8 Power Tools yang Wajib Anda Punya Untuk Do-It-Yourself atau DIY

Apakah Anda orang yang hobi untuk membuat sesuatu keterampilan sendiri? Gemar bertukang dan membuat berbagai benda dan barang dari berbagai barang bekas, palet kayu, atau apa pun yang bisa Anda “sulap” menjadi suatu hal yang baru?

Membuat meja belajar anak dari kayu-kayu palet bekas mungkin bisa menjadi pilihan untuk proyek yang akan Anda kerjakan. Atau Anda tertarik untuk memasang rak gantung sendiri yang membutuhkan bor listrik? Masih banyak lagi pula hal-hal yang bisa Anda buat di rumah.

Power Tools yang Wajib Anda Miliki

Tentunya dalam membuat berbagai kreasi tersebut, Anda membutuhkan berbagai alat-alat pertukangan. Sebenarnya apa saja sih peralatan pertukangan yang wajib Anda miliki jika memiliki hobi mengerjakan atau membuat do it yourself di rumah? Penasaran apa saja? Yuk simak daftar peralatan tukang yang wajib Anda miliki di rumah.

Mesin Drill atau Mesin Bor

Mesin bor listrik adalah benda atau alat tukang yang paling umum dan banyak digunakan untuk berbagai project kerajinan tangan. Anda bisa menggunakan bor untuk melubangi kayu, melubangi besi, dan juga mengencangkan baut.

Baca Juga  Jual Perabot Ruang Tamu Jogja Terlengkap di Qhomemart

Agar lebih praktis, Anda bisa membeli cordless drill atau bor tanpa kabel. Jadi Anda bisa mengecharge baterai dari bor dan kemudian menggunakannya lebih leluasa karena tidak akan terhalang kabel. Tentunya jika ada kabel akan lebih merepotkan untuk bergerak kesana-kemari dalam mengerjakan proyek Anda, bukan?

Miter Saw

Miter saw adalah gergaji tangan yang sangat penting untuk Anda miliki. Mesin ini berfungsi sangat efektif untuk melakukan pemotongan pendek material besi ataupun kayu dengan sudut 45 derajat ataupun 90 derajat.

Circular Saw

Circular saw atau gergaji bundar adalah alat yang berfungsi untuk memotong kayu. Circular saw praktis untuk dipasang dan juga digunakan. Alat ini juga dapat digunakan secara berpindah-pindah dan fleksibel, cocok untuk mengerjakan berbagai proyek.

Tidak hanya untuk memotong kayu, alat ini juga bisa memotong berbagai benda lainnya. Circular saw memiliki berbagai ukuran diameter untuk memotong kayu, besi, logam, keramik, hingga granite. Pastikan pisau yang Anda gunakan untuk circular saw cocok dengan bahan material yang Anda inginkan.

Saat menggunakan mesin ini Anda harus berhati-hati. Mata pisaunya yang tajam bisa melukai Anda. Serpihan potongan saat memotong kayu maupun bahan material lainnya pun bisa berceceran kemana-mana. Untuk menghindari memegang alat dengan tangan licin, Anda bisa menggunakan sarung tangan pelindung agar bisa

Mesin Jigsaw atau Mesin Gergaji

Mesin Jigsaw adalah mesin yang digunakan untuk memotong kayu dan dapat digunakan untuk membentuk potongan yang berlekuk-lekuk. Mesin ini bergerak naik turun untuk memotong kayu dan ia cocok untuk memotong triplek tebal dengan bentuk lingkaran. Akan tetapi, mesin ini kurang cocok untuk memotong triplek yang tipis. Saat digunakan untuk memotong tripleks yang tipis mesin ini kurang cocok karena akan membuat hasil potongan tidak rata.

Baca Juga  5 Harga Mesin Amplas Ramah Budget Beserta Reviewnya

Mesin jigsaw berbeda dengan mesin circular saw. Mesin gergaji jigsaw dapat memotong kayu berbentuk garis yang berlekuk sedangkan circular saw umumnya digunakan untuk memotong kayu yang memiliki ukuran panjang dengan potongan yang lurus.

Table Saw

Table saw adalah mesin pemotong kayu yang berbentuk meja. Pada bagian tengah mesin ini terdapat piringan pisau bergerigi tajam. Pisai ini berbentuk bulat atau circular dengan gigi yang digerakkan oleh dinamo elektrik. Ada dua jenis meja gergaji, yaitu meja gergaji ukuran besar dan portable saw.

Untuk kebutuhan rumahan, Anda bisamenggunakan portable saw. Bentuknya praktis untuk disimpan dan juga mudah untuk dibawa kemana-mana.

Tile Saw

Banyak sekali proyek Do It Yourself yang menggunakan bahan keramik. Untuk melancarkan proyek tersebut, tentu Anda membutuhkan tile saw atau gergaji keramik atau gergaji ubin.

Random Orbital Sander

Random orbital sander adalah mesin amplas. Tentu saja kegunaannya untuk menghaluskan permukaan bahan material Anda. Mesin ini sangat cocok untuk Anda yang butuh mengamplas kayu dengan lebih mudah dan relatif lebih cepat.

Mesin Air Compressor

Mesin kompresi udara atau air compressor adalah perangkat yang dapat mengubah energi listrik menjadi energi kinetik dengan mengompresi dan melakukan menekan udara

Mesin Oscillating Multi Tool

Mesin oscillating multi tool adalah mesin yang berguna untuk memotong dan merapikan berbagai sudut. Umumnya alat ini digunakan untuk memotong hasil produk yang sudah mencapai proses perakitan atau finishing atau untuk perbaikan.

Baca Juga  Media Hidroponik untuk Bercocok Tanam

Akan tetapi mesin ini digunakan hanya untuk memotong material yang pendek karena mesin ini kecil dan hanya cocok untuk memotong bagian-bagian kecil dan pendek.

Jual Power Tools Jogja

Nah, bagaimana, apakah ada di antara alat-alat di atas yang sudah Anda miliki? Atau Anda berniat untuk melengkapi power tools yang Anda miliki di rumah?

Jangan khawatir. Qhomemart memiliki berbagai power tools berkualitas yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Terdapat berbagai alat perkakas tangan mulai dari bor biasa, bor tanpa kabel, mesin gerinda, mesin amplas, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tersedia pula berbagai kebutuhan rumah mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini