DekorasiNews

Apa Itu Resin dan Berbagai Dekorasi dan Aksesoris Cantik dari Resin

Bahan resin sangatlah pupuler untuk dijadikan sebagai hiasan, dekorasi, maupun aksesoris. Namun mungkin Anda masih bingung apa itu resin dan seperti apa sih berbagai dekorasi maupun aksesoris yang terbuat dari resin dan dapat Anda gunakan. Sebelum mulai melihat-lihat berbagai hasil dari karya seni resin, yuk kita sebaiknya kenali terlebih dahulu apa itu resin.

Apa itu Resin

Menurut wikipedia, resin adalah getah yang dikeluarkan oleh banyak jenis tumbuhan, terutama oleh jenis-jenis pohon runjung atau konifer. Getah dari pohon ini biasanya membeku, lambat, atau segera, dan membentu massa yang keras dan transparan.

Resin cukup umum digunakan oleh orang, terutama sebagai bahan pernis, perekat, pelapis makanan agar terlihat lebih mengilat, sebagai bahan campuran dupa dan parfum, serta sebagai sumber bahan mentah untuk bahan organik olahan. Ternyata resin telah digunakan sejak jaman Romawi kuno lho!

Setelah mengetahui apa itu resin tentu Anda menjadi tertarik untuk mengenal jenis-jenis resin yang ada, bukan? Yuk lihat apa saja sih jenis-jenis resin yang ada di pasaran?

apa itu resin
source: etsy

Jenis-jenis Resin

Ternyata resin memiliki berbagai jenis dengan kualitas yang berbeda-beda lho. Apa aja sih jenis resin yang ada?

Baca Juga  9 Desain Lantai Vinyl Kamar Tidur Paling di Rekomendasikan

Epoxy Clear Resin

Apa itu resin epoxy clear? Epoxy clear resin adalah salah satu jenis resin yang memiliki daya tahan yang cukup kuat. Resin jenis ini memiliki daya waterproofing yang cukup tinggi. Ia juga tahan terhadap asam dan alkali. Dalam resin jenis epoxy clear terdapat dua unsur yaitu Epoxy resin polyAmido Amine yang bersifat cair dan juga transparan. Perbandingan antara based dan hardener resin ini dapat disesuaikan tergantung dengan jenis kebutuhan Anda.

Resin Lycal

Resin lycal adalah resin yang memiliki kualitas cukup baik dan lumayan diakui kualitasnya. Resin ini terdiri dari dua komponen, yaitu part A (resin) dan part B (hardener). Resin Lycal ini dibuat secara khusus untuk kerajinan tangan dan untuk pelapisan yang transparan.

Resin Lycal tahan terhadap sinar matahari dan memiliki tekstur yang lebih kental jika dibandingkan dengan resin jenis lain. Umumnya perbandingan resin dengan hardener yang digunakan dalam menggunakan resin Lycal ini adalah 2:1.

Resin Upcast

Apa itu resin upcast? Resin upcast adalah jenis resin yang paling mudah untuk ditemukan di pasaran. Umumnya resin jenis ini sering disebut sebagai resin bening. Namun, resin jenis upcast ini memiliki kelemahan. Resin ini tidak tahan terhadap sinar UV. Jika jenis resin ini terkena sinar matahari maka warna resin akan berubah menjadi warna kuning. Resin Upcast memiliki sifat resin yang sedikit buram sehingga lebih cocok untuk digunakan sebagai pelapis tipis.

Baca Juga  Desain Ruang Tamu Sederhana Untuk Hunian Anda

Setelah mengetahui apa itu resin dan berbagai jenis resin, yuk intip bahan resin bisa menjadi dekorasi atau aksesoris seperti apa saja sih?

Dekorasi Resin yang Unik

apa itu resin
source: resincraftsblog.com

Hiasan dengan berbahan resin sangatlah unik. Anda bisa membuat berbagai prakarya yang cantik dan sangat personal sebagai hiasan dinding rumah minimalis Anda. Dekorasi resin juga sangat cocok untuk dibuat sebagai hadiah unik bagi orang tersayang.

Anda bisa menggunakan papan kayu dan membuat gambar unik di atas papan tersebut. Lapisi dan berilah tekstur pada kayu tersebut dengan menggunakan resin.

Hasil dari dekorasi yang terbuat dari resin akan lebih mengilap dan terlihat lebih menarik.

Paduan Resin dan Kayu untuk Dekorasi

apa itu resin
source: etsy

Memadukan material kayu dengan resin untuk dijadikan sebagai dekorasi, kenapa tidak? Memadukan material kayu dengan bentuk unik dan berbagai material lain kemudian disatukan dengan resin dapat menjadi sebuah pilihan yang tepat. Anda bisa membuat suasana dekorasi bawah laut dengan menggunakan resin.

Kumpulkan kerang-kerang dan juga elemen lain untuk dijadikan sebagai hiasan. Susun sedemikian rupa agar dapat menjadi dekorasi dinding yang cantik.

Cincin Resin Cantik

resin 4
source: Aliexpress

Tidak hanya sebagai dekorasi untuk ruangan maupun meja, resin juga cocok untuk dijadikan sebagai aksesoris. Bagi Anda pecinta bunga-bungaan, resin dapat membantu Anda untuk mengenakan bunga-bungaan yang Anda sukai untuk dijadikan sebagai aksesoris. Anda bisa membuat cincin yang berisi bunga yang Anda suka.

Baca Juga  4 Cara Membuat Hiasan Natal Sendiri

Untuk menambah indah cincin tersebut, Anda bisa menggunakan aksen gold flakes yang dapat membuat cincin resin Anda terlihat mewah dan cantik.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memiliki dekorasi dari seni resin atau bahkan ingin memiliki aksesoris yang terbuat dari resin?

Jika Anda tertarik dengan berbagai dekorasi dan hiasan dinding, Anda juga dapat membeli berbagai hiasan dinding dan kebutuhan rumah lainnya hanya di Qhomemart. Berbelanja di Qhomemart lebih mudah melalui whatsapp kami.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini