ShopTips & Trick

4 Jenis Alat Ukur Panjang dan Fungsinya

Ada berbagai alat ukur panjang yang dapat anda manfaatkan atau gunakan untuk mengukur objek tertentu. disamping itu, ada berbagai jenis alat ukur yang diciptakan untuk kebutuhan – kebutuhan tertentu. nah, jangan sampai salah dalam memilih alat, karena kebutuhan pengukuran haruslah menggunakan alat yang tepat. berikut ini penjelasan masing masing jenisnya.

pengertian alat ukur panjang sendiri ialah sebuah alat yang dipakai untuk mengukur satuan ukuan panjang suatu objek.

terkadang, jika kita berbicara alat untuk mengukur panjang sebuah objek, hal pertama yang terbesit ialah penggaris. tapi, ada beberapa kebutuhan tertentu yang tidak dapat dilakukan dengan penggaris. setidaknya, ada 4 alat ukur panjang yang dapat anda gunakan. masing masing tentu punya spesialisai pengukuran yang berbeda beda.

nah, jika anda masih bingung mencari alat untuk mengukur panjang , berikut ini daftar lengkap alat ukur panjang dan fungsinya

PENGGARIS

alat ukur panjang
via: boing boing

penggaris adalah jenis alat ukur panjang yang umum digunakan, alat ini dipakai untuk mengukur benda benda berskala kecil dan hanya untuk bentuk bidang yang datar.

umumnya, panjang penggaris yang kerap ditemui ialah panjang 30 cm, dan tentu masih banyak beberapa ukuran lagi. bahan yang dipakai ada yang plastik maupun besi, untuk jangka panjang besi tentu lebih awet karena lebih kuat terhadap kemungkinan patah.

Baca Juga  Cara Mengatasi Dak Bocor Dengan Sika

untuk skala pengukuran dari penggaris sendiri ialah 1 mm , dengan tingkat ketelitian 5 mm.

METERAN

tentu anda sudah tahu alat ukur panjang meteran bukan? alat satu ini kerap diandalkan untuk berbagai kebutuhan pengukuran pada umumnya, seperti mengukur panjang meja , lemari serta berbagai keperluan lain.

nah, dalam perkembangannya meteran memiliki beberapa jenis lagi karena keperluan dan kenyamanan yang terus ditingkatkan. setidaknya, ada 2 jenis yang tersedia di pasaran saat ini :

meteran roll

alat ukur meteran roll
via: catalog qhomemart

merujuk pada cara pengukur yang masih manual, artinya tidak terdapat perangkat sisi elektronik sama sekali disini. berwujud dengan angka yang ditempel pada objek, angka tersebut ditempelkan sesuai panjang dari meteran manual.

contoh gampangnya seperti roll, yang ini berbentuk seperti namanya, terdapat sejenis tali yang berfungsi sebagai meteran. roll menggunakan tali sebagai pengukurnya, dan dibuatkan angka angka permeter untuk proses pengukuran.

cara penyimpanannya dengan cara menggulung gulung roll tadi, ini memberikan lebih kemudahan dalam menyimpannya, karena dapat mudah digulung. meteran roll dapat mengukur objek dengan tingkat panjang tertentu.

meteran laser digital

telah memanfaatkan alat teknik pengukuran elektronik, ini memberikan pengukuran yang baik juga dari bentuk alat yang lebih simpel. meteran digital sering kali dipergunakan mengukur ketinggian suatu bangunan ataupun suatu objek benda.

teknik pengukuran alat ukur panjang satu ini menggunakan teknologi laser presisi, anda hanya tinggal menekan tombol sekali dan melakukan pengukuran dari area objek satu ke objek lain.

Baca Juga  Berikut Perbedaan Slow Cooker dan Rice Cooker

meteran digitalnya masa kini memiliki bentuk yang lebih simpel, beberapa ada yang mendukung untuk pembawaan dengan cara dikantongkan pada saku.

karena teknologi elektronik, tentu saja meteran laser digital membutuhkan energi dasar. anda dapat menggunakan baterai AAA untuk pengaplikasiannnya.

MIKROMETER SEKRUP

alat ukur mikrometer sekrup
via: model engineer

dalam beberapa kesempatan, anda mungkin membutuhkan pengukuran dengan tingkat pengukuran akurasi dan presisi yang tinggi. bagaimana jika anda dihadapkan dengan untuk mengukur panjang dari sebuah lembaran tipis atau ketebalan sebuah plat?

melakukannya dengan alat ukur biasa tentu akan sia – sia, karena itu tidak akan menjangkau tingkat ketipisan dari lembaran tipis atau plat, anda bisa membayangkan ketebalan seng atau kertas.

jadi alat ukur panjang yang memiliki ketelitian paling tinggi adalah mikrometer sekrup , yang mana tingkat pengukuran yang mencapai skala mikro dengan tingkat ketelitian 0,01 mm atau 0,0001 cm. tentu, hal ini sangat pas jika anda membutuhkan ukuran yang lebih akurat.

cara memakai mikrometer

perlu diketahui dahulu, bagian utama dari alat ini ialah bidal , yakni area bagian alat yang berbentuk poros berulir yang terdapat pada silinder pemutar.

ketika anda mulai mengukur panjang sebuah objek memakai alat ini, putar bidal sehingga objek dapat ditempatkan diantara “landasan” dan “poros”.

ketika objek hampir tersentuh poros tadi, anda dapat melakukan pemutaran dengan roda bergigi, hal ini supaya poros tidak menekan dari objek tersebut.

Baca Juga  9 Jenis Mesin Bor Berdasarkan Kebutuhan & Fungsi

pemutran roda bergigi akan berhenti ketika poros pada mikrometer sekrup sudah menyentuh objek. jika dalam melakukan pemutaran roda gigi ini menekan objek tadi, maka penelitian jadi tidak akurat, hal ini lah yang perlu anda cermati.

setelahnya, pembacaan skala alat ini ialah dengan mencari garis berimpit antara garis tengah skala utama dengan garis skala putar.

qhomemart pusat belanja terlengkap

JANGKA SORONG

terakhir, alat ukur panjang sorong yang dapat anda gunakan.

pemakaian jangka sorong lebih berfungsi untuk mengukur jarak, kedalaman suatu objek maupun diameter. namun, biasanya jarak panjang suatu objek yang diukur lebih terbatas yakni sekitar maksimum 20 cm saja.

contoh pengukuran memakai jangka sorong seperti mengukur diameter sebuah tabung, baik dari diameter hingga kedalamannya. tingkat ketilitiannya mencapai 0,1 mm.

QHomemart memiliki produk alat ukur panjang yang lengkap, barang original dan harga bersaing.

belanja sekarang di qhomemart melalui online ataupun offline. hubungi whatsapp 0811 2863 773

5/5 - (1 vote)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini