Dekorasi

5 Bahan Plafon Tahan Air Terbaik

Bahan plafon tahan air adalah yang berbahan PVC, Akrilik, Bahan Metal dan masih banyak lagi. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Memilih plafon baiknya jangan dari desainnya saja, namun penting untuk anda mempertimbangkan plafon yang ber bahan plafon tahan air.

Jika genteng bocor, air akan masuk ke dalam dan membasahi plafon. Bagaimana jika volume air cukup banyak? Tentunya plafon lebih cepat basah, menimbulkan kebocoran dan kemungkinan terburuk ialah plafon yang jebol karena tampungan air yang terlalu banyak.

Semua masalah tadi bisa di cegah jika anda memakai bahan plafon tahan air. Untuk itu, pastikan bahan-bahan dibawah ini ada pada plafon rumah anda.

bahan plafon tahan air

1. PVC

PVC (Polyvinyl Chloride) ialah bahan sejenis plastik yang memiliki struktur kuat. Dan sama seperti sifat plastik pada umumnya, pvc sangat baik dalam menahan air.

Kini ada plafon yang berbahan pvc, yang juga punya kelebihan akan ketahanan terhadap air. Penggunaannya sangat baik pada ruangan, ketika genteng bocor ruangan tidak basah. Terlebih bobotnya juga ringan dan memiliki fleksibilitas yang tinggi.

2. Lembaran Akrilik

Akrilik termasuk bahan plafon tahan air dan anda bisa mempertimbangkan bahan ini untuk plafon dirumah. Akrilik berupa plastik polimer, yang mana berwarna transparan dengan bobot yang ringan.

Baca Juga  Dekorasi Ruang Keluarga Agar Lebih Menyenangkan

Anda juga bisa memilih berbagai varian warna, karena akrilik biasanya memiliki lebih dari satu warna. Buat plafon lebih menarik dengan warna-warna yang lebih indah. Cocok juga untuk ruangan yang bersuhu lembab.

3. Bahan Metal

Dibuat dari bahan metal, plafon ini punya daya tahan terhadap air. Selain itu, metal juga tahan terhadap rayap dan sangat kuat dari segi struktur.

Kenapa sangat kuat? Itu karena metal adalah lempengan tipis dari baja, yang kemudian dicetak dan dibentuk dengan motif-motif yang cantik. Selain kuat, plafon metal dapat menambah sis estetika interior lebih menarik.

Meski dengan banyak kelebihannya, dari sisi harga plafon metal cukup mahal dibandingkan plafon-plafon pada umumnya.

plafon grc vs pvc
Foto: Plafon menarik untuk ruangan

4. Bahan Gypsum Water Resistant

Ini bukan gypmsum biasa, namun gypsym yang sudah didesain khusus untuk ketahanan terhadap air. Didalam gysum water resistant, sudah terdapat lapisan khusus seperti silicon, yang membuatnya punya lapisan anti air.

Sangat berbeda dengan gypsum biasa, dimana gypsum yang cenderung menampung air sehingga dapat membuat plafon bocor atau bahkan jebol.

Jadi, perhatikan perbedaannya ya qhomelovers.

5. Bahan GRC

Bahan plafon tahan air selanjutnya dapat memakai GRC atau Glass Fiber Reinforced Concrete.

Kenapa bisa tahan air? Itu karena GRC dibuat dari beton kombosit yang ditambah serat kaca. Material tersebut membuat plafon berbahan GRC punya daya tahan tinggi segala cuaca, struktur yang kuat, tidak gampang terbakar dan tentunya anti air.

Baca Juga  Ide Dekorasi Tunangan Simple di Rumah

Semoga bermanfaat qhomelovers! Beli kebutuhan atap semuanya ada di qhomemart.com, Bisa kirim ke seluruh indonesia!

5/5 - (6 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini