69 Rumah Kayu Minimalis Untuk Keluarga

melihat tren yang sekarang ini beredar semakin banyaknya orang menginginkan Rumah Kayu. Beberapa tahun terakhir terjadi pergeseran paradigma dalam pembangunan rumah. Jika dulu membangun rumah harusdi kota namun sekarang lebih suka di pingir kota. Kaum urban mulai banyak memilih jenis rumah yang simpel dan minimalis. Ada juga yang mulai membangun rumah dengan konsep-konsep out of the box.

Salah satu rumah yang sedang naik daun dan banyak dicari adalah Rumah Kayu. Ada yang memilihnya untuk villa atau tempat peristirahatan di perbukitan. atau membangun untuk cottage-cottage yang di sewakan di dekat daerah wisata.

Berikut beberapa tips dan desain yang bisa anda jadikan inspirasi dan bisa di terapkan untuk rumah kayu keluarga kecil anda

Rumah Kayu ala The Hobbit

rumah kayu the hbiit
rumah kayu google

anda dapat membuat rumah kayu ala the hobbit yang simpel dan kecil. bentuk seperti ini cocok ajdi tempat istriahat anda. Atau bisa juga digunakan sebagai ruang kerja yang terpisah dari bangunan utama. Type banguanan kayu ini bisa anda jadikan refrensi tempat berkumpul.

Kecil Mungil dan Steril

rumah kayu mungil
rumah google.com

kecil tidak selalu buruk. Untuk keluarga baru rumah yang lebih kecil bisa jadi solusi. Dengan rumah suasana rumah lebih terasa adem dan dingin saat musim panas. Pada musim hujan atau musim dingin rumah akan menjadi lebih hangat.

Memberi Sentuhan Ornamen Kaca

rumah kayu kaca
foto google.com

Berikan tambahan kaca pada dinding rumah. Hal itu akan membuat cahaya matahari masuk. Dengan masuknya cahaya matahari rumah akan lebih hangat dan tidak lembab. selain itu tambahan kaca akan membuat rumah semakin terlihat menarik.

Rumah 2 Lantai siapa takut

dua lantai google

siapa bilang kayu tidak bisa jadi dua lantai. Kayu memiliki tingkat kelenturan sehingga sanggup menpang sesuatu diatasnya. Tentu saja tidak sembarang kayu. Pilihlah kayu terbaik dan kuat untuk keamanan. Jangan takut jika anda berencana memiliki rumah 2 lantai dengan bahan kayu.

Baca Juga  Model Pagar Rumah Mewah Terbaru

Model Atap Lebar

rumah kayu atap
rumah kaca google

model apa lebar sedang banyak diminati oleh banyak orang. Model ini memberi ketenangan saat berbagai macam cuaca. memang ada kelemahan pada model ini. Bentukmnya yang lebar akan memakan banyak biaya saat pembangunan. Namun hasilnya cukup bagus untuk dipasang dan diterapkan di rumah.

Suasana Hangat

Rumah Kayu akan memberi kesan suasana hangat di rumah. angin yang macuk dari celah jendela akan sangan segar. Bau aroma dari kayu akan membuat suasana rumah jadi nyaman dan tentram.

Digabung dengan Rumah Pohon

rumah pohon

anda dapat membuat rumah kayu yang di kombinasikan dengan pohon. Kombinasi ini akan sangat unik dan menarik. Rumah jenis ini sangat tepat jika dijadikan tempat istirahat. Atau juga bisa dijadikan tempat untuk bermain anak-anak.

Pencahayaan Lampu Kuning

Rumah kayu akan semakin indah dan cantik jika dengan menggunakan pencahayaan lampu warna kuning. Warna kuning memberi kesan romantis dan teduh. Anda sangat bisa mencobanya untuk rumah anda.

Balkon di Lantai 2

Tidak ada salahnya mencoba menerapkan balkon di atap rumah. Mesikpun dari kayu membuat balkon di atap bisa anda lakukan. Setidaknya anda bisa membautnya di lantai 2 sebagai teras. Anda dapat mendapat pemndangan luas dan terbuka. Selain itu juga bisa jadi sirkulasi udar bersih untuk rumah.

Kombinasi Kayu dan Tembok Bata

rumah kayu minimalis

membangun Kombinasi kayu dan tembok bata bisa memberi anda inpirasi baru. Kombinasi ini akan memberikan bangunan yang kokoh tanpa kehilangan sentuhan kayu. Bisa dikombinasikan dengan struktur tembok dan kayu sebagai penghias. Atau bisa dengan membuat dua struktur berbeda yang digabungkan. Bangunan yang dijejerkan dari dua bahan yang berbeda.

Rumah Panggung dua Lantai

rumah kayu

rumah 2 lantai biasanya memerlukan struktur yang kuat. Seperti tiang-tiang dari cor beton atau besi. Namun tidak selalu begitu, pemilihan kayu untuk rumah dua lantai juga bisa digunakan. Banyak kayu yang kaut untuk menopang rumah. Bahkan rumah panggung juga bisa dibuat 2 lantai. Kayu memiliki daya tahan yang kuat sehingga mampu menopang beban.

Rumah Kayu Bentuk Kubus

Rumah kayu bentuk kubus mulai banyak di temuan di Eropa. di indonesia rumah jenis ini belum terlalu familiar. Di eropa biasanya rumah seperti ini banyak dijadikan sebagai tempat peristirahatan atau tempat lokasi berkemah. Tidak ada salahnya anda mencoba di Indonesia, tidak harus tempat tinggal. bisa jadi tempat perisitrahatan di pinggiran kota.

Tidak Perlu Pendingin Ruangan

Tanpa AC

Memiliki Rumah Kayu tidak perlu Pendingin Ruangan dalam rumah. Dengan sirkulasi udara yang bebas dan bersih. Selain itu kayu juga memiliki wangi alami yang dapat membuat nyaman. Buat yang tidak terlalu suka dengan pewangi kiama, ini akan sangat membantu.

Baca Juga  5 Ide Ruang Bermain Anak untuk Rumah Sempit

Setiap kayu memiliki aroma masing-masing, karena isfatnya alami jadi tidak mudah hilang. suasana rumah kayu juga berbeda, lebih tduh dan nyaman. Apalagi jika lokasi rumah ada wilayah dengan laam terbuka.

Membangun Rumah Kayu 3 Lantai

tiga lantai

anda dapat membuat rumah kayu dengan 3 lantai. Kayu cukup kokoh untuk dibuat rumah seperti itu. Anda juga dapat memberi sentuhan kombinasi dengan batu.

dengan penataan yang tepat batu anda tidak ditata rapih. anda dapat menambahkan jaring untuk memperkokoh batu yang disusun. Kombinasi batu dan kayu ini akan membuat rumah mendapat kesan alami dan menyatu dengan alam.

Model Rumah Atap Lancip

ada banyak jenis atap yang bisa diterapkan pada rumah kayu. Model atap lancip bisa anda terapkan dan pasangkan di rumah. Anda bahkan bisa membat atap dari bahan kayu. bahan ini juga bisa kuat dan tahan air. asal anda tetap melapisinya dengan bahan-bahan lain.

jika anda merancang rumah dengan bentuk yang tinggi. Tidak ada salahnya menambah usur kaca pada rumah yang anda buat. kaca akan memberi penchayaan yang baik bagi rumah. Dengan pemilihan kaca maka cahaya matahari akan masuk dengan sempurna, selain itu dapat menghemat listrik.

Menggunakan Balok Kayu Gelondongan

jika anda mulai bosan dengan bentuk rumah yang biasa aja. Artinya menggunakan lapisan kayu yang gepeng dan tipis, tidak ada salahnya mencoba kayu utuh. Kayu ini dirangkai masih dalam bentuk aslinya yang bulat dan besar. Jadi tebal dan tentusaja lebih kuat meskipun berat.

kayu yang masih bentuk batangan besar ini bisa jadi lebih kuat dari tembok biasa. Dengan bentuk yang besar berminat untuk membuat ruamh dengan kayu batangan besar ?

Kombinasi Kayu Gelondongan dan Kayu Lapis

rumah kayu gelondongan

jika pemasangan kayu Gelondongan saja terasa kurang estetik maka anda bisa memasnag kayu lapis. Rumah kayu dibuat dengan kombinasi kedua jenis ini. Dengan begitu bagian bawah hunian akan kokoh dengan kayu batangan. Dedangkan bagia atas akan lebih mudah dan indah dengan berbagai macam ukuran dan lapisan kayu. Kombinasi keduanya akan menghasilkan bentuk rumah yang unik dan elegan serta yang penting kokoh aman dan danyan.

Baca Juga  Ingin Membangun Rumah Mini? Wajib Perhatikan 6 Hal Ini

Pertahankan Warna Asli Kayu

rumah kayu

salah satu keunggulan dengan menggunakan kayu adalah warna. Setiap kayu memiliki pola dan warna yang alami. Pola dan warna ini sangat unik, jadi anda tidak perlu membeli cat lagi. Anda bias membeli pelamir atau pelapis yang tidak merusak kayu. Jika tetap ingin menggunakna kayu cobalah gunakan cat kayu khusus. Sebaiknya jangan sampai menghilangkan warna asli dari kayu. karena disitulah nilai dari kayu.

Kayu Gelondongan Kecil

jika anda ingin tetap dengan model dan bentuk kayu gelondongan tapi tidak suka terlalu besar ini bisa jadi solusi. Kayu yang digunakan kayu2 kecil yang masih dalam bentuk asli yang dirangkai. kayu kecil juga cukup oke. lebih berbentuk dan menarik untuk dilihat.

Menjadi Tempat Peristirahatan

Rumah kayu memang lebih banyak dijadikan tempat peristirahatan dibanding menjadi hunian tetap. Sebenarnya banyak alasan menjadikannya hanya sebagai rumah istirahat atau villa. Harus diakui resiko terbesanyra adalah soal api, kedua perawatan yang cendurng besar jika jadi tempat tinggal utama.

Kitchen Set dari Kayu

memang banyak yang memilih menjadikan kayu buakn sebagai elemen utama. Kayu banyak dijadikan sebagai pemanis atau komponen pada interior hunian. Namun dibagian luarnya masih beton dan besi. Mengandalakan Beton dan besi serta tembok sebagai konstruksi utama rumah bisa jadi solusi. Solusi bagi anda yang tetap ingin menjadikan hunian penuh nuansa kayu tapi tetap mempertahankan sisi tradisional bangunan. Artinya rumah tetap dibangun konstruksi seperti rumah lainnya.

Berikut beberapa desain yang bisa jadi Inspirasi anda

diatas adalah beberapa dsesain yang bisa anda contoh. Rumah kayu bisa menjadi hunian utama, bisa jadi sekedar “ruangan” pendamping atau tempat peristirahatan. Rumah ini memang lebih sering jadi Villa. Meskpun bermacam-macam bentuknya, anda bisa mencoba bereksplorasi. Tidak ada salahnya mulai berkreasi.

jika membangun rumah terasa mahal, cobalah memberi sentuhan. Sentuhan perkayuan bisa anda padukan dengan rumah anda yang sudah jadi. Seperti memberi sentuhan kayu pada dapur atau ruang tamu. Bisa juga pada teras.

Selamat Mecoba, Jika anda ingin membuat rumah anda menjadi lebih elegan dengan lantai kayu atau parquet, silahkan hubungi kami melalui Whatsapp dibagian sudut bawah . Kami akan dengan senang hati membantu anda.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini