DekorasiTips & Trick

Desain Cafe Minimalis Beserta 4 Faktor Penting Sebelum Memulai

menjamurnnya konsep cafe terlebih cafe minimalis tentu berdampak pada peningkatan ekonomi. sebagai salah satu unik usaha dari ukm, ini penting untuk mendongkrak ekonomi namun juga turut mengenalkan masal

sebagai pebisnis, tentu anda perlu mengetahui seluk belu tentang cafe dari mulai proses desain hingga faktor yang bisa membuat bisnis anda bertahan. tahap awal merupakan hal yang harus anda pikirkan secara matang jika ingin berhasil.

nah, untuk itu, berikut beberapa model cafe yang bisa digunakan.

Cafe minimalis rumahan

desain cafe minimalis rumahan
desain cafe minimalis rumahan

memiliki space kosong pada rumah? jangan biarkan terbengkalai begitu saja. kenapa tidak anda jadikan lahan rumah depan sebagai cafe? selain menghemat anggaran, dari sisi fleksibiltas juga lebih lancar karean terletak dirumah anda sendiri.

anda tidak akan kehilangan waktu diperjalanan, karena letaknya dirumah anda sendiri. tentu ini akan menghemat anggaran anda secara tidak langsung. menarik bukan?

Desain coffee shop

desain cafe sederhana

bisnis coffee shop memang menjadi tren saat ini, banyaknya pecinta kopi khususnya di indonesia, turut mempengaruhi industri bisnis kedai kopi yang makin menunjukkan taringnya.

Baca Juga  Desain Meja Kantor yang Simple

desain dari coffee shop dapat dibuat seminimal mungkin, dalam arti tidak memerlukan tempat yang besar. meniliki desain diatas, sesimpel menggunakan tempat yang dibentuk kotak, kemudian diberikan semacam jendela sebagai tempat untuk bertransaksi. simpel dan menarik bukan?

Desain cafe minimalis sederhana

Desain cafe minimalis sederhana
via

desain cafe sederhana menggunakan bak container seperti ini bisa jadi pilihan. ini bisa jadi cara tepat untuk anda memiliki cafe yang lebih terjangkau daripada bangunan fisik namun dengan mempertahankan kesan estetik yang dimiliki.

menggunakan model mobil juga ide yang menarik. bentuknya masih sama, anda hanya perlu menyiapkan meja dan kursi pada area depannya guna menunjang makan untuk konsumen anda

Interior cafe minimalis

Interior cafe minimalis
via pinterest

jika anda memutuskan memakai tipe bangunan cafe yang punya ukuran yang tidak terlalu besar, mungkin desain cafe kecil seperti ini bisa jadi pilihan yang tepat.

memaksimalkan penggunaan perabotan maupun berbagai komponen lain amat diperlukan guna mendapatkan fungsional yang maksimal walau dengan luas bangunan yang cenderung kecil

Gunakan meja menyambung

terkadang, perabotan meja jadi salah satu hal yang memakan banyak space. ini bisa diakali dengan menggunaakan tipe meja yang menyambung seperti pada desain diatas. dari sini, space dapat dihemat secara signifikan.

Faktor penting sebelum memulai bisnis cafe

bisnis cafe bisa jadi membutuhkan dana yang besar diawal. meskipun begitu, keuntungan yang didapat amatlah menggiurkan. tak heran jika banyak bermunculan cafe – cafe minimalis yang sangat menunjang bagi para kebanyakan anak muda di zaman media sosial ini.

Baca Juga  6 Perlombaan Agustusan Untuk Ibu Ibu TerKreatif

hal lain, cafe juga merambah sektornya dengan menyasak konsumen pebisnis. tak jarang jika sebuah interview kerja, meeting hingga beberapa keperluan bisnis dilakukan disini. sehingga banyak cafe yang memang punya workspace pada beberapa areanya.

prioritas pembagian perlu dibuat supaya dapat dipisahkan tingkat kebutuhan dari sisi pelanggan maupun bagian produksi (dapur) pada sebuah cafe minimalis yang anda jalankan . beberapa diantaranya adalah :

1. Dari segi lokasi ataupun tempat

lokasi bisa jadi menentukan apakah cafe minimalis anda dapat ditemukan dengan mudah atau tidak, mudah diakses atau tidak dan lain-lain. jaman ini, tidak melulu sebuah cafe perlu berada di tengah – tengah kota.

banyak pelaku pebisnis memang sedari awal memanfaatkan tempat yang sedikit jauh dari area perkotaan. tempat yang masih asri seperti area pedesaan juga bisa bersaing, asalkan memang dieksekusi dengan baik. semisal memilih konsep yang tepat, fokuskan pada konsep alam jika lingkungan sekitar masih asri ataupun dekat dengan tempat wisata.

2. Ukuran cafe minimalis

seberapa besar ukuran cafe minimalis yang akan anda gunakan? tentu, hal ini amat penting untuk diperhitungkan. ini akan berdampak pada tampilan cafe yang pas.

semisal dalam sebuah lahan berukuran 1000 meter persegi, akan berapa besar yang akan anda gunakan untuk pembangunan? kemudian pertimbangkan ukuran dari lahan parkir hingga taman sebuah cafe (jika menggunakan)

Baca Juga  6 Design Interior Rumah Minimalis Simpel Yang Aesthetic

3. Dari sisi pelanggan

  • kursi yang memadai.
  • meja dalam berbagai ukuran.
  • colokan listrik, memang simpel nammun hal ini terkadang jadi salah satu faktor pelanggan anda kembali ke tempat anda.
  • view yang ditampilakan, anda bisa menjual view yang unik demi mempertahankan pelanggan untuk datang lagi.
  • konsep cafe minimalis yang dipakai. apakah minimalis, industrial ataupun anda punya konsep tersendiri? rencanakan dengan jelas.
  • perhatikan sistem pemesanan, sebisa mungkin dibuat sangat simpel untuk memudahkan pelanggan.

4. Dari sisi produksi (dapur dan lain-lain)

  • staff dapur yang mumpuni
  • peralatan masak yang memadai
  • gunakan peralatan yang berkualitas, ini akan berpengaruh pada ketahanana alat dipakai untuk berapa lama
  • ukuran dapur yang pas
  • mencari supplier bahan makanan yang tepat, atau pastikan punya stok yang cukup setiap harinya.

5. Strategi marketing

semua bisnis memerlukan strategi marketing guna menjaga “nafas” tetap hidup dan bertahan. akan percuma jika anda memiliki produk ataupun layanan yang bagus jika tidak ada orang yang mengetahui atau mengingatnya.

dari sini, anda dapat mengedepankan konsep cafe menarik, kreasi nama menu, bentuk makanan yang unik hingga beberapa hal lain yang bisa anda berikan value lebih untuk menghimpun fondasi marketing yang kuat.

cek juga harga berbagai kebutuhan furnitur cafe lainnya DISINI

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini