Kelebihan dan Kekurangan Atap Asbes

atap asbes sering kali jadi pilihan atap yang mumpuni untuk dipakai. mengenali kelebihan dan kekurangan dari atap asbes dapat membantu pilihan penggunaannya.

bagian tak kalah penting dari sebuah rumah ialah bagaimana dan apa yang digunakan pada bagian atapnya. sebagai pelindung utama di area atas, pemilihan jenis atap sangat lah penting untuk dilakukan dengan tepat dan hati – hati, tentu supaya cocok dan harapannya dapat digunakan untuk jangka waktu lama. nah, beberapa jenis atap rumah sangat baik untuk diaplikasikan, seperti salah satunya jenis atap asbes.

Apa Itu Atap Asbes?

via flash.rw

atap asbes merupakan tipe atap rumah yang dibuat dari bahan fiber maupun semen, termasuk pula tipe rumah yang banyak digunakan masyarakat indoneisa. atap ini dicirikan dari bentuk fisik dimana membentuk gelombang – gelombang kecil pada bagian permukaan, walau beberapa tipe juga memiliki bentuk gelombang besar.

aspek sering kali ditemui digunakan dalam berbagai bentuk bangunan. mulai dari rumah, kantor bahkan hingga pada bangunan tipe pabrik. salah satu hal kenapa atap ini sering dipakai adalah bahannya yang memiliki harga yang terjangkau. untuk mengetahui kelebihand dari asbes dapat anda lihat pada penjelasan dibawah ini.

Baca Juga  Memakai Cat Tahan Panas dan Hujan, Hunian Jadi Nyaman

kelebihan atap asbes

  • harga yang lebih murah, jika anda bandingkan dengan beberapa tipe atap lain asbes punya nilai yang lebih ekonomis
  • bobot ringan, karena bobot yang ringan dapat mengurangi beban konstruksi pada bangunan
  • mudah dipindahkan
  • proses pasang yang lebih cepat

kekurangan atap asbes

tidaklah lengkap tanpa mengetahui bagaimana kekurangan dari jenis material atap ini. berikut beberapa kekurangan yang perlu anda ketahui :

  • material yang menyerap panas
  • mudah pecah jika tidak berhati – hati

Terbuat Dari Apa?

atap asbes dibuat dari magnesium-calsium-silikat yang dapat anda lihat sebagai serat asbes, kalau anda pegang pada bagian permukaannya, itulah bahan-bahan yang dimaksud tadi. bahan – bahan pembuat asbes tadi juga punya ketahanan yang baik terhadap zat kimia dan juga dari segi nilai beli dapat anda dapatkan lebih terjangkau (ekonomis)

Apakah Asbes Berbahaya?

via gocoservices.com

pertanyaan ini sering ditemui mengenai isu keamanan dari asbes, terlebih pada aspek kesehatan. jadi, apakah asbes aman untuk digunakan?

yang perlu diketahui adalah unsur didalam asbes terdapat silica maupun pasar, kristal berserat tipis. nah, serat – serat tadi memiliki jutaan fibril dengan ukuran mikroskopik (ukuran kecil yang masih dapat dilihat mata manusia). serat ini berpotensi untuk terlepas ke udara dikarenakan abrasi maupun beberapa kemungkinan lainnya.

nah, setelah diketahui hal tersebut. yang perlu diketahui adalah bahwa asbes itu aman jika dalam keadaan baik maupun baru. namun jika digunakan dalam keadaan rusak atau patah, serat dari atap asbes berpotensi bertebaran di udara yang kemudian dapat masuk atau terhirup manusia dengan ukurannya yang kecil. tentu, hal tersebut amatlah berbahaya.

Baca Juga  7 Desain Plafon Minimalis Untuk Hunian Aesthetic

Tips Penggunaan Asbes

selama digunakan dengan tepat, asbes dapat jadi pilihan tepat sebagai atap rumah. beberapa tips ini akan membantu anda menghindari sisi ketidak amanan yang ditimbulkan dari asbes.

aplikasikan pada atap yang tinggi

seperti penjelasan dari bahaya asbes tadi, kondisi asbes yang rusak dapat membuat serat – serat dari materialnya berterbangan. untuk mencegah hal ini terjadi, anda dapat menempatkan posisi dari asbes dengan membentuk konstruksi atap yang lebih tinggi. hal ini tentu saja mengurangi potensi terjadinya resiko kesehatan.

ventilasi yang cukup

via healthy.wa

ukuran yang besar dapat membuatnya punya ruang udara yang lebih besar. potensi untuk keluar dari ruangan dapat lebih baik mengingat partikel yang ditarik keluar dari area ruangan

tambahan lapisan bagian bawah

anda bisa memanfaatkan bahan lain pada penggunaan dari atap asbes. misalnya seperti, anda dapat menambah material triplek dengan ditempatkan pada bagian bawah ini. ini dapat membuat partikel dari asbes terhambat karena ditutupi material tambahan tadi. selain hal tersebut, adanya tambahan material dibagian bawah dapat membuatnya lebih rapi.

Harga atap asbes

tertarik menggunakan jenis atap satu ini? nah, mungkin anda perlu mengetahui harga dari jenis material atap asbes sebelum digunakan. jadi, berapa ya harga dari jenis atap ini? dilansir dari beberapa marketplace, berikut perkiraan harganya :

panjang

Panjang (meter)Lebar ( meter )Harga
1, 51Rp 90.000
1,81Rp 115.000
21Rp 120.000
2,51Rp 140.000
31Rp 160.000

berikut tadi perkiraan harga dari asbes. harga diatas merupakan perkiraan harga yang mungkin dapat berbeda dikota lain dan masing – masing brand mungkin juga memiliki harga yang berbeda pula, tentu dikuti dengan bahan yang digunakan maupun beberapa aspek lainnya.

Baca Juga  4 Desain Atap Jogja yang Bisa Digunakan untuk Rumah Anda

wah, menarik ya? semoga bermanfaat!

cek juga harga atap asbes lainnya DISINI , konsultasikan secara gratis dengan klik link tautan whatsapp dibawah.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini