Tips & Trick

3 Langkah Mudah Cara Memasang Keramik Dinding

Ubin keramik membuat bangunan tampak indah, dinding menjadi lebih tahan lama serta mudah untuk mengurus, hampir tidak ada celah untuk noda. cara memasang keramik dinding dapat anda lakukan guna mendapatkan keindahan pada lantai.

normalnya, keramik memang digunakan untuk lantai, namun juga tidak menutup kemungkinan keramik dipasang pada dinding. hasilnya, tembok menjadi lebih kaya akan warna serta keindahan dari motif keramik dapat di aplikasikan. tentu, hal ini dapat menjadi opsional selain menghias dinding dengan cat berwarna.

Cara Memasang Keramik Dinding Dari Awal

seperti anda ketahui bahwa keramik memiliki beberapa ukuran dengan bentuk persegi. keramik datang dalam berbagai warna yang dapat ‘mengikat’ dengan jenis dekorasi apapun. keramik juga memiliki bebeberapa kelebihan yang di aplikasikan pada dinding seperti mudah dibersihkan, rendah porositas, daya tahan kuat pada warna dan tentu tidak menguras kantong.

sebagai langkah awal cara memasang keramik dinding, tentunya anda harus mempersiapkan jenis keramik yang ingin di pakai beserta ukuran dari keramik yang akan digunakan pada dinding. pemilihan keramik dapat mengacu pada warna dominan dari dinding yang akan diaplikasikan ataupun anda juga bisa mengkombinasikan pewarnaan sesuai dengan selera.

Persiapkan Komponen Pendukung

cara memasang keramik dinding

peralatan dan komponen pendukung tak boleh luput untuk anda persiapkan. peralatan pendukung serta komponen dapat meliputi semen, palu, paku beton, meteran, pensil, penggaris serta berbagai komponen pendukung sesuai dengan kebutuhan anda. mempersiapkan komponen ini akan membantu dalam proses pengaplikasian dinding yang anda lakukan.

Baca Juga  Takut Kepleset? Ini Tips Memilih Ubin Kamar Mandi yang Aman

Persiapkan Dinding

persiapan dinding dapat anda lakukan seperti memastikan permukaan dinding sudah bersih. tidak hanya itu, dinding juga harus memiliki permukaan yang rata, hal ini amat berpengaruh untuk pemasangan keramik pada dinding agar dapat sejajar ketika di aplikasikan. jika dinding masih belum rata, anda bisa semen dinding tersebut terlebih dahulu hingga permukaan merata.

Aplikasikan Keramik

cara memasang keramik dinding qhomemart 3
via unsplash

setelah dinding siap, cara memasang keramik dinding selanjutnya adalah anda bisa langsung pasang keramik tersebut pada dinding. namun, anda perlu mengetahui langkah – langkah pemasangan supaya keramik dapat terpasang pada dinding dengan benar.

pasang benang ke permukaan dinding. hal ini digunakan untuk mensejajarkan posisi keramik ketika diaplikasikan. garis benang dapat digunakan sebagai penggaris, hal ini menghasilkan pemasangan keramik yang rapi serta sejajar.persiapkan jumlah keramik yang akan diaplikasikan, anda dapat mengukur total ukuran dinding kemudian dibagi dengan panjang keramik, baru akan didapat berapa keramik yang dibutuhkan.

seperti misal jika panjang dinding adalah 2 meter sedangkan keramik berukuran 40 cm. anda dapat hitung seperti ini, 2 meter = 200 cm. berarti 200 cm : 40 cm adalah 5. didapatkan hasil untuk panjang dinding ukuran 200 cm dibutuhkan 5 keramik berukuran 40 cm. perlu diingat, ini hanya panjang, lebar dapat anda hitung menggunakan perhitungan ini.

pemasangan keramik dapat anda lakukan mulai dari tengah, sehingga cari bagian tengah dan tandai bagian tersebut agar tidak lupa. cara memasang keramik dinding selanjutnya yakni ukur tinggi dinding sampai ke bagian atas, ini berguna menentukan batas pasangan keramik dinding pada bagian atas dengan catatan anda mengaplikasikan keramik secara keseluruhan. namun, jika anda mengaplikasikan keramik dinding dengan besaran setengah dari tinggi dingin, anda tidak perlu mengukur hingga dinding bagian atas.

Baca Juga  Cara Menggunakan Lem Granit, Terpasang Sempurna!

kemudian, barulah pemasangan keramik bisa dilakukan. memasang keramik mulai dari bawah merupakan cara yang termudah, anda bisa melakukan pemasangan mengikuti pola garis yang sudah dibentuk. anda bisa merendam keramik selama beberapa jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. dengan perendaman yang dilakukan, daya rekat yang dihasilkan dapat maksimal dengan adonan yang menempel pada bagian bawah keramik secara sempurna.

setelah semen sudah disiapkan, anda bisa mulai mengambil keramik untuk dipasang. perlu diingat bahwa pengeringan tidak boleh dilakukan dibawah sinar matahari karena akan sia – sia. anda bisa mengeringkan dengan cara diangin – anginkan saja. cara memasang keramik dinding berikutnya yakni ambil keramik dan tempelkan pada dinding menggunakan semen yang sudah dipersiapkan. anda bisa membuat bolongan – bolongan kecil pada dinding. bolongan ini berfungsi sebagai penempatan semen untuk menempel dinding. lakukan langkah ini secara berurutan hingga selesai.

setelah beberapa hari setelah pemasangan keramik, anda dapat mengisi nat menggunakan grout. berikut cara memasang keramik dinding yang bisa anda lakukan sendiri. Beragam jenis dan motif pada keramik dapat anda pilih sesuai dengan gaya yang anda inginkan.

belanja berbagai kebutuhan bangunan lebih mudah melalui www.Qhomemart.com maupun via whatsapp kami. segera belanja sekarang. cek harga keramik dinding disini.

Contact Us:
Cust. Service:
0274 493 2288
0878 3737 8889

Teleshopping:
08112834216
08112834217
08112834218
08112834219
Email: publicrelation@qhomemart.com.
Jl. Raya Janti Ringroad Timur No 96, Yogyakarta.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini