Tips & Trick

Cara Melipat Baju Agar Hemat Tempat ala Marie Kondo

Melihat lemari dengan baju yang tertata rapi adalah salah satu hal yang menyenangkan. Akan tetapi, kebanyakan cara kita melipat baju kurang tepat dan dapat memenuhi lemari hingga baju kita tidak muat lagi. Sebenarnya ada loh cara melipat baju agar hemat tempat. Kita bisa mengikuti metode Konmari yang dibuat oleh Marie Kondo, seorang wanita Jepang yang ahli dalam mengorganisasi benda-benda termasuk melipat baju. Yuk simak cara melipat baju agar hemat tempat dengan metode Konmari!

Siapa itu Marie Kondo?

cara melipat baju agar hemat tempat
source: konmari.com

Marie Kondo adalah perempuan Jepang yang terkenal lewat bukunya yang berjudul ‘The Life Changing Magic of Tidying Up’. Ia mengembangkan sebuah metode untuk merapikan rumah yang disebut dengan metode KonMari.

Menurut Marie Kondo, banyaknya barang yang berantakan dan tidak terpakai dapat menyebabkan Anda stress. Jika rumah Anda tertata rapi dan bebas dari tumpukan barang akan menambah perasaan tenang dan bahagia.

Marie Kondo kini menginspirasi banyak orang untuk merapikan rumah mereka dan mengorganisasi benda-benda dengan rapi. Marie Kondo juga membantu orang-orang di seluruh dunia untuk mengubah rumah yang berantakan menjadi rumah yang rapi dan menyenangkan.

Baca Juga  Cara Membuat Pupuk Kompos dengan Mudah di Rumah

Dalam bukunya, Marie menyatakan bahwa Anda hanya perlu menyederhanakan penataan rumah Anda sekali dan Anda tidak perlu melakukannya lagi. Hal yang terpenting adalah Anda disiplin dalam menaruh barang Anda pada tempatnya.

Apa itu Metode KonMari?

Kebanyakan metode untuk beres-beres rumah dimulai dengan ruangan demi ruangan atau sedikit demi sedikit. Metode KonMari memulai beres-beres berdasarkan kategori, bukan dari lokasi ruangan Anda. Beres-beres ala metode KonMari dimulai dengan baju, kemudian ke buku-buku, kertas-kertas, dan barang-barang yang sentimental.

Menurut Marie Kondo, simpanlah barang-barang yang memiliki nilai tertentu di hati Anda, barang-barang yang “spark joy” atau menimbulkan rasa gembira saat menggunakannya atau menyimpannya dan donasikanlah barang yang sudah tidak memberikan rasa gembira.

Cara Melipat Pakaian agar hemat tempat ala KonMari

Berbagai jenis pakaian memiliki cara melipat yang hampir mirip namun sedikit berbeda, menyesuaikan bentuk pakaiannya. Terdapat tips melipat baju, melipat celana, hingga melipat kaus kaki agar lebih hemat tempat untuk ditaruh pada lemari pakaian Anda.

Cara Melipat Baju Agar Hemat Tempat

Melipat baju biasanya ditata secara mendatar. Akan tetapi, Marie Kondo memiliki teknik melipat yang lain dan menatanya bukan mendatar tetapi berdiri atau vertikal. Cara melipat baju ala metode KonMari dapat menjamin pakaian Anda tidak akan kusut meskipun banyak lipatan yang dilakukan saat menata baju Anda.

Baca Juga  Awas! Ini Pro dan Kontra Membangun Rumah Container!

Cara melipat baju agar hemat tempat yang digunakan oleh Marie Kondo mengutamakan konsep yang hemat tempat. Dengan menata baju secara vertikal seperti yang diperkenalkan oleh metode KonMarie, Anda akan lebih mudah untuk mengambil baju di lemari tanpa membuatnya berantakan atau lebih kecil kemungkinannya untuk berantakan dibandingkan dengan penataan baju secara mendatar.

cara melipat baju agar hemat tempat

Cara melipat baju ala metode KonMari yaitu letakkan baju di depan Anda, kemudian lipat dimulai dari bagian kanan seperti biasa. Lipat bagian tangan ke arah dalam.

Lipat pula bagian kiri ke arah dalam untuk membentuk pakaian anda menjadi persegi panjang. Lipat bagian atas menuju bawah hingga tersisa sedikit ujungnya. Lipat kembali di bagian tengah sebanyak dua kali. Kemudian gulung pakaian Anda seperti yang terlihat pada gambar, dan rapikan agar pakaian dapat berdiri dengan tegak.

Cara Melipat Celana Ala KonMari

cara melipat baju agar hemat tempat

Letakkan celana jeans Anda dan lipat bagian kanan ke kiri untuk membentuk persegi panjang. Jika pada bagian belakang celana agak keluar, maka dapat Anda lipat kedalam bagian tersebut untuk membentuk persegi panjang yang rapi.

Setelah itu, lipat celana menjadi dua memanjang. Lipat kembali bagian kaki ke atas namun sisakan sedikit di bagian atas. Lipat kembali menuju ke arah dalam dan letakkan secara vertikal atau berdiri pada lemari Anda.

Cara Melipat Celana Dalam ala KonMari

cara melipat celana

Untuk melipat celana dalam, lipatlah dari bagian segitiga bawah menuju ke atas, kemudian lipat pula bagian kanan dan kiri ke arah dalam. Setelah itu, lipat ke atas hingga berbentuk pipih dan dapat ditata secara vertikal.

Baca Juga  Gergaji Jigsaw, Fungsi, Panduan Membeli dan Harga Terbaru 2024

Jika melipat celana pendek atau boxer, Anda dapat melipatnya menuju dalam ke bagian tengah, lalu lipat agar dapat diberdirikan tegak.

Cara Melipat Kaus Kaki ala KonMari

cara melipat kaus kaki

Untuk melipat kaus kaki, Anda dapat mulai melipat dengan meletakkan sepasang kaus kaki secara menumpuk. Kemudian bagian jari kaki dan lipat ke atas hingga menuju ujung kaus kaki. Lipat lagi kaus kaki ke bagian tengah hingga dapat ditata secara vertikal.

Untuk kaus kaki yang pendek, Anda bisa lebih mudah melipatnya yaitu dengan cara melipatnya menjadi dua.

Dengan menggunakan cara melipat baju agar hemat tempat dengan metode KonMari, dijamin lemari pakaianmu akan lebih hemat tempat dan pakaianmu juga dapat tertata dengan rapi.

Yuk coba ikuti cara melipat baju agar hemat tempat ala Marie Kondo. Pakaian jadi rapi dan bisa menghemat ruang di lemarimu.

Dapatkan berbagai produk lemari yang berkualitas tinggi dan juga kebutuhan rumah lainnya hanya di Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap untuk Anda. Belanja di Qhomemart lebih mudah melalui website maupun whatsapp kami.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini