Berencana Menggunakan Atap Galvalum? Ketahui Hal ini Dulu

Atap galvalum jadi salah satu jenis atap yang sering digunakan pada berbagai bentuk bangunan belakangan ini. apa yang menyebabkan orang memilih jenis atap ini? apa saja kelebihannya dibanding dengan jenis lain.

penggunaan jenis atap sendiri saat ini sering digunakan sebagai atap, baik dari pembentukan kanopi hingga digunakan sebagai atap rumah. hal ini bisa jadi salah satu alternatif jika anda bosan dengan tampilan atap genteng.

nah, mungkin anda berancana menggunakan jenis atap ini dalam waktu dekat? beberapa hal dibawah ini perlu anda ketahui.

Apa itu galvalum?

galvalum
via auctiontime.com

atap galvalum merupakan salah satu jenis atap yang terbuat dari tidak campuran unsur baja ringan yang dilapisi unsur seng, silikon hingga alumunium. perpaduan ini dapat memberikan struktur galvalum yang lebih kuat, baik dari segi fisik hingga ketahanan.

selain bentuk standar, beberapa model dari atap ini terdapat jenis galvalum bening, tampilan yang transaparan dapat memberikan nilai keunikan tersendiri pada pengaplikasiannya

Apa saja kelebihannya?

barang kali anda masih ragu – ragu dalam memilih jenis atap yang tepat? nah, menggunakan atap galvalum memiliki beberapa kelebihan yang bisa anda gunakan. berikut beberapa kelebihannya :

Baca Juga  Gambar Model Rumah Minimalis Modern yang Elegan

Tingkat korosi rendah

seperti yang disebutkan tadi, galvalum memang terbuat dari campuran beberapa unsur seperti alumunium, silikon hingga seng. nah, campuran ini memberikan ketahanan terhadap korosi, anda tidak perlu takut dengan daerah rumah anda yang memiliki curah hujan tinggi.

Memberikan tampilan yang memikat

bentuk atap dari galvalum memberikan kesan yang rapi, terlebih untuk area outdoor. ini karena bagian permukaan memiliki bentuk yang cenderung datar. dari sini, bentuk yang rapi dari galvalum tentunya dapat memberikan nilai keunikan tersendiri.

warna standar dari atap ini berwarna silver. kalau anda menggunakan konsep rumah minimalis, tentu amat cocok untuk menggunakan jenis atap ini, tanpa pembenahan apapun. dari segi warna sejalan menggunakan konsep minimalis seperti penggunaan warna – warna cerah.

Cenderung ringan

kelebihan galvalum
galvalum atap via indiamart.com

jenis atap ini termasuk salah satu jenis atap yang memiliki bobot yang ringan. ini jadi kelebihan tesendiri pada pengaplikasiannya, bobot yang ringan tidak akan terlalu membebani struktur dari rumah.

dari segi proses pemasangan, ini akan lebih mudah karena dapat dipindahakan dari satu area ke area lain dengan lebih mudah. hal tersebut juga berimbas pada waktu pengerjaan yang semakin cepat bukan?

Cocok untuk penggunaan jangka panjang

galvalum sendiri termasuk jenis atap yang kokoh. anda dapat menggunakan atap ini dari rentang waktu 5 hingga 10 tahun. dalam beberapa kasus, mungkin lebih dari itu. oleh sebab tersebut, jenis atap ini cocok untuk digunakan untuk jangka panjang.

Baca Juga  Tumbuhan Pemakan Serangga untuk Ditanam di Rumah

Desain galvalum pada pengaplikasiannya

Desian kanopi

kanopi galvalum

kanopi biasanya digunakan pada bagian paling depan ataupun belakang rumah. ini jadi model atap yang cocok untuk diaplikasikan pada area rumah anda.

bahan satu ini sudah sering digunakan untuk pembuatan kanopi, karena lebih mudah diaplikasikan dan juga memiliki harga yang relatif lebih terjangkau.

anda dapat menggunakan kerangka dari besi untuk kanopi untuk menempatkan galvalum dengan lebih rapi dan tentunya juga lebih kuat.

Pelengkap untuk teras

teras galvalum
via pinterest

mencari referensi desain untuk teras? kenapa tidak anda tambah saja area depan menggunakan atap jenis ini. bentuk yang datar tentu memberikan keindahan yang menarik, namun dengan tetap mempertahankan sisi rapinya.

ide yang bagus untuk anda dapat kombinasikan menggunakan teras dengan memberikan penerangan yang cukup. bukankah tingkat cahaya seperti pada desain diatas tentu membuat tampilan rumah anda lebih menarik bukan?

Untuk pemisah kebun

dinding pemisah galvalum
via whoelfully.com

bentuk dari jenis atap ini punya lebar yang pas digunakan sebagai pemisah. jika anda memiliki kebun sayur ataupun buah – buah, ide yang bagus untuk digunakan sebagai dinding pemisah untuk beberapa bagian.

karena bentuk satuan yang sedikit besar, ini lebih mudah untuk anda bangun dengan sekat sekat pemisah. tinggal tempatkan 4 buah galvalum pada setiap sisinya.

Gudang penyimpanan mini

galvalum bentuk gudang
via thearcheryspot.com

kalau anda membutuhkan ruang penyimpanan lebih, bahan atap ini juga dapat digunakan dalam bentuk lain, seperti pembuatan gudang penyimpanan mini.

Baca Juga  7 Model Kanopi Minimalis Paling Keren Untuk Beranda Rumah

hal ini memberikan solusi untuk hunian anda yang tidak terlalu besar ataupun memiliki ruangan yang terbatas. nah, kalau anda membutuhkan ruang baik untuk gudang penyimpanan ataupun hal sejenis, galvalum dapat dimanfaatkan untuk pembuatan tempat ruang mini yang berada diluar.

itu tadi apa itu atap galvalum dan beberapa model atapnya yang bisa anda aplikikan pada hunian. semoga bermanfaat ya!

cek juga harga kebutuhan bahan bangunan lainnya DISINI dan lihat juga bagaimana keseruan belanja di qhomemart

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. book readers and explore tours

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Konsultasi Gratis Disini