Tips & Trick

Apa Itu Bahan Polyester? Ini Penjelasan Lengkapnya

Ketika memilih baju , bahan interior , desain ataupun beberapa aspek lain, pasti anda sering menemui bagaimana bahan polyester disematkan pada spesifikasinya. jika begitu, apakah bahan ini memang aman digunakan? apa kelebihan dari bahan lain? simak penjelasannya lewat artikel berikut ini

Biasanya, kita hanya sering melihat informasi dari polyester saja. informasi tentang hal tersebut sering kali ditemui pada pakaian bahkan hingga tirai rumah, tanpa kita tahu sebenarnya apa sih bahan ini? jika begitu, tentu ada baiknya pengetahuan tentang bahan ini wajib anda ketahui lebih dalam.

Apa Itu Bahan Polyester?

bahan polyester
via pinterest

Bahan polyester sendiri merupakan bahan kain berkategori polimer yang mana mengandung gugus fungsional ester dalam rantai utamanya.

sering kali pula dinamai polyethylene terephthalate (PET) , bahan polyester dibuat dengan mencampur etilen glikol dan asam terefalik. memang semua terdengar ilmiah ya homeowners? tapi dasarnya, bahan ini sama saja dengan sejenis plastik.

Bahan ini sudah dikenal secara umum oleh masyarakat, sehingga mungkin anda bisa menemui dalam kesehariannya. sedikit stigma dari bahan ini adalah bahan atau kain yang dibuat dengan tangan manusia, bukan seperti wol, sutra, kapas yang memang dibuat dari bahan alami.

Baca Juga  5 Cara Membersihkan Dapur dengan Maksimal

walau begitu, bahan ini memiliki sejumlah kualitas yang baik, yang akan kita bahas pada konteks dibawah nanti.

penggunaan kain polyester

Walau sering dikenal pada penggunaan fashion, polyester dapat pula digunakan beberapa segmen yang berbeda. dari bahan ini, beberapa penggunaan yang sering ditemui adalah di bagian berikut – berikut ini :

  • penggunaan pada apparel (bisa meliputi baju, celana, jaket dan sejenis pakaian lain)
  • penggunaan pada rumah ( bisa meliputi tirai dapur, tirai kamar mandi, tirai jendela, sofa)
  • penggunaan pada industri (bisa meliputi terpal, tampilan lcd, botol, dan lain-lain)

jenis – jenis polyester

bahan polyester 3
via masterclass.com

Ternyata, bahan polyester memiliki atau dibedakan menjadi beberapa jenis lagi lho homeowners. hal tersebut dibedakan berdasar pada beberapa aspek seperti

  • ethylene polyester : tipe yang paling populer dipasaran, tipe ini sering pula disebut PET (lihat penjelasan poin pertama)
  • plant based polyester : tipe yang dapat terurai secara alami, namun umumnya punya harga yang lebih mahal dibanding jenis lain
  • pcdt polyester : tipe yang lebih elastis dibanding 2 tipe sebelumnya, tipe ini lah yang sering dijumpai untuk penggunaan pada tirai rumah.

Bagaimana Kualitas Polyester?

bahan polyester 2
via sailrite.com

Pertanyaan seperti ini sangat perlu anda cari tahu tentang bagaimana kualitas dari bahan satu ini, karena berkaitan penggunaan nantinya.

jika kain tersebut yang akan anda gunakan 100% polyester, anda mendapat satu bahan yang baik dari segi daya tahan terhadap noda, dan lebih mudah pula ketika dibersihkan.

Baca Juga  6 Desain Apartemen Studio Mungil Yang Super Nyaman

ketika anda memperkirakan bahwa kemungkinan tingkat kotoran akan banyak didapat atau tinggi, mempertimbangkan bahan ini untuk area rumah mungkin jadi pilihan tepat.

Hal lain, sering pula bahan ini dicampur dengan beberapa bahan lain, seperti bahan polycotton yang mana perpaduan antara polyester dengan kapas. kapas sendiri termasuk sejenis serat yang stabil.

hasilnya, manfaat dari penyatuan 2 bahan ini jadi lebih kuat, tahan kerutan, hingga tahan lama dari pada hanya 100% polyester saja.

Polyester Pada Rumah Tangga

Tapi apa saja contoh penggunaan untuk rumah? berbicara bahan polyester, hal yang paling sering ditemui adalah penggunaannya pada pakaian, terutama kaos. tidak jarang, pada bagian tag baju sering menyertakan informasi dari bahan yang digunakan.

jika menilik pada penggunaan area rumah, bahan ini sering kali ditemui pada area tirai rumah, baik pada jendela maupun beberapa sejenis lain. tentu, tirai sebagai bagian penutup termasuk property yang rentan kotor, karena letaknya yang dekat dengan jendela.

Ketika bahan mudah dibersihkan , ini membuat fleksibitas dari segi perawatan jauh lebih mudah. kualitas ini layak anda pertimbangkan penggunaannya pada area rumah.

Indonesia Termasuk Produsen Utama

Melansir dari sewport, indonesia sendiri termasuk produsen utama dari bahan kain polyester satu ini, bersanding dengan beberapa negara lain seperti taiwan, korea, india, jepang hingga china.

walau begitu, pasar polyester terbesar di dunia masih di pegang oleh china sekaligus menjadikannya produsen terbesar pula.

Baca Juga  Ide Warna Cat Pintu dan Jendela Rumah Minimalis Terbaik

nah, hal ini pula yang membuat bahan-bahan pakaian ini sering dibuat di negara-negara asia tadi, yang kemudian diekspor ke luar negeri seperti eropa.

sehingga jika anda bepergian dan membeli beberapa baju, jangan kaget jika dibuat dari negara-negara asia tadi, termasuk dibuat dari indonesia.

wah, menarik ya? semoga bermanfaat!

cek juga harga tirai rumah berbahan polyester DISINI , konsultasikan secara gratis dengan klik link tautan whatsapp dibawah

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini