Tips & Trick

Rangka Baja Ringan VS Kayu, Lebih Bagus Mana?

Baja ringan vs kayu masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya. Kayu memiliki gaya tekan momen melengkung yang baik. Namun baja ringan tidak mudah terbakar hingga anti serangan rayap. Mana yang sebaiknya dipilih? Simak detailnya di artikel ini.

Masa kini, baik baja ringan dan kayu masih jadi material yang populer untuk pembuatan rangka atap rumah.

Muncul pertanyaan, manakah yang lebih baik dari kedua material ini?

Sebagian orang menganggap kayu adalah material yang lebih baik dari baja ringan, sementara sebagian yang lain berpendapat sebaliknya dimana baja ringan lebih unggul dari kayu. Lantas, manakah yang benar?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa perbandingan dan komparasi antara baja ringan vs kayu supaya qhomelovers lebih tahu.

Harga

renovasi atap baja ringan
Contoh penggunaan baja ringan pada rumah

Ketika membandingan baja ringan vs kayu, tak jarang perbandingan juga dilihat dari sisi harga. Dulu, kayu memiliki harga relatif jauh lebih murah.

Meski begitu, beberapa tahun kebelakang harga kayu mengalami fluktuasi cukup tajam mengingat semakin menipisnya pepohonan, hal ini memicu keinaikan harga kayu yang lebih tinggi.

Sementara baja ringan masih cukup mudah dicari, sehingga dari sisi harga tidak mengalami fluktuasi dan stabil terjangkau.

Kekuatan

Masalah dari kayu ialah kelembapan, keropos maupun serangan rayap. Untuk itu, kayu yang dipilih bisa saja yang berkualitas terbaik dan sudah anti rayap tentu dengan pertimbangan budget lebih.

Baca Juga  Mengenal Plafon Drop Ceiling Yang Mempercantik Ruangan

Sementara baja ringan pada dasarnya memang anti serangan rayap, baja yang terstandarisasi dapat bertahan hingga 10 tahun tanpa terkena serangan karat.

Ketahanan Terhadap Kelembapaan

Baik baja ringan vs kayu sama-sama memiliki kelemahan terhadap tingkat kelembapan suatu tempat.

Baja ringan yang lembab dapat menyebabkan karat, sementara kayu bisa saja berjamur dan gampang lapuk, terlebih bagi kayu yang kualitasnya kurang bagus.

Namun pada sekarang ini, baja ringan telah dilengkapi lapisan khusus untuk membuatnya bertahan pada kondisi kelembapan. Jika pada kayu membutuhkan cara khusus agar tahan terhadap kondisi seperti ini.

Kemudahan Memasang

Baja ringan vs kayu

Rangka baja ringan tinggal rakit pada rumah, namun perlu setidaknya tukang yang telah berpengalaman untuk memasangnya. Hal itu karena tidak semua tukang bisa mengeksekusinya.

Sementara kayu dapat lebih lama proses pemasangan namun hampir semua tukang dapat memasang rangka kayu. Jadi, baja ringan vs kayu punya kelebihannya masing-masing

Ramah Lingkungan

Tentu kayu merupakan material organik yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, sedangkan proses pembuatan baja dapat mencemari lingkungan.

Komparasi Kelebihan

KayuBaja Ringan
Kuat terhadap gaya tekan, gaya tarik, momen melengkungDi daerah perkotaan mudah didapat
Bersifat elastis dan fleksibelTidak mudah terbakar
Lebih mudah dikerjakan dan tidak harus ahliTidak terkena rayap
Bisa disesuaikan jika terlalu tebal (bisa diserut)Bobot lebih ringan
Harga lebih murah jika didesa karena mudah didapatBerusia lebih panjang dari kayu
Kuat terhadap gaya tekan

Semoga artikel ini bermanfaat qhomelovers!

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini