Yang Hobi Kopi Wajib Tahu 4 Alat Pembuat Kopi Ini

Alat pembuat kopi , salah satu hal yang wajib anda punya ketika berususan dengan ini. Kopi dapat dibuat untuk berbagai macam komposisi, sehingga mengetahui alat yang tepat dan sesuai kebutuhan adalah wajib hukumnya.

Sebagai salah satu minuman favorit, bahkan hampir semua orang menyukai minuman kopi dalam bentuk panas maupun es kopi. Dengan ragam kopi yang sangat banyak , ini membuatnya membutuhkan berbagai alat pada proses pengolahnya, baik dari segi penggillingan, racikan, maupun beberapa aspek lain. 

Nah, kalau anda pecinta kopi yang ingin membuat rasa kopi yang khas dan bercitarasa, berikut beberapa alat pembuat kopi yang dapat digunakan.

Cold Brew Coffee Maker

Alat ini membuat kopi yang diperuntukkan untuk kopi bersuhu dingin, es kopi dibuat dengan menuangkan kopi yang telah diseduh diatas es, walau begitu metode cold brew seperti ini tidak menggunakan panas apapun. 

Alat Pembuat Kopi : Grinder

grinder kopi
via unsplash

Grinder (atau dalam nama lain penggiling kopi) jadi salah satu hal yang perlu anda perhatikan penggunaannya. Grinder kopi merupakan alat yang digunakan untuk menggiling biji kopi supaya mencapai kadar yang telah ditentukan. Alat ini sangat berkaitan untuk menghasilkan rasa kopi yang lebih maksimal.

Baca Juga  Tips Memilih Harga Kitchen Set Minimalis

Grinder sendiri memiliki beberapa macam mekanisme penggilingan yang dibedakan menjadi 4 jenis, masing – masing dari grinder ini juga menentukan rasa kopi yang dihasilkan lho homeowners! Berikut beberapa diantaranya :

Grinder manual 

Grinder manual akan lebih tepat digunakan jika anda menyukai aroma – aroma kopi yang khas tradisional dan khas. Anda bisa mendapat kopi yang lebih halus dan menciptakan aroma kopi yang “bercita rasa” secara lebih mudah tanpa mengeluarkan banyak energi, dan yang paling penting tidak perlu menumbuk homeowner! walau begitu, proses dari grinder manual punya memakan waktu yang sedikit lama.

Grinder elektrik

Dari namanya, tentu ada sudah tahu bahwa mekanisme dari tipe grinder elektrik yakni menggunakan energi listrik. Karena lebih praktis, sajian kopi dapat dibuat lebih mudah jika dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Proses penggilingan tentu juga dapat lebih singkat, walau begitu jangan lupa perhatikan takaran penggilingan agar tidak rentan rusak, ya!

Burr grinder

Tipe alat pembuat kopi Burr grinder memiliki sistem kerja yang mirip dengan manual grinder. Namun, burr grinder bekerja memakai motor listrik tambahan 2 plat roda bergerigi sehingga menghasilkan proses yang cepat namun tetap bercita rasa. 

Blade grinder

Tipe blade grinder memakai 2 mata pisau untuk proses penggilingan biji kopi. Dari jenis pisau terbagi menjadi 2, yakni tipe pisau mata lurus (flat) maupun tipe mata pisau melingkar (conical). Dengan mekanisme seperti ini, proses penggilingan kopi tentu dapat dilakukan lebih cepat.

Baca Juga  Panduan Bagi Pemula Untuk Mempercantik Ruang Tamu di Rumahmu

Mesin Pembuat Kopi (Drip Coffee Maker)

Alat ini tidak lah asing bagi anda pencinta kopi, penggunaannya lebih sering untuk pemakaian pribadi ataupun keluarga.  Alat pembuat kopi memberi secangkir kopi yang dapat diseduh lebih cepat, hanya dengan sentuhan tombol saja. Seiring perkembangannya, alat pembuat kopi juga tersedia untuk berbagai minuman seperit coklat panas, teh maupun beberapa jenis minuman berbasis susu. Anda bisa menuangkan minuman terbaik lewat alat ini.

Espresso Coffee Maker

mesin kopi espresso via unsplash

Pernah melihat mesin pembuat kopi berukuran sedikit besar ketika berada di coffee shop? Nah, itu lah yang dinamakan espresso coffee maker. Sesuai namanya, ada banyak cara membuat espresso, hal ini memberi konsentrasi daripada jenis kopi tetes dan cara penyajiannya (biasanya) dalam ukuran cangkir yang lebih kecil.

Alat pembuat kopi Espresso Coffee maker memilki beberapa jenis mesin, seperti mesin manual , semi-otomatis, otomatis maupun seuper otomatis. Walaupun masing – masing jenis mesin tersebut punya sistem kerja yang berbeda, namun secara umum alurnya ialah dengan memanaskan air serta bekerja melalui kopi yang ditekan pada tekanan tinggi. 

Mesin Penghangat Kopi (Coffee Warmer)

Bagaimana dampak dari minuman kopi ketika hanya dibiarkan dalam waktu lama? Terkadang, kopi yang hanya dengan benar menyebabkan tingkat rasa yang dihasilkan jadi berkurang, ini berakibat dari kurang nikmatnya menyeduh kopi bukan?

Baca Juga  Ingin Pasang Talang Air? Baca Ini Terlebih Dahulu

Coffee warmer dapat digunakan sebagai alat pembuat kopi yang berfungsi sebagai penghangat kembali dari kopi (bahkan untuk teh) setelah didiamkan lama. Ketika kopi sudah dingin, coffee warmer membuatnya lebih nikmat kembali lewat proses pemanas yang pas. Ini juga jadi hal yang menarik untuk diaplikasikan pada minuman lain, untuk teh misalnya.

Menarik ya? Itu tadi beberapa jenis alat untuk membuat kopi yang wajib anda miliki untuk seorang penikmat kopi pribadi maupun pebisnis coffee shop sekalipun. Semoga bermanfaat ya! Cek juga harga alat pembuat kopi dan jenis alat lain dengan klik DISINI. Konsultasi gratis dengan kami lewat link tautan whatsapp dibawah.


Comments

comments

Edwin Qhomemart

3 tahun sebagai content specialist bahan bangunan. Menyukai desain interior , furniture dan segala hal didalalmnya. Part time penikmat langit senja dan kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini