Dekorasi

Bahaya Polyester dan Bahan Lain untuk Kesehatan

Bahaya polyester — Polyester adalah bahan yang banyak sekali digunakan untuk material baju maupun kain. Bahan polyester juga banyak digunakan untuk tirai kamar mandi. Bahan polyester sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai tirai kamar mandi karena terbilang kuat dan lebih awet. Meski begitu ternyata jika bahan polyester dijadikan sebagai material untuk pakaian yang digunakan sehari-hari ternyata memiliki bahaya dan kekurangannya lho.

Sebelum mengetahui bahaya polyester sebaiknya kita mengetahui tentang bahan polyester lebih jauh yuk!

Apa Itu Polyester

Polyester atau poliester adalah suatu kategori polimer yang mengandung gugus fungsional ester dalam rantai utamanya. Terdapat banyak sekali jenis polyester namun istilah polyester umumnya digunakan sebagai sebuah bahan yang spesifik merujuk pada PET (polietilena tereftalat. Polyester termasuk zat kimia yang alami, seperti yang kutin ari tumbuhan, maupun zat kimia sintetis seperti polikarbonat dan polibutirat. Polyester bisa berasal dari minyak bumi dan juga bisa berasal dari hasil daur ulang.

bahaya polyester
source: eysan.com.tw

Polyester dapat diproduksi dalam berbagai bentuk seperti lembaran dan bentuk tiga dimensi. Kain polyester yang telah ditenun dapat digunakan untuk pakaian konsumen dan perlengkapan rumah seperti sprei ranjang, penutup tempat tidur, berbagai macam tirai dan juga gorden. Untuk bahan polyester industri biasanya digunakan untuk ban, tali, kain untuk sabuk mesin, sabuk pengaman, dan lain sebagainya. Polyester juga dapat berwujud fiber fill untuk mengisi bantal, selimut penghangat, dan juga isi boneka.

Baca Juga  Apa Saja Karakteristik Arsitektur Kontemporer?

Kelebihan Bahan Polyester

bahaya polyester
source: brandstore.vistaprint.in

Bahan polyester memiliki beberapa kelebihan. Polyester dikenal sebagai bahan yang lebih tahan terhadap noda. Polyester juga tidak mudah menyerap air. Selain itu sifat kain polyester ringan sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan untuk pakaian olahraga.

Bahan polyester juga cukup awet dan tidak mudah menyusut. Walau Anda sering mencucinya, warna pada bahan polyester pun tidak mudah pudar. Kain polyester dapat didaur ulang sehingga usia pakai kain tersebut dapat diperpanjang. Namun jika Anda berniat untuk tidak menggunakannya lagi Anda tidak boleh membuangnya sembarangan karena bahan polyester tidak mudah terurai.

Bahaya Polyester untuk Kesehatan

Polyester menjadi salah satu bahan yang cukup banyak dijadikan sebagai pakaian. Polyester terbuat dari bahan kimia namun ada pula komponen bahan alami untuk membuat polyester, yaitu kapas. Namun, ternyata ada bahaya polyester jika digunakan sebagai pakaian. Memakai pakaian dengan bahan polyester terlalu lama dapat membuat kulit Anda susah bernapas, terutama saat suhu tubuh mulai meningkat.

bahaya polyester 4
source: lightinthebox

Bahaya polyester mulai terasa saat suhu tubuh Anda mulai meningkat dan bahan kimia yang terkandung dalam kain polyester dapat memengaruhi kesehatan Anda. Saat suhu tubuh Anda meningkat, bahan kimia yang terdapat pada pakaian tersebut akan diserap oleh kulit. Hal ini ternyata dapat menyebabkan beberapa masalah kulit seperti ruam, gatal, kemerahan, eksim, dan juga dermatitis.

Baca Juga  7 Inspirasi Dinding Batu Bata Simpel Yang Bikin Betah

Selain bahaya polyester, ternyata beberapa bahan pakaian lain juga dapat memengaruhi kesehatan Anda.

Bahaya Bahan Rayon

Kain rayon adalah kain yang terbuat dari serat hasil regenerasi selulosa. Material selulosa secara kimia dikonversi dari bubur kayu. Serat yang digunakan dalam pembuatan kain ini dapat digolongkan sebagai serat semi sintetis.

Proses produksi kain rayon dinilai berbahaya dan dapat mencemari lingkungan. Selain itu, jika Anda memakai kain rayon sebagai pakaian ternyata dapat menimbulkan penyakit lho. Kain rayon dapat memancarkan zat beracun yang dapat memberikan efek mual, sakit kepala, muntah muntah, nyeri dada dan otot, serta insomnia.

Bahaya Kain Nylon

Selain bahaya polyester, ternyata bahan lain yang memiliki bahaya adalah nylon. Bahan nylon dapat memberi efek negatif pada kulit Anda. Bahan nylon dikenal sebagai bahan yang kurang baik dalam menyerap keringat sehingga dapat menimbulkan bau tak sedap dan iritasi pada kulit Anda terutama jika Anda memiliki kulit yang sensitif.

Bahaya Spandex

Spandex banyak digunakan untuk bahan pakaian yang ketat seperti untuk baju olahraga, bra, legging, kaus, dan sebagainya. Ternyata bahan spandex dapat berbahaya jika dikenakan terlalu lama. Kain spandex terbuat dari bahan-bahan kimia berbahaya yang jika digunakan terlalu lama dapat membuat kulit iritasi dan menimbulkan penyakit dermatitis.

Polyester untuk Tirai Kamar Mandi

bahaya polyester
source: fastfurnishings.com

Meskipun terdapat bahaya polyester jika digunakan sebagai pakaian dan dipakai terlalu lama, akan tetapi bahan polyester sangat cocok untuk dijadikan sebagai sarung bantal, tirai kamar mandi, dan perlengkapan perabotan lainnya. Tirai kamar mandi yang terbuat dari bahan polyester dinilai lebih unggul karena kuat dan awet.

Baca Juga  Desain Kamar Mandi Mewah dengan Budget Murah

Ingin berbelanja tirai kamar mandi yang cantik-cantik? Yuk belanja di Qhomemart. Tersedia berbagai kebutuhan rumah mulai dari tirai kamar mandi, bahan bangunan, lantai, atap, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart.

5/5 - (8 votes)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini