Mengenal Bekisting Balok Untuk Struktur Bangunan

bekisting (formwork) telah menjadi suatu hal wajib ketika anda membangun sebuah bangunan. meskipun itu tidaklah hal permanen, bekisting yang baik akan sangat mempengaruhi kualitas sebuah bangunan yang berdiri nantinya. salah satu jenis bekisting yang perlu anda ketahui, yakni bekisting balok. bagaimana kontribusi proses ini dalam sebuah bangunan? kami memiliki penjelasannya berikut ini

beton yang sempurna sangat diperlukan untuk membuat struktur bangunan yang kuat. pembuatan struktur bangunan salah satunya menggunakan bantuan teknologi bekisting. meskipun bekisting hanya bersifat sementara, tapi hal ini penting untuk menahan beban dari pada pekerja.

perkembangan teknologi dalam dunia konstruksi telah membuat perubahan besar dalam teknik membangunanya, yang tentu saja sangat bermanfaat untuk mempermudah proses pembangunan suatu proyek konstruksi.

dalam berbagai kesempatan, anda pasti akan menemui yang namanya bekisting, salah satu yang digunakan yakni bekisting balok.

Apa maksud bekisting balok?

bekisting balok
ilustrasi via: proptiger.com

bekisting balok merupakan jenis bekisting yang dibuat menggunakan balok. pemakaian bekisting yang satu ini sudah banyak digunakan pada banyak proyek baik di area desa maupun perkotaan.

sebelumnya, kami pernah membahas apa itu bekisting secara umum. artikel kali ialah perpanjangan dari artikel sebelumnya, yakni mengenal lebih dalam jenis bekisting yang kita nama bekisting tipe balok.

Baca Juga  Inspirasi Warna Cat Plafon Rumah Minimalis yang Menarik

kalau anda masih belum menangkap apa itu definisi sebenarnya tentang bekisting secara umum, kami memiliki penjelasan lengkapnya dalam artikel “Mengenal Bekisting : Pengertian Sampai Jenisnya”.

Kombinasi dengan bekisting kolom

setiap konstruksi menggunakan bekisting untuk mencapai daya tahan konstruksi yang baik. anda perlu menggunakan bekisting lain untuk mempercepat proses pembangunan, salah satunya bekisting kolom.

baik bekisting balok dan kolom digunakan secara bersamaan guna membangunan bangunan lebih terstruktur dan kuat. kedua bekisting ini sangat lah penting , jadi tidak ada mana yang lebih bagus karena ini adalah satu kesatuan.

lalu apa saja material yang digunakan? nah, untuk proyek pembangunan seperti gedung, biasanya itu menggunakan jenis kayu kelapa atau glugu untuk keperluan pembuatan bekisting balok.

pemasangan bekisting balok
via: remaherinc.com

Terdiri dari apa saja?

bekisting balok membutuhkan beberapa penunjang sebagai eksekusinya, berikut ini balok terdiri dari :

  • penyangga balok disertai scafolding frame
  • tembereng: yakni penahan pada bagian sisi bekisting yang berfungsi agar tidak menggeser saat proses pengerasan
  • suri – suri: material kayu yang digunakan sebagai alas bekisting, anda bisa menggunakan 2 profil yang digabung untuk menghasilkan kayu yang lebih kuat4

Cara pasang bekisting balok

cara pasang untuk bekisting kali ialah menggunakan teknik konvensional :

  • yang pertama ialah menentukan tanda elevasi pinjaman pada kolom struktur, hal ini berfungsi sebagai acuan penentu elevasi balok
  • atur scaffolding diantara dua bekisting kolom, hal ini tidak lain untuk penyangga pada bekisting balok nantinya
  • pasang gelagar balok
  • pasang kayu suri suri, dengan menumpu diatas pada bagian teras kayu gelagar, anda bisa memasang dengan cara dipaku kuat.
  • selanjutnya pasang bodeman pada bagian bawah
  • atur kembali elevasi bodeman jika diperlukan, hal ini bertujuan untuk memastikan itu sesuai dengan elevasi rencana. caranya, dengan menaikkan atau menurunkan scaffolding sampai sesuai.
  • mulai rangkai besi tulangan balok di bagian atas bodeman
  • pasang tembereng pada sisi kiri dan kanan untuk memastikan itu tidak bergeser
Baca Juga  Kasa Nyamuk, Solusi Mudah Mengatasi Nyamuk Pada Ruangan

itu tadi penjelasan tentang bekisting balok, semoga bermanfaat ya!

qhomemart.com membantu solusi kebutuhan bahan bangunan yang lengkap untuk beksiting , beli bahan secara online lebih mudah lewat whatsapp kami.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Konsultasi Gratis Disini