Dekorasi

Cahaya Lampu Downlight untuk Ruang Sempit

Lampu Downlight rumah dengan desain minimalis seringkali menampilkan kesan yang teduh serta cenderung nyaman. Jika Anda tidak pintar dalam mengakali rumah dengan luas terbatas, bisa membuat ruangan di dalam rumah terasa tidak nyaman.

Penataan ruang dan penghematan penggunaan furniture saja tidak cukup untuk membuat ruangan lebih lega. Tahukah Anda, desain pencahayaan yang pas bisa membuat sebuah ruangan sempit tampak lebih lapang. Baik alami maupun yang buatan, pencahayaan bisa menjadi trik cerdas untuk memberikan kesan ruangan yang luas dari sebenarnya. Nah, penggunaan lampu downlight bisa menyiasati ruangan sempit pada rumah minimalis. Berikut tips menggunakan pencahayaan downlight yang tepat.

Gunakan Lampu Downlight LED

Memilih bohlam untuk jenis downlight tidak bisa asal-asalan. Disarankan untuk memilih jenis bohlam LED seperti MR16 LED atau GU10LED. Selain itu, jenis LED juga memiliki beberapa tingkat pencahayaan yang bisa disesuaikan dengan fungsi ruangan. Sebaiknya menghindari penggunaan bohlam halogen karena cenderung tidak efisien.

Desain Lampu Downlight yang Menyebar ke Seluruh Ruangan

Trik mengakali ruangan yang sempit agar lebih lega adalah dengan menggunakan beberapa lampu downlight sekaligus. Jika hanya menggunakan satu lampu saja, maka cahaya hanya terpusat ke satu titik saja sehingga akan membuat tampak penuh.

Baca Juga  Jual Lampu Bohlam Jogja Berkualitas

Menggunakan Teknik Wall-Washing

Trik yang ketiga ketika akan memasang downlight adalah dengan menggunakan teknik wall-washing. Teknik tersebut akan membuat kesan yang dramatis dalam sebuah ruangan. Anda bisa mengarahkan sorot cahaya ke dinding yang akan membuat cahaya menyebar lebih rapi. Jarak antara dinding dengan sumber lampu perlu diatur dengan tepat, agar pencahayaan yang dihasilkan sempurna.

Sesuaikan Trim dengan Ruangan dan Cahaya Lampu Downlight

Trim merupakan bagian pada lampu downlight yang menentukan diameter lubang plafon. Pilihlah jenis trim yang sesuai dengan desain ruangan hasil pencahayaan yang diinginkan. Jika ingin menggunakan teknil wall-washing, bisa menggunakan kombinasi trim lightscoop dan directional. Eyeball trim juga bisa menjadi pilihan Anda untuk hasil cahaya yang optimal pada plafon rumah yang miring.

Memasang Lampu Donwlight di Sudut Ruangan

Trik terakhir untuk membuat ruangan sempit lebih lega adalah dengan memasang bolham downlight di setiap sudut ruangan. Pencahayaan ini bisa dikombinasikan dengan teknik sumber cahaya tersembunyi untuk menghasilkan kesan yang elegan. Anda bisa menggunakan built-in spotlight yang merupakan jenis lampu yang mudah di pasang pada plafon sudut.

Jadi, dengan menerapkan trik-trik penggunaan pencahayaan lampu downlight diatas, diharapkan bisa menjadi solusi agar rumah minimalis Anda lebih lega. Silahkan dicoba.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini