Tips & Trick

7 Bahan Membuat Kitchen Set Paling Recommended

Bahan membuat kitchen set menjadi salah satu syarat mendapat dapur yang elegan juga berkualitas. Mencari tahu secara spesifik amat perlu diketahui sebelum pengaplikasian. Berikut dibawah ini penjelasannya

Pentingnya Kitchen Set

Tapi, apa sih pentingnya kitchen set? Apakah menjadi hal wajib untuk dapur?

Seperti yang kita tahu, bahwa adanya dapur selalu penting keberadaanya, apapun itu bentuk bangunan. Bahkan tidak hanya rumah, kantor maupun toko sekalipun akan sangat fungsional jika menyisakan satu ruangan untuk dapur.

Kitchen set adalah satu bagian opsional supaya dapur lebih terakomodir, sehingga tidak bisa sembarang memlih bahan membuat kitchen set yang dipakai. Beberapa orang menyadari pentingnya pemakaian kitchen set, karena manfaat berikut:

  • Kitchen set membuat dapur lebih efektif
  • Dapur lebih indah dan tertata
  • Management dapur yang baik
  • serta beberapa kelebihan lain

5 Bahan Membuat Kitchen Set Berkualitas

Setidaknya, terdapat beberapa bahan atau material yang dipakai untuk membuat kitchen set terbaik guna mendapat dapur yang berkualitas, juga elegan dari segi tampilan.

1. Bahan Plywood atau Multiplek

bahan membuat kitchen set plywood
bahan membuat kithcen set memakai multipleks/plywood via:pinterest

Pasti anda pernah mendengar mulitpleks bukan? Multipleks (atau sering juga disebut plywood) merupakan jenis bahan yang dibuat dari tumpukan lembaran – lembaran kayu, yang kemudian di finishing dengan mesin press sehingga menghasilkan bahan yang padat.

Baca Juga  Beda Plester dan Aci Yang Wajib Anda Tahu!

Tahan terhadap air

Walau begitu, jika anda melihat lebih detail pada bahan membuat kitchen set satu ini, masih terlihat lembaran – lembaran kayu dari hasil press. Mulitpleks cenderung dapat bertahan pada kondisi dapur basah, karena hasil press yang ketat membuatnya memiliki kelebihan ini.

Anda bisa memanfaatkan bahan ini untuk pemakaian jangka panjang, juga sangat baik untuk menjaga tampian kitchen set dapur tetap elegan dan menarik.

Multipleks cenderung lebih mahal

Multipleks termasuk bahan yang kokoh untuk kitchen set, juga sangat indah dari segi tampilan. Tidak heran, karena dibuat dari proses yang panjang juga ketat, sehingga menghasilkan bahan yang punya kualitas tinggi. Jadi, ini lah salah satu faktor yang sangat memengaruhi dari segi harga.

2. Bahan Blockboard

blockboard kitchen set
via: jiashengwood.cn

Dilansir dari happho.com , bahan blockboard dibuat dari strip kayu lunak dicampur dengan veneer. Jika dilihat, blockboard memang memilki kemiripan dengan bahan multipleks, yang juga sama – sama direkatkan dengan tekanan yang tinggi.

Yang membedakan dengan multipleks adalah, bahan blockboard disusun secara horizontal, beda dengan multipleks yang disusun secara vertikal.

Ketahanan terhadap air

Layaknya seperti multipleks, bahan membuat kitchen set blockboard juga punya ketahanan yang baik terhadap air. Hanya saja, ini memiliki harga lebih terjangkau daripada mulitpleks. Jadi, kalau anda mencari sisi penghematan anggaran, blockboard tentu saja pilihan yang tepat.

Dari segi tampilan, blockboard juga baik untuk mempercantik kitchen set dapur anda lebih menarik.

Kurang awet dibanding mulitpleks

satu kekurangan blockboard dari sisi keawetan. Meniliki perbandingan dari multipleks, blockboard kurang awet dibanding material tersebut.

Baca Juga  Mengenal Penghangat Ruangan, Wajib Tahu Sebelum Beli!

3. Bahan MDF (Medium Dentisy Fiberboard)

bahan membuat kitchen set
via: mozaik furniture

Permukaan yang halus dimiliki oleh bahan MDF, bahkan jika dibanding dengan bahan plywood dan blockboard (pembahasan dipoin sebelumnya), bahan satu ini masih lebih halus.

Kelebihan MDF

Kitchen set yang memakai ini dapat menghasilkan tampilan yang indah, juga halus dibagian permukaan. Kalau anda menyukai produk ramah lingkungan, itu sejalan dengan bahan MDF karena bahan ini memang aman ketika tidak dipakai lagi.

Disamping itu, MDF termasuk material kichen set yang sangat mudah untuk difinishing. Ini tidak begitu menyulitkan pengguna ataupun tukang ketika menggunakna bahan satu ini.

Tidak tahan air

kekurangan dari bahan membuat kitchen set MDF adalah bahannya cenderung tidak punya ketahanan yang baik terhadap air. Disisi lain, pemakaian MDF kurang cocok jika dipakai untuk menaruh benda – benda berat. anda bisa mengetahui lebih dalam tentang lewat artikel : kelebihan dan kekurangan papan MDF

4. Bahan HMR (High Moisture Resistant)

Bahan HMR kitchen set
via: frontrise.com

Bahan membuat kitchen set HMR masih sejenis dengan bahan MDF (point sebelumnnya) , namun dibuat atau dirancang memang untuk tahan terhadap air. Ini sebabnya, HMR sangat cocok untuk kondisi dapur yang lembab atau terjadi pembasahan sesekali.

HMR didesain untuk area interior seperti : kitchen set , kamar mandi hingga lemari. HMR memiliki bentuk permukaan yang halus, berat kayu yang cenderung ringan, tahan terhadap jamur serta beberapa kelebihan lain.

Namun, HMR masih menyisakan beberapa kekurangan. Bahan satu ini memiliki daya tahan yang kurang jika dibanding dengan bahan atau material plywood

Baca Juga  Apakah Baut Sekrup Itu Sama? Ini Perbedaannya!

5. Bahan Decosheet

Layaknya bahan HPL, decosheet dibuat dari bahan plastik namun sedikit lebih tipis. Karena tipis, HPL lebih mudah dalam dibentuk dan juga lebih fleksibel, termasuk ketika dipakai untuk kitchen set.

Walau begitu, bahan membuat kitchen set decosheet juga punya kekurangan. Karena bahan yang tipis, bahan ini bisa jadi tidak dapat bertahan lama jika tidak dirawat dengan benar. Juga, cenderung kurang tahan terhadap unsur panas.

6. Bahan HPL

Bahan hpl kitchen set
via: indiamart

HPL (high pressure laminate) jika diartikan dalam bahasa indonesia memiliki maksud laminasi bertekanan tinggi.

Bagaimana HPL Dibuat? Dilansir dari plasticsheetshop , Bahan satu ini dibuat melewati beberapa lapisan yang dikompresi dibawah tekanan yang sangat tinggi. Oleh sebab itu, HPL punya karakteristik bahan yang sangat padat juga keras.

Praktis untuk kitchen set

Hpl dapat dipakai untuk pemakaian kitchen set. Kepraktisan dari bahan membuat kitchen set hpl menjadi tidak terlalu lama. Juga, dari segi corak maupun warna terdapat banyak sekali pilihan untuk dipakai. Ditambah lagi, permukaan yang mudah dibersihkan mudah dalam menjaga penampilannya.

7. Bahan Beton

Mungkin terdengar sedikit ekstrem ya homeowners? namun, beton juga menjadi pilihan yang dapat anda pilih. Bahan membuat kitchen set bisa diaplikasikan secara permanen maupun cetakan.

Biasanya, beton dipakai sebagai campuran untuk kitchen set, jadi tidak untuk pemakaian seluruhnya. Contoh pemakaian bahan beton adalah dipakai untuk table top dari dapur.

Cek juga harga kitchen set lainnya DISINI , konsultasi secara gratis dengan klik link dibawah.

5/5 - (15 votes)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini