memperhitungkan estimasi dana yang harus dikeluarkan dalam proses pemasangan.

Ketika kita menggunakan rangka atap dari kayu maka kita dapat mengukur dan menghitungnya, kemudian menempelkanya pada rangka atap. Namun saat menggunakan rangka atap dari baja ringan maka dibutuhkan perhitungan khusus, agar tepat dan pas untuk rangka rumah. Jika Salah perhitungan maka rangka atap tidak akan berdiri dengan baik.

 

  1. Pastikan Bahan Berkualitas

Pemilihan bahan menjadi faktor penting dalam pemasangan rangka atap. Bahan yang kita pilih juga akan sangat berpengaruh pada jenis atap yang akan kita gunakan sehingga rangka dapat menopang atap dengan baik.

Pemilihan atap dari bahan SNI sangat direkomendasikan, pemilihan bahan berkualitas juga harus melihat faktor penjualnya. Penjual yang recommended dan terpercaya akan memudahkan kita sebagai pembali. Untuk pembelian atap baja ringan yang recomended dapat dibeli di bj home jogja.

Baca Juga  Tips Membeli Perlengkapan Rumah & Aksesori Rumah di Toko Online

 

  1. Perhitungkan dengan Baik Anggaran Biaya

Perlu diakui jika atap baja ringan cendrung lebih mahal dari kayu, namun hal itu sebaganding dengan keunggulan dan benefit yang didapatkan. Maka untuk itu perhitungan biaya yang digunakan harus tepat dan sesuai. Pastikan rancangan yang dibuat sesuai dengan budget yang dimiliki. beli atap baja ringan di tempat terpercaya.

 

  1. Materi Penutup

Hal terakhir yang juga harus sangat diperhatikan karena akan berpengaruh pada jenis rangka baja yang akan kita pakai adalah atap. Jangan sampai kita memilih atap yang tidak sesuai dengan rangka yang kita gunakan.

 

Itu adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemilihan atap baja ringan sebelum kita memasangnya pada konstruksi bangunan rumah.  Dan untuk membeli rangka baja ringan yang murah dan lengkap di Jogja kamu bisa temukan di Supermarket bahan bangunan BJ Home Jogja.

Dan bila anda sibuk atau sedang malas keluar rumah, solusinya bisa belanja bahan bangunan via online di BJ Home Jogja dengan alamat wesite di qhomemart.com  tinggal pilih, klik dan order bahan bangunan atau baja ringan jogja yang kamu pesan langsung diantar kerumah, mudah sekali kan? atau menghubungi kami di sms/wa/telpon 0821 3322 9898. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi anda.

 

 

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini