Berkebun di Rumah, Tanam Sayur Sendiri

Banyak orang yang tertarik berkebun di rumah. Berkebun dengan menanam sayuran di rumah bukan hal yang mustahil loh. Meski lahan sempit tetap bisa menanam sayur sendiri. Yuk simak tips berkebun di rumah berikut ini.

Siapkan lahan, pot, atau wadah bekas untuk menanam

Jika Anda tidak memiliki cukup lahan untuk berkebun di halaman rumah, Anda bisa menggunakan pot di dalam rumah atau di teras rumah Anda.

Berkebun di rumah dengan Menanam kangkung

Ada dua cara untuk menanam kangkung di rumah. Anda bisa membeli bibit kangkung dan memisahkan bibit kangkung yang baik dan yang jelek.

Cara kedua dengan menggunakan akar sisa kangkung yang Anda beli di pasar. Sisakan potongan batang dan akar sepanjang kurang lebih 5cm.

Isikan pot tanaman dengan campuran pasir, humus, dan kompos. Sirami pot dengan air hingga lembab namun tak terlalu basah. Setelah beberapa minggu kangkung bisa dipanen.

Menanam tanaman rempah di rumah

Tidak hanya sayuran, menanam tanaman rempah bagi Anda yang gemar memasak juga menjadi ide yang baik. Ada berbagai tanaman rempah yang dapat Anda tanam, di dalam rumah.

Baca Juga  8 Teknik Kreatif Mengecet Tembok Supaya Dekorasi Rumah Lebih Unik

Menanam Basil

Menanam daun basil di rumah

Daun basil mirip dengan kemangi, namun berbeda. Daun ini bertekstur lebih tebal dari kemangi dan digunakan untuk menambahkan rasa pada masakan, terutama masakan Italia.

Beli biji basil di toko tani. Masukkan biji basil pada pot yang telah diisi dengan media tanam berupa tanah dan kompos. Sirami dengan air secukupnya.

Jika ingin ditaruh di dalam rumah, letakkan pot di dekat jendela yang terkena sinar matahari yang cukup.

Menanam Bawang Putih di dalam rumah

Berkebun di rumah menanam bawang

Menanam bawang di dalam rumah dapat meminimalisir hama perusak tanaman. Pilih wadah yang cukup dalam untuk menanam bawang putih. Gunakan pot dengan kedalaman kira-kira 20 cm.

Jangan lupa untuk pastikan wadah yang Anda pakai memiliki lubang drainase. Pot yang cukup dalam dapat membuat akar bawang dan umbi tumbuh serta dapat memproduksi daun hijaunya.

Jika ingin menanam lebih dari satu umbi bawang putih, sebaiknya gunakan pot yang cukup besar untuk memberikan jarak sekitar 10cm antarsiung dan beri jarak 10 cm pula dari sisi pot.

Campurlah media tanam pot (tanah berkompos siap pakai) dengan tanah atau pasir yang ada di kebun dengan perbandingan 3 tanah kompos dan 1 pasir. Masukkan campuran ini ke dalam pot dan sisakan ruang sekitar 2,5cm dari atas pot.

Tanam siung bawang putih kira-kira 10-15cm dan beri jarak antar siung kira-kira 10cm pula. Letakkan pot di area yang terkena sinar matahari langsung kira-kira 8 jam per hari.

Baca Juga  Takut Kepleset? Ini Tips Memilih Ubin Kamar Mandi yang Aman

Anda bisa menaruh pot di meja dekat jendela yang memiliki akses sinar matahari. Siram secara teratur namun jangan sampai airnya berlebih agar tidak membuat umbi busuk.

Tanam Kunyit untuk Bumbu dan Obat

Berkebun menanam kunyit

Kunyit biasa digunakan sebagai bumbu masakan atau campuran jamu. Selain untuk bumbu penyedap, kunyit juga sering digunakan sebagai obat. Kunyit dapat mengurangi gas di dalam perut, mengobati asam lambung, dan mengurangi mual serta diare.

Menanam kunyit di rumah cukup mudah. Siapkan kunyit yang sudah tua dan berumur sekitar 8 bulan. Tanam di dalam pot yang berisi media tanam. Simpanpot di daerah yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Jika tanaman kunyit Anda sudah berumur 8 bulan, Anda dapat memanen kunyit Anda. Anda dapat menggunakan kunyit untuk berbagai masakan yang enak dan menyehatkan seperti membuat ayam goreng bumbu kuning, nasi goreng, kari, dan lain sebagainya. Selain itu Anda juga dapat membuat es kunyit asam untuk menyegarkan Anda pada siang hari yang panas.

Temukan berbagai peralatan berkebun seperti pot, gunting tanam, sprayer, dan lain-lain hanya di Qhomemart. Pusat belanja grosir terlengkap.

Anda juga bisa berbelanja rak di Qhomemart untuk meletakkan tanaman-tanaman Anda dekat dengan cahaya matahari. Pilih pula pot yang cantik agar selain berfungsi sebagai tempat untuk menanam tetapi juga dapat menjadi hiasan di rumah Anda.

Baca Juga  Warna Cat Dinding Bergaya Scandinavian

Berbelanja di Qhomemart lebih mudah melalui website maupun whatsapp kami.

Contact Us:
Cust. Service:
0274 493 2288
0878 3737 8889
.
Telemarketing
08112834216
08112834217

08112834218
08112834219
Email: publicrelation@qhomemart.com.
Jl. Raya Janti Ringroad Timur No 96, Yogyakarta.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini