Tips & Trick

Apa Itu AVR Genset ? Ini Penjelasan Lengkapnya

Avr genset (automatic voltage regulator) adalah komponen yang menjaga keseimbangan voltase ketika menghadapi beban listrik yang terus berubah dari genset ke peralatan listrik.

Teknologi ini sangat penting keberadaannya dalam genset, mengingat kestabilan arus listrik yang dihantarkan menjadi penting. Arus listrik yang stabil dapat menjaga “kesehatan” dari peralatan listrik tetap terjaga dan berfungsi normal.

Aliran listrik yang tidak stabil dapat mengakibatkan kerusakan pada peralatan listrik, terjadi hubungan pendek (korsleting) dan semacamya. Hal semacam ini tidak boleh terjadi karena dapat membahayakan keselamatan.

Itu sebabnya, sangat penting untuk sebuah genset memiliki sistem avr genset dan berfungsi dengan baik.

Fungsi AVR

AVR genset

Seperti pada penjelasan sebelumnya, fungsi avr genset adalah menjaga keseimbangan listrik dari beban listrik yang terus berubah, tepatnya dari genset ke peralatan listrik.

Melansir dari woodstock, avr juga memberikan perlindungan lonjakaran arus terhadap lonjakan listrik ketika kelebihan beban generator. Generator akan merespons sehingga korsleting dapat dicegah.

Aliran listrik stabil sangat penting untuk membuat peralatan listrik dapat bekerja dengan normal. Ketika tegangan yang dihasilkan tidak stabil, banyak resiko yang dapat terjadi seperti hubungan arus pendek, bahkan dapat menyebabkan kebakaran.

Baca Juga  7 Alasan Kenapa Harus Memakai Atap Onduline

Umumnya avr dapat dipakai untuk genset1 phase dan 3 phase. Namun ketika ingin membeli, sebaiknya tanyakan kembali ke pembeli apakah ini cocok untuk keduanya atau salah satunya saja.

Cara Kerja

Bagaimana cara kerja komponen ini? Ketika genset dinyalakan, sensor sistem avr akan membaca tegangan yang dihasilkan. kemudian, sistem avr akan mengirim sinyal ke exciter.

Ketika output tegangan terlalu tinggi, avr akan mengirim sinyal untuk menurunkannya. Begitu pula sebaliknya ketika output terlalu rendah, avr mengirim sinyal untuk menaikkannya supaya tetap stabil.

Jika arus terlalu rendah, sistem avr genset akan bekerja extra keras karena perlu mengembalikan arus ke tingkat normal.

Apa Yang Terjadi Jika AVR Rusak?

Ketika avr rusak, genset kehilangan eksitasi yang menyebabkan tegangan turun secara tiba tiba dan tegangan yang hilang menyebabkan genset mati.

Ketikga genset tidak dilengkapi perangkan pelindung tegangan rendah, genset akan terus bekerja yang berpotensi merusak peralatan listrik.

Kenali Penyebab AVR Rusak & Cara Mencegahnya

fungsi avr pada genset

Memastikan kondisi avr genset dalam kondisi yang baik sangat diperlukan mengingat fungsinya yang vital atau penting. Namun bukan berarti avr selalu baik baik saja, terkadang komponen ini bisa saja rusak tanpa kita sadari.

Kerusakan dapat terjadi karena beberapa faktor seperti lingkungan, penggunaan genset yang melebihi kapasitas, pengaturan tegangan tidak baik hingga keausan komponen karena waktu. Jika begitu, anda bisa melakukan reparasi sesuai kerusakan.

Baca Juga  5 Ukuran Meja Kerja Paling Ideal

1) Kondisi lingkungan

Lingkungan dengan kondisi berdebu, lembab dan banyak kotoran sangat berpengaruh terhadap genset. Kondisi ini bisa juga memicu AVR mengalami kerusakan. Jika begitu, sebaiknya bersihkan ruang penyimpanan anda atau pindah ke tempat yang lebih bersih.

2) Pengaturan tegangan kurang pas/tidak baik

Salah satu penyebab avr genset mudah rusak adalah pengaturan tegangan kurang pas atau tidak baik. Jika itu penyebabnya, lakukan pengaturan avr agar lebih stabil (tidak turun naik)

3) Mengalami keausan

Aus disini dimaksud pada kondisi genset yang sudah berumur, lalu komponen didalamnya mengalami keausan. Hal ini memang tidak dapat dihindar, namun anda dapat memperbaikinya dengan mengganti komponen yang rusak saja. Selain itu, perawatan rutin dapat mencegah kerusakan sedini mungkin.

4) Mengalami overload

Ketika genset digunakan melebihi kapasitasnya (overload), ini memungkinkan avr terkena getahnya (dalam kata lain rusak). Memahami penggunaan genset berdasarkan kapasitasnya sangat penting untuk meminimalisir kerusakan.

Dari penyebab diatas, maka sebagai pemilik atau calon pemilik, sangat penting untuk mengetahui apa saja penyebab avr dapat rusak. Ikuti terus berita seputar genset dan peralatan elektronik lainnya di qhomemart blog.

sumber :

  • https://tickets.wellandpower.net/
  • https://www.hondapowerproducts.co.id/
Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini