ShopTips & Trick

Daftar Alat Untuk Ukur Untuk Semua Kebutuhan

Ada berbagai alat untuk ukur berbagai kebutuhan, ibarat kata “lain medan lain pula alat ukurnya”. bagi anda seorang teknisi atau pekerja profesional, memiliki alat yang tepat untuk mengukur semua kebutuhan sangat perlu dimiliki, atau setidaknya anda tahu apa saja alat alat tersebut guna mendukung pekerjaan. berikut ini daftar alat untuk mengukur berbagai kebutuhan yang dirangkum qhomemart.

PH Meter

PH meter dipakai untuk mengukur tingkat keasaman atau alkalinitas suatu zat cair (larutan).

pemakaiannya sendiri dengan memasukkan sample air (yang akan diteliti), kemudian masukkan ke wadah untuk diukur PHnya. setelahnya, masukkan elektroda lalu pencet tombol untuk mengaktifkan alat.

alat untuk ukur jenis ini sering kali dipergunakan pada laboraturium laboraturium, untuk para profesor maupun ilmuwan melakukan eksperimen.

Theodolite

gambar theodilite
via: survey equipment

alat ini digunakan untuk mengukur atau menentukan ketinggian tanah tertentu. media pengukuran yakni menentukan sudut horisontal atau datar maupun vertikal atau tegak yakni diantara dua pengukur titik lapangan.

jika anda menemui petugas membawa sebuah alat layaknya kamera dengan tripod dilengkapi dengan helm proyek, itu mungkin petugas dengan theodolitenya.

untuk pengukuran sangatlah detail, bahkan satuan yang dapat dibaca mencapai satuan detik.

Baca Juga  Spesial Promo! Door Closer Hafele 931.89.039 DCL Termurah 2023

Alat Ukur Waterpas

alat ukur waterpass merupakan alat ukur digital yang berfungsi untuk mengukur/menentukan sebuah benda maupun garis ketika dalam posisi yang rata, baik secara pengukuran vertikal maupun pengukuran horizontal.

barang kali anda mungkin pernah menemui alat ini. water pass kerap digunakan pada dunia konstruksi dan bangunan, terlebih bagi para surveyor lapangan. bahkan, alat ini dipakai untuk hampir seluruh rangkaian proyek yang membutuhkan elevasi, seperti pada proyek pembangunan jalan.

Termometer

alat untuk ukur selanjutnya, terumata jika anda memiliki kebutuhan pengukuran suhu suatu benda maupun ruangan. ya, termometer kerap kali dipakai untuk kebutuhan pengukuran suhu.

dipasaran, ketika anda menanyakan termometer, ada beberapa jenis yang perlu anda pilih, karena memang masing masing jenis memiliki tingkat kebutuhan yang berbeda beda.

seperti termoteter alkohol , termometer infra red , termometer air raksa hingga termometer digital dan lain lain.

Tang Ampere

juga disebut clamp on meter , alat untuk ukur satu ini berfungsi untuk mengukur tegangan arus listrik beserta tahanannya.

tang ampere termasuk alat yang umum digunakan, ini juga dapat diketahui langsung lewat 2 tang tusuk yang ada pada sampingnnya. biasanya berwarna hitam dan merah.

Penggaris Penyiku

alat untuk ukur
via: tool exchange

anda mungkin kerap menemui alat yang satu ini, penggaris penyiku merujuk pada bentuk penggaris manual namun dengan bentuk menyiku. alat ini berfungsi untuk mengetahui atau mengukur garis sudut secara 90 derajat.

Baca Juga  4 Jenis Alat Ukur Panjang dan Fungsinya

alat ini ditandai dengan bentuk penggaris huruf abjad L.

nah, ada satu hal yang perlu anda ketahui. jika suatu sudut sudah rata dan tidak ada rongga, kemungkinan sudut tersebut sudah membentuk 90 derajat dan itu sudah rata.

Stopwatch

alat untuk ukur satu ini digunakan untuk mengukur atau menghitung suatu besaran waktu dalam satuan detik.

stopwatch kerap kali dipakai dalam dunia olahraga seperti pelari , balapan maupun beberapa sejenisnya yang membutuhkan kecepatan. stopwatch sudah banyak tersedia bukan hanya satu alat, namun banyak handphone yang menyematkan fungsi ini dalam fiturnya.

Sound Level Meter

dari namanya, anda mungkin sudah tahu jenis alat untuk ukur satu ini dipakai untuk apa bukan?

ya, sound level merupakan sebuah alat untuk mengukur tingkat kebisingan suatu suara. memang anda akan jarang menemui di kehidupan sehari hari, namun sound level meter kerap kali dipergunakan untuk sektor industri pabrik, penerbangan maupun konstruksi lainnya.

tentu, polusi suara dapat ditimbulkan dari kegiatan kegiatan industri, disini sound level meter berguna agar suara yang ada dapat lebih dikendalikan.

Neraca Timbangan

neraca timbangan
via: scale dynasty

timbangan digunakan untuk mengukur berat sebuah benda. ada 2 jenis timbangan, yakni timbangan digital maupun tradisional. timbangan tradisional sendiri mulai ditinggalkan penggunaanya.

hal tersebut karena, timbangan digital dapat mengukur dengan mengetahui yang lebih detail, seperti berat bentuk tersebut sampai dalam tahapan koma. misalnya, berat sebuah hewan sapi ialah 865,98 kg.

Baca Juga  Qhomemart Pusat Belanja Hemat di Yogyakarta!

Alat Ukur Panjang

adapun, beberapa alat ukur panjang lebih difungsikan untuk pengukuran khusus panjang suatu object.

alat alat tersebut meliputi : mikrometer , penggaris, jangka sorong maupun berbagai alat ukur panjang lain.

untuk lebih lengkapnya, anda dapat mengetahuinya dalam artikel “4 Jenis Alat Ukur Panjang dan Fungsinya”.

nah, itu tadi daftar alat untuk ukur yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat ya! cek harga alat untuk ukur lainnya dengan klik DISINI.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini