Bahan Bangunan Jogja Yang Harus Diketahui Sebelum Membangun Rumah

bahan bangunan jogja — Memiliki rumah sendiri adalah impian yang dimiliki oleh hampir semua orang. Namun untuk memiliki sebuah rumah pasti membutuhkan waktu yang lama dan juga harganya tidaklah murah. Maka dari itu haru diperhatikan material yang digunakan untuk membangunnya.

Harus dipastikan semuanya berkualitas supaya rumah mampu bertahan untuk jangka watku yang lama. Nah berikut ini adalah material yang biasa digunakan untuk membangun sebuah rumah.

Material bangunan batu bata

Material bangunan yang pertama adalah batu bata merah. Namun harga yang diberikan cukup mahal dibandingkan dengan bahan penggantinya seperti batako. Namun kekuatan dari batu bata sudah tidak perlu diragukan. Karena ukurannya ada yang besar dan sedang supaya bisa disesuaikan dengan model rumah yang akan dibangun.

Jangan lupakan semen

source: shutterstock

Semen merupakan material yang untuk merekatkan batu bata sehingga bisa menjadi sebuah dinding yang kuat dan kokoh. Dan semen juga berfungsi untuk merekatkan aterial bangunan semen berfungsi untuk merekatkan lantai keramik. Semen juga memerlukan bahan campuran yaitu air. Untuk mencampurkannya perlu perbandingan antara semendan juga air agar bisa merekat dengan baik.

Baca Juga  Sambut Hari Perayaan Dengan Dekorasi Natal Istimewa Di Rumah Anda

 Pasir juga penting

Material bangunan pasir berfungsi untuk campuran semen. Pasir yang cukup bagus biasanya memiliki bentuk seperti butiran yang lebih tajam dan harus lebih kuat karena akan digunakan untuk camputan perekat batu bata atau pun pondasi. Selagi memilih pasir, cobalah mengepalnya. Jika menggumpal, maka pasir tersebut kurang berkualitas. Sebaiknya hindari memilih pasir dengan kandungan lumpur lebih dari 5%

Material bangunan besi beton

Material besi beton biasa digunakan sebagai rangka konstruksi rumah. Ukuran dari besi beton ini sangat beragam mulai dari 10mm sampai dengan 12mm. jenis besi beton juga ada yang permukaan polos dan juga berbentuk kanal. Dan kemudian kerangka dari besi beton ini diisi dengan adonan semen.

Kayu juga dipakai sebagai material bangunan

Material bangunan kayu hingga sekarang masih populer untuk digunakan sebagai kerangka rumah. Material kayu memiliki banyak jenis yang bisa digunakan untuk membangun rumah. Biasanya kayu terbaik berasal dari Kalimantan seperti kayu kamper dan juga kayu kamper samarinda. Jika tidak menemukan kayu ini, pilihlah kayu lain yang kandungan airnya tidak lebih dari 20%.harus dipastikan juga bahwa kayu yang digunakan sudah melewati proses pengovenan agar kayu tidak mudah lapuk.

 Material bangunan selanjutnya adalah genteng

source: mediashower.com

Sebuah bangunan rumah tidak akan lengkap jika tidak menggunaka material genteng. Genteng berfungsi unntuk melindungi penghuni rumah agar terhindar dari panasnya matahari dan juga siraman hujan. Pada umumnya genteng dibuat dari tanah liat.

Baca Juga  Expo GREAT SALE Cuci Gudang BJ Home Jogja Diserbu Pengunjung

Material bangunan yang berikut ini memiliki daya tahan yang sangat kuat dan tidak akan mudah lapuk. Meskipun perubahan cuaca sekalipun sehingga material bangunan yang satu ini tidak perlu diganti hingga belasan atau bahkan puluhan tahun kedepan.

 Triplek juga sangat populer

Triplek merupakan bahan bangunan jogja yang biasa digunakan untuk menutup bagian langit-langit rumah atau plafon rumah. Dengan demikian langit-langit dapat menjadi terlihat lebih rapi, kabel-kabel yang berantakan dan kerangka atap tidak terlihat. Tripek yang digunakan pada langit-langit juga dapat didekorasi dengan cat ataupun ukiran cantik.

 Peran paku yang nggak boleh dilupakan

Apalah fungsi dari triplek jika tidak adanya paku. Material yang satu ini berfungsi untuk menyambungkan material kayu dan juga triplek supaya bangunan rumah dapat berdiri dengan kuat. Paku juga sering digunakan bersama tali sebagai alat pemandu untuk pemasangan keramik.

  • Pipa-pipa juga harus ada

Pipa merupakan material bangunan yang biasa digunakan untuk menyalurkan air keseluruh bagian pada rumah. Pipa tentu saja bahan bangunan yang sangat penting Misalnya saja di kamar mandi, wastafel, dapur, hingga rumah kebun.

  1. Material bangunan penuh warna cat

Cat merupakan material yang berfungsi untuk finishing tampilan sebuah rumah baik interior ataupun eksterior. Cat tersedia dalam aneka pilihan warna sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan keinginan masing-masing.

  1. Peran keramik dalam interior rumah
bahan bangunan jogja

Material bangunan keramik digunakan untuk melapisi permukaan lantai. Terkadang digunakan sebagai pelapis backsplash dapur. Semua material bangunan yang sudah disebutkan tadi merupakan satu kesatuan,  pastikan kamu tidak melupakan salah satunya dan mengecek kualitas masing-masing material tersebut.

Baca Juga  5 Hal Untuk Menata Kamar Mandi Kecil Agar Lebih Menarik

Itulah tadi beberapa bahan bangunan jogja yang biasa dipakai untuk membangun sebuah rumah. Jika hendak membeli sebuah bahan bangunan jogja, anda bisa langsung mengunjungi QHOMEMART.

Di QHOMEMART tersedia berbagai macam bahan bangunan jogja yang bisa melengkapi pembangunan rumah impian anda.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini