Tips & Trick

Atap Solartuff vs Atap Alderon, Pilih yang Mana?

Dalam membangun rumah tentu kehadiran atap sangatlah penting. Terdapat berbagai macam atap yang digunakan, salah satunya atap solartuff vs atap alderon. Kedua jenis atap ini cukup sering digunakan untuk hunian. Akan tetapi ternyata kedua atap ini memiliki beberapa perbedaan lho.

Terkadang beberapa orang lebih suka menggunakan atap solartuff, akan tetapi di satu sisi banyak pula orang yang lebih memilih untuk menggunakan atap alderon. Lalu sebenarnya jenis atap apa sih yang lebih baik untuk hunian Anda? Yuk simak perbandingan kelebihan dan kekurangan atap solar tuff vs atap alderon.

Atap Solartuff vs atap alderon

atap solartuff

Atap Solar Tuff adalah atap dengan bahan polycarbonate yang memiliki dua jenis permukaan. Atap solar tuff memiliki permukaan datar maupun bergelombang. Atap ini telah dilengkapi dengan perlindungan dari sinar UV dan dapat digunakan dalam jangka waktu hingga 15 tahun.

Atap Alderon adalah atap yang terbuat dari bahan uPVC yang memiliki permukaan bergelombang. Atap ini telah dilengkapi dengan perlindungan sinar UV dan dapat digunakan dalam jangka waktu hingga 10 tahun.

Baca Juga  Untung Rugi Miliki dan Tinggal di Perumahan Cluster

Perbandingan Atap SolarTuff vs Atap Alderon

Untuk membandingkan atap solar tuff dan atap alderon, mari kita bahas sesuai dengan spesifikasi yang terdapat pada masing-masing jenis atap.

Ketebalan Atap SolarTuff vs Atap Alderon

atap solartuff vs atap alderon
source: alderon.co.id

Atap alderon dan atap solar tuff memiliki ketebalan yang berbeda. Umumnya atap solartuff memiliki ketebalan yang lebih tipis jika dibandingkan dengan atap alderon. Hal ini membuat atap jenis solartuff memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi. Atap yang fleksibel ini dapat memudahkan kita ketika ingin memasang atap dengan bentuk melengkung.

Atap solar tuff memiliki dua jenis atap, yaitu bergelombang dan tipe datar. Atap solartuff yang bergelombang memiliki ketebalan 0.8 mm dan atap solartuff tipe datar memiliki ketebalan sekitar 3 mm.

Atap alderon memiliki jenis single wall dan twinwall. Atap alderon twinwall adalah atap yang dilengkapi dengan struktur berongga di antara kedua dindingnya. Atap alderon memiliki ketebalan sekitar 10 mm.

Warna Atap Solar Tuff dan Atap Alderon

Atap tentu memiliki berbagai warna dan jenis sedangkan solar tuff memiliki berbagai warna dan memiliki karakteristik bening. Berbeda halnya dengan atap alderon yang memiliki warna yang terdiri dari warna doff atau matte dan juga warna semi transparan.

Atap alderon yang memiliki warna doff atau matt sama sekali tidak dapat memberikan jalan masuk untuk cahaya matahari. Akan tetapi jika Anda menggunakan atap alderon semi transparan maupun atap solartuff, Anda dapat membiarkan cahaya matahari masuk ke dalam rumah.

Baca Juga  Inspirasi Lemari Dapur Minimalis Untuk Hunian, Wajib Dicoba!

Meskipun begitu, atap alderon dan solartuff mampu melindungi Anda dari sinar UV yang berbahaya.

atap solartuff vs atap alderon
atap solartuff vs atap alderon
source: alderon.co.id

Pengaplikasian Atap Solartuff dan Atap Alderon

Meskipun sama-sama atap, akan tetapi penggunaan atap solartuff dan atap alderon agak berbeda. Umumnya atap solartuff hanya digunakan sebagai atap pelengkap eskterior. Pasalnya atap solartuff memiliki karakteristik transparan dan dapat membuat rumah menjadi lebih panas jika dijadikan sebagai atap utama. Oleh karena itu atap solar tuff umumnya digunakan sebagai atap kanopi, atap jemuran, skylight, dan lain-lain.

Berbeda dengan atap solartuff, atap alderon dapat dijadikan sebagai atap utama. Atap alderon jenis doff atau matt dapat Anda gunakan sebagai atap utama karena tidak tembus cahaya dan tidak membuat ruangan menjadi lebih panas.

Proses Pemasangan Atap Solartuff vs Atap Alderon

atap solartuff vs atap alderon
atap solartuff vs atap alderon
source: alderon.co.id

Pada proses pemasangan, atap solar tuff terkesan lebih fleksibel. Pasalnya atap solartuff dapat dipasang dengan menggunakan baut atap merk apapun. Selain itu atap solartuff memiliki derajat kemiringan minimal sekitar 5 derajat. Jumlah baut yang diperlukan untuk memasang atap solar tuff relatif lebih banyak dibanding atap alderon. Hal ini dikarenakan atap solartuff memiliki lebih banyak gelombang pada materialnya.

Berbeda halnya dengan atap alderon yang butuh menggunakan baut atap khusus yaitu baut weather seal. Baut ini didesain khusus untuk menangani masalah kebocoran. Derajat kemiringan minimum pada atap alderon pun lebih besar, yakni sekitar 10 derajat.

Baca Juga  Mengenal Atap Mansard: Definisi, Tipe, Kelebihan dan Kekurangan.

Spesifikasi Lainnya

Terdapat spesifikasi tambahan yang dimiliki oleh atap alderon. Atap alderon yang memiliki ketebalan yang lebih tebal dibanding atap solar tuff mampu meredam suara dengan lebih baik. Atap solartuff yang lebih tipis relatif tidak dapat meredam suara dengan baik.

Jika Anda ingin menggunakan atap alderon untuk gudang indoor, Anda dapat mendapatkan hunian yang lebih tenang karena atap tersebut dapat dengan baik meredam suara.

Bagaimana, sudahkah Anda dapat menentukan atap mana yang lebih baik jika dibandingkan atap solartuff vs atap alderon? Tentu setiap atap melebihi kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah atap yang sesuai dengan kebutuhan Anda ya.

Jika Anda menginginkan membeli atap berkualitas, Anda bisa berbelanja di Qhomemart. Tersedia berbagai keperluan rumah tangga mulai dari atap, lantai, bahan bangunan, furniture, serta berbagai keperluan lainnya hanya di Qhomemart.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini