Tips & Trick

Apa Itu Atap Sirap? Yuk Simak Keuntungannya.

Atap sirap adalah salah satu jenis atap kayu yang dibuat dari kayu ulin dengan susunan keping-keping, umumnya digunakan pada bangunan-bangunan seperti museum, keraton, balai konservasi, hingga rumah ibadah.

Dalam pengaplikasiannya, rumah memiliki berbagai jenis atap, salah satunya yang memakai bahan-bahan alami seperti atap tipe sirap.

Atap sirap, umumnya dibuat dari kayu ulin alias kayu besi yang dikeping tipis-tipis. Kayu ulin berasal dari daerah Kalimantan. Oleh karena itu, cukup banyak penggunaan atap sirap khususnya di daerah Kalimantan. Atap sirap menggunakan bahan kayu ulin sehingga terkenal akan kekuatannya.

Kayu ulin tentunya sangat terkenal sebagai kayu yang kuat terhadap hawa panas, dingin, dan pengaruh air laut. Kekuatan kayu ulin membuatnya sering digunakan sebagai bahan untuk membangun konstruksi bantalan kereta api, jembatan, kapal, dan juga tiang listrik.

Proses Pemasangan Atap

Proses pemasangan ini tidak bisa dilakukan sembarangan, harus melalui tenaga professional karena membutuhkan keahlian khusus supaya terpasang secara sempurna.

Selain itu, pemasangan yang benar supaya memaksimalkan derajat kemiringan. Hal tersebut membuat atap tidak cepat bocor dan rusak.

Pastikan material yang dipasang ialah kayu ulin. Namun banyak jasa yang memakai kayu jati. Meskipun bisa menjadi alternatif, namun secara kualitas kayu jati masih dibawah dari kayu ulin.

Baca Juga  Mengenal Atap Spandek Sebelum Menggunakan Untuk Rumah
atap sirap
Photo: modernize.com

Jenis Atap Sirap

Atap sirap memiliki beberapa jenis, baik dari segi bentuk atap maupun cara pembuatannya. Berdasarkan bentuk, atap model ini terbagi menjadi tiga, yaitu jenis kotak, jenis runcing, dan jenis oval.

Atap berjenis kotak memiliki ujung depan berbentuk persegi atau kotak, atap sirap runcing memiliki bentuk ujung melancip seperti segitiga, dan atap berjenis oval memiliki ujung yang berbentuk seperti setengah lingkaran.

Berdasarkan cara pembuatan, atap ini terbagi menjadi dua, yaitu sirap manual atau belah dan juga sirap mesin circle.

Sirap Manual atau Belah

Atap jenis sirap manual atau belah dibuat dengan keterampilan tangan manusia. Atap ini dibuat secara manual dengan cara dibelah menggunakan alat yang tajam seperti parang.

Sirap manual memiliki kelebihan yaitu ketahanan yang baik. Hal ini dikarenakan pada proses pembuatan sirap secara manual, belahan parang mengikuti alur dan serat kayu sehingga serat kayu tersebut tidak terpotong.

Akan tetapi jika sirap dibuat secara manual, sering kali bentuknya menjadi tidak simetris dan memiliki permukaan yang bergelombang atau tidak merata.

Sirap Mesin Circle

Seiring dengan banyaknya permintaan pembuatan atap sirap, maka muncullah proses pembuatan sirap dengan menggunakan mesin.

Tentunya pembuatan sirap dengan menggunakan mesin akan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan dapat menghasilkan lebih banyak atap.

Umumnya mesin yang digunakan adalah mesin gergaji potong atau mesin untuk membelah kayu.

Baca Juga  Ukuran Kloset Duduk Beserta Harganya

Penggunaan mesin untuk membentuk sirap pun dapat menghasilkan atap yang memiliki permukaan yang lebih halus, rapi, dengan ukuran yang lebih simetris dibandingkan dengan pengerjaan secara manual.

Ketebalan pada sirap pun dapat lebih merata. Akan tetapi, ketahanan pada sirap yang dibuat dengan menggunakan mesin tidak sebaik sirap yang dikerjakan secara manual.

Kelebihan

atap sirap
Photo: thebasicwoodworking.com

Atap jenis ini cukup banyak diminati karena memiliki berbagai kelebihan dalam penggunaannya.

Apa saja sih kelebihannnya?

Tahan Panas

Atap kayu dikenal dapat menyerap panas dengan baik. Oleh karena itu, menggunakan atap sirap dapat menahan hawa panas dari teriknya pancaran sinar matahari secara maksimal.

Udara di bagian dalam rumah akan tetap sejuk karena hawa panas dari matahari telah diserap dengan baik oleh atap sirap.

Bobot Atap yang Ringan

Bahan dari atap sirap memiliki bobot yang terbilang lebih ringan dibandingkan dengan bahan atap lainnya. Hal ini membuat proses pemasangan atap akan lebih cepat karena tidak terkendala dengan bobot atap yang berat.

Atap Awet dan Tahan Lama

Berbahan dasar kayu ulin, tentunya atap ini akan lebih awet dan tahan lama. Kayu ulin terkenal dengan ketahanan dan keawetannya. Tahan terhadap berbagai cuaca baik matahari yang terik maupun terpaan hujan deras.

Semoga bermanfaat ya qhomelovers!

Qhomemart adalah supermarket bahan bangunan yang memiliki store offline di yogyakarta. Kami juga melayani pembelian bahan bangunan secara online di qhomemart.com dengan pengiriman ke seluruh wilayah indonesia. Hubungi kami untuk mendapatkan produk bahan bangunan yang anda butuhkan.

5/5 - (2 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini