Kelebihan Bekisting Kolom Dalam Konstruksi Bangunan Baru

Penasaran dengan bagaimana bekisting kolom dalam kontribusinya kepada bangunan baru. membangun sebuah bangunan baru tidak terlepas dari konstruksi yang kuat, banyak para pekerja menggunakan jenis bekisting ini untuk mempermudah proses pembangunan. lalu, bagaimana sebenarnya jenis bekisting dapat berkontribusi? kami punya ulasannya dibawah ini.

secara umum, bekisting kolom termasuk jenis yang sekian banyak bekisting yang dipakai. jika sebelumnya, kami sudah membahas bekisting secara umum dalam artikel “Mengenal Bekisting : Pengertian Sampai Jenisnya”

mengingat ada beberapa jenis bekisting lain yang digunakan pada proses pembuatan konstruski bangunan. di artikel kali ini, kita hanya akan memfokuskan pembahasan pada jenis bekisting saja.

Pengenalan

bekisting kolom
ilustrasi bekisting kolom via: ides.com.rf

bekisting kolom adalah salah satu dari beberapa jenis bekisting beton yang digunakan pada proyek pembangunan dengan cetakan yang vertikal (berdiri) berbentuk kolom.

dengan bentuk vertikal yang seperti ini, hal tersebut menghasilkan konstruksi yang berdiri ketika beton basah dituangkan untuk mencapai bentuk maupun ukuran yang diinginkan pada konstruksi.

baru setelah beton mengeras, cetakan akan dilepas, meskipun ada juga bekisting yang memang dipasang secara permanen dan tetap menjadi bagian dari konstruksi yang ada.

Baca Juga  Apa Itu Urban Design?

Dibentuk sesuai ukuran

semua pengaplikasian bekisting kolom haruslah menyesuaikan ukuran sesuai dengan kebutuhan proyek itu sendiri. hal ini tidak hanya untuk ketepatan pembangunan saja, tapi efisiensi biaya yang pas.

Digunakan dengan kombinasi

ini merujuk pada pemakaian bekistin kolom dengan bekisting balok, kombinasi seperti ini memungkinkan konstruksi dapat dibangun dengan lebih cepat dan tepat sesuai dengan desain awal pada konstruksi itu sendiri.

pada bagian kepala bekisting kolom akan digunakan untuk menopang bekisting balok. atau, ini juga bisa di cor ke sisi bawah bekisting balok. pembangunan umumnya juga menerapkan hal tersebut untuk mencapai ketepatan waktu yang telah diperkirakan.

Manfaat

dua manfaat utama menggunakan bekisting balok ialah cepat dan sederhana dalam proses perakitan serta mengurangi jumlah tenaga kerja beserta peralatan yang dipakai.

ini sangat efektif untuk menghasilkan bentuk konstruksi vertikal yang kuat dan seragam sesuai dengan dimensi yang direncanakan.

bekisting kolom bulat
via: square circle formwork

Jenis Kolom

sering kali proyek proyek menggunakan beberapa jenis cetakan kolom, diantaranya adalah:

1. kolom dengan sisi lurus

kolom ini dimaksudkan untuk tipe yang dibentuk secara garis lurus, jadinya bentnuk kolom tidak ada lengkungan sama sekali. contohnya seperti kolom segi tiga, segi empat, segi enam dan lain – lain.

2. kolom dengan sisi khusus

untuk kolom ini tidak terpaku pada bentuk tertentu apakah itu melengkung atau lurus, terdapat perbedaan pada bentuk, dimensi dalam satu bangunan.

Baca Juga  Ingin Pasang Talang Air? Baca Ini Terlebih Dahulu

jika anda ingin mengaplikasikan bekisting kolom khusus dalam satu bangunan, tentu saja hal tersebut membutuhkan sedikit biaya tambahan untuk menghasilkan kolom yang diinginkan.

3. kolom dengan sisi melengkung

seperti namanya, jenis bekisting kolom melengkung lebih digunakan untuk membentuk kolom berbentuk bulat, seperti kolom lingkaran ataupun yang berbentuk lonjong.

untuk cara pembuatannya sendiri, jenis kolom melengkung akan digabung, dari dua bagian menjadi satu bagian dengan bantuan baut penyambung.

kendala yang sering kali dialami pada penggunaan kolom melengkung ialah dari diameter, apalagi jika itu termasuk diameter yang berukuran cukup besar.

Penjelasan Tiap Bagian

bekisting kolom adalah
via: nhaa architranslate

Sepatu Kolom (picker)

pembuatan pada sepatu kolom dapat disesuaikan dengan bentuk tampang kolom. sepatu kolom akan dipasang pada bagian bawah atau dasar kolom dengan dipaku dengan kuat.

penggunaan sepatu kolom seperti ini bertujuan agar bekisting (atau disebut formwork) dapat ditempatkan pada posisi yang sesuai dan pas.

Panel cetakan

sebenarnya ada berbagai jenis cetakan yang dapat dipakai berdasarkan materialnya. baik itu dari material kayu, besi hingga beberapa material lain yang dipakai.

namun, kebanyakan masih menggunakan kayu mengingat pertimbangan dari aspek ekonomis. selain itu, kayu terlebih yang berjenis plywood dapat digunakan lagi setidaknya 3-5 kali, walaupun tidak seperti besi yang dapat digunakan berulang – ulang kali.

penyangga

setelah proses penuangan cor, bekisting kolom membutuhkan penyangga untuk memastikan posisinya tidak bergeser ketika masih dalam proses pengeringan. beberapa material yang dapat dipakai sebagai penyangga diantaranya balok kayu, pipa scafolding hingga pipa besi.

Baca Juga  4 Dekorasi Ruang Terbaik Untuk Hunian Anda Beserta Tipsnya

itu tadi penjelasan tentang bekisting kolom, pembangunan konstruksi tentu saja memerlukan hal ini guna mendapatkan kecepatan dan ketepatan pembangunan yang sesuai rencana, semoga bermanfaat ya!

qhomemart menyediakan semua kebutuhan bahan bangunan anda secara lengkap, beli secara online di nomor teleshopping kami di 08112863773 (chat only)


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini