7 Tips Bangun Rumah Murah dan Hemat!

Bangun rumah murah adalah impian semua orang. Akan tetapi, Anda harus pintar-pintar mengatur strategi untuk bangun rumah murah dengan tetap mengutamakan kualitas dan desain rumah sesuai dengan impianmu. Yuk intip tipsnya berikut ini!

Tentukan Tipe Rumah Sesuai Anggaran

source: behance.net

Tipe rumah terdiri dari luas tanah dan bangunan. Sebaiknya pilih lahan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Anda dapat memilih lahan yang cukup sempit jika dana terbatas dan Anda memiliki anggota keluarga yang cukup sedikit.

Jika anggota keluarga Anda cukup banyak, Anda dapat menyiasati lahan sempit tersebut dengan membangun rumah minimalis 2 lantai.

Anda juga dapat memilih lokasi yang tidak terlalu dekat dengan pusat kota untuk mendapatkan harga tanah yang relatif lebih murah. Dengan begitu, Anda bisa mengeluarkan uang dengan jumlah yang sama namun Anda bisa mendapatkan lahan yang lebih luas jika lahan tersebut cukup jauh dengan pusat kota.

Bangun Rumah Murah dengan konsep Rumah Minimalis

Konsep rumah minimalis sangat digemari belakangan ini. Tidak hanya tampilannya yang simpel dan cantik, konsep rumah minimalis juga dapat menghemat biaya untuk bangun rumah loh!

Baca Juga  5 Ruang Tamu Modern Yang Cocok Untuk Semua Tipe Hunian

Rumah minimalis memiliki desain yang fungsional dan simpel serta sederhana. Rumah minimalis biasanya juga memiliki sedikit ruang dan kebanyakan ruang pada rumah minimalis dapat menjadi ruangan multifungsi.

Pada rumah minimalis, Anda juga tidak perlu banyak membeli properti untuk mengisi ruangan. Dengan sedikit detail yang terdapat pada konsep rumah ini maka biaya yang dikeluarkan juga akan lebih sedikit. Hemat bukan?

Survei Harga Material Bahan Bangunan

source: livelovehealthwealth

Meskipun Anda menggunakan jasa tukang untuk membangun rumah, tidak ada salahnya untuk mengetahui harga material bahan bangunan yang dipakai. Anda dapat pula memanfaatkan promo yang berlangsung pada supermarket bahan bangunan agar membangun rumah Anda menjadi lebih hemat.

Anda juga dapat berbelanja kebutuhan bahan bangunan di supermarket bahan bangunan yang memiliki pilihan yang banyak dengan produk-produk yang berkualitas. Jangan lupa untuk menghitung biaya yang dikeluarkan untuk membeli material bahan bangunan bagi rumah Anda.

Pilih bahan bangunan yang berkualitas dengan harga terjangkau

Harga tidak selamanya menunjukkan kualitas. Kini banyak produk-produk dengan kualitas tinggi dan bahkan banyak pula yang dapat menyaingi dan bahkan melebihi kualitas produk impor namun memiliki harga yang terjangkau.

Tentunya, pilihlah bahan bangunan yang murah dan berkualitas untuk bangun rumah murah dan lebih hemat.

Bangun Rumah Murah Secara Bertahap

source: nairaland

Untuk menghemat uang, selagi Anda menabung, Anda juga dapat membangun rumah secara bertahap. Anda dapat mulai dengan membuat fondasi terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan proses pembangunan yang lain sesuai dengan dana yang Anda.

Baca Juga  Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur

Membangun rumah dengan cara bertahap memang membutuhkan waktu yang lama, akan tetapi cara ini juga dapat membantu Anda untuk berhemat dan juga memberikan Anda waktu untuk mengumpulkan uang lebih banyak dalam membangun rumah.

Membiarkan Dinding tidak di-finishing

Finishing adalah tahap terakhir dalam membangun rumah, yakni mendempul dan mengecat rumah Anda. Dengan membiarkan rumah Anda tanpa finishing, Anda juga dapat berhemat dalam membangun rumah loh. Selain itu dinding yang tidak di-finishing juga memberikan gaya tersendiri pada rumah Anda.

Gunakan Jasa Tukang Borongan

Sistem borongan ada 2 macam, yaitu borongan tukang dan pembelian material yang berarti selain tenaga tetapi tukang tersebut juga bertugas untuk membeli material untuk membangun rumah, ada pula borongan yang hanya menggunakan tenaga tukang tersebut.

Agar lebih praktis, biasanya orang lebih memilih untuk menggunakan tukang borongan sekaligus jasa pembelian material. Anda jadi tidak perlu repot memikirkan untuk membeli material. Namun harus diingatkan bahwa Anda juga perlu mengecek kualitas material yang dibeli oleh tukang Anda ya.

Biasanya dengan menggunakan jasa tukang borongan, Anda dapat menghemat waktu dan uang. Akan tetapi, jangan lupa untuk selalu mengecek pekerjaan tukang borongan agar meskipun mereka membangun rumah Anda dengan cepat tetapi juga tetap memperhatikan kualitas bangunannya.

Lengkapi kebutuhan bahan bangunan berkualitas dengan harga terjangkau untuk bangun rumah murah Anda hanya di Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap. Qhomemart menyediakan berbagai kebutuhan rumah seperti bahan bangunan, atap, semen, keramik, perlengkapan kamar mandi, furniture, dan lain sebagainya. Berbelanja lebih mudah melalui website maupun whatsapp kami.


Baca Juga  Tips Menciptakan Dapur Fungsional yang Tetap Cantik

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini