Begini Cara Memasang Saklar Lampu

Lampu dalam sebuah bangunan yang dapat digunakan secara normal tentu tidak terlepas dari peran dan cara memasang saklar lampu yang baik. Pemasangan saklar ini berguna ketika ingin mematikan maupun menghidupkan lampu bisa dilakukan dengan lebih simple.

Saklar lampu juga berfungsi agar penghuni tidak bersentuhan langsung dengan listrik, mengingat bahaya listrik jika terkena oleh tubuh manusia. Penting untuk anda ketahui agar anda bisa melakukan pemasangan dengan benar, dan tak perlu sampai memanggil tukang hanya untuk pemasangan saklar pada lampu.

Perhatikan Faktor Keselamatan

cara memasang saklar lampu qhomemart 2
perhatikan keselamatan

Semua yang berhubungan listrik tentu harus dilakukan dengan hati – hati demi keselamatan, termasuk cara memasang saklar lampu. Apabila tidak diperhatikan dengan baik, maka dapat terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti misalnya tersengat arus listrik maupun berbagai hal lain. anda bisa memperhatikan kondisi – kondisi berikut guna keselamatan

  • Pastikan tegangan dalam rumah maupun bangunan lain sudah dalam keadaan mati total. Hal ini penting saat proses pemasangan agar tidak tersengat aliran listrik ketika sedang dalam proses pengerjaan
  • pastikan semua bagian tubuh anda termasuk alat – alat yang anda gunakan dalam keadaan kering. Jika ada yang dalam keadaan basah, keringkan dulu menggunakan lap atau jika diperlukan jemur dalam sinaran matahari yang terik guna menghasilkan kering yang total. Air sebagai pengantar listrik yang baik tentu sangat berbahaya dalam proses pemasangan ini.
  • hal yang tidak kalah penting, pastikan alat – alat penunjang berfungsi dengan baik. Seperti obeng tester yang digunakan mengetes aliran listrik serta peralatan sejenis lainnya. Ini berguna agar tidak terjadi permasalahan saat proses pemasangan dilakukan
  • hal lain yang perlu diketahui adalah anda harus selalu waspada terhadap apapun yang dilakukan. Focus dalam proses pemasangan terlebih saat masuk bagian testing. Dengan tingkat waspada serta focus yang anda lakukan, akan meminimalisir hal – hal buruk yang terjadi.
Baca Juga  Tips Memilih Keramik Dapur Agar Lebih Cantik

Bagaimana Cara Memasang Saklar Lampu?

cara memasang saklar lampu qhomemart 3

Sepintas mungkin memasang saklar lampu merupakan hal yang mudah, namun beberapa bagian perlu anda ketahui guna dapat memasang pemasangan dengan benar. Bisa saja pemasangan yang salah malah menimbulkan konslet, yang tadinya aliran listrik dalam bangunan normal malah menjadi konslet seluruh bagian. Lalu bagaimana caranya?

  • Yang pertama, tentu anda siapkan dahulu apa saja yang dibutuhkan. Umumnya anda memerlukan box saklar, kabel, lampu serta pipa pelindung kabel jika diperlukan. Alat penunjang yakni obeng tester maupun solasi untuk penyambungan kabel yang ada.
  • sebelum memulai, pastikan dulu aliran listrik dalam sebuah bangunan sudah mati total. Aliran listrik dapat dihidupkan ketika sudah terpasang seluruhnya atau untuk testing apakah lampu menyala dengan baik. Ketika sudah mati total, barulah anda mulai pemasangan saklar.
  • kemudian, pasang satu kabel ke fitting lampu. Ini digunakan sebagai lintasan listrik yang akan dialirkan menuju lampu. Pastikan juga ada kabel yang menyambung pada sumber listrik PLN yang ada. Jadi ada lintasan dari sumber listrik PLN ke lampu yang akan dipasang.
  • setelah itu, langkah cara memasang saklar lampu selanjutnya adalah pasang satu kabel ke saklar, ini berfungsi sebagai pemantik ketika ingin menyalakan maupun mematikan lampu. Dalam saklar terdapat inputan dan outputan untuk kabel yang terdapat di dalamnya. Pastikan pasang kabel tersebut dengan benar.
  • kemudian pasang kabel saklar tadi ke kabel sumber aliran listrik PLN Dan satunya pasang kabel fiiting lampu ke kabel PLN juga. Anda dapat menyambungkan kabel – kabel ini dengan cara melilitkan kabel menggunakan obeng. Untuk hasil yang kokoh, gunakan lakban untuk sebagai perekat agar kabel lilitan tadi tidak terlepas.
Baca Juga  Tips dan Trik Mengecat Dinding Rumah Sendiri Tanpa Tukang

Dan setelah itu, aliran listrik dapat diatur melalui saklar apakah itu disambungkan ataupun diputuskan. Berikut tadi adalah cara memasang saklar lampu  dan lampu dapat anda segera gunakan. Tidak hanya itu, bagi anda yang mencari saklar lampu, anda dapat membeli di qhomemart,

Temukanberbagai pilihan produk saklar lampu  maupun perkakas listrik pilihan yang berkualitas hanya di Qhomemart. Berbelanja dengan mudah juga bisa anda lakukan melalui website kami www.qhomemart.com atau whatsapp kami.

Contact Us:
Cust. Service:
0274 493 2288
0878 3737 8889

Teleshopping
08112834216
08112834217
08112834218
08112834219

Email: publicrelation@qhomemart.com.
Jl. Raya Janti Ringroad Timur No 96, Yogyakarta


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini