Cara Membersihkan AC di Rumah

Musim panas sudah mulai terasa. Suhu menjadi panas dan curah hujan juga berkurang. Untuk menyiasati hawa panas, tentunya kita membutuhkan AC terutama di siang hari. Jangan salah, kita juga perlu loh membersihkan AC secara rutin. Simak tips cara membersihkan AC di rumah berikut ini.

Pentingnya Membersihkan AC secara rutin

AC adalah salah satu benda yang paling diminati di musim panas. Terutama jika Anda tinggal di perkotaan dan di tempat panas. Seiring berjalannya waktu dan lamanya penggunaan, AC dapat menjadi kotor. Bakteri dan virus dapat bersarang di AC Anda. Udara yang dihasilkan oleh AC yang kotor pun menjadi tidak sehat dan berbahaya bagi tubuh Anda.

Debu yang menempel di filter AC dan menumpuk juga dapat membuat AC tidak bekerja secara maksimal. AC bisa menjadi kurang dingin dan dapat meningkatkan daya listrik yang terpakai. Untuk menjaga AC agar tetap bersih, sebaiknya filter AC dibersihkan sebulan sekali. Namun Anda juga bisa membersihkan sebelum waktunya jika merasa filter sudah kotor dalam waktu kurang dari sebulan.

Inilah cara membersihkan AC di rumah

Matikan AC Anda

Pastikan AC dalam keadaan mati dan tidak tersambung dengan sumber listrik. Hal ini sangat penting karena air pada AC dapat membahayakan Anda jika masih tersambung ke listrik. Agar lebih aman, Anda juga dapat menutup bagian saklar dengan lakban untuk mencegah tetesan air masuk ke lubang saklar.

Baca Juga  5 Kelebihan Rangka Baja Ringan Dibandingkan Menggunakan Rangka Kayu

Mulai dari cover AC

Membuka Cover AC

Setelah memastikan AC tidak tersambung dengan sumber listrik, mulailah pembersihan pada bagian cover. Anda bisa menggunakan kemoceng, lap kering, atau vacuum cleaner untuk membersihkan permukaan cover AC.

Untuk membersihkan debu yang masih menempel dan sulit dibersihkan, gunakanlah lap yang lembab. Jangan terlalu basah agar ruangan tidak menjadi becek. Setelah itu keringkan dengan lap kering agar tidak meninggalkan bekas noda.

Bersihkan bagian filter AC

membersihkan filter ac
picture by pinterest


Bersihkan debu di bagian filter AC dengan penyedot debu dan kuas. Kuas berguna untuk menjangkau sela-sela kecil agar debu lebih mudah untuk dibersihkan. Setelah itu Anda dapat mencucinya dengan air mengalir.

Jika filter AC sangat kotor dan perlu dicuci, anda bisa gunakan sabun pencuci piring dan bilas hingga bersih. Jangan lupa keringkan filter AC sebelum digunakan. Pastikan filter AC dalam kondisi kering sebelum dipasang.

Bersihkan bagian evaporator

cara membersihkan ac menyemprot evaporator

Bagian evaporator cukup besar dalam bagian AC. Sebelum membersihkan bagian evaporator, tutupi bagian dinding dan lantai dekat AC. Hal ini dikarenakan dalam proses pembersihannya akan ada air kotor yang menetes. Agar air kotor tidak mengotori dinding dan lantai, pastikan area tersebut sudah tertutup. Jika perlu, Anda juga dapat menyediakan ember untuk menampung tetesan air kotor.

Bersihkan bagian evaporator dengan cairan khusus pembersih AC. Semprotkan cairan pembersih ke bilah AC. Selalu berhati-hati dalam proses pembersihan ini karena evaporator menempel ke bagian AC sehingga cukup riskan. Pastikan menyemprot cairan pembersih dengan hati-hati agar tidak terkena dan merusak komponen lain.

Baca Juga  Cara Memperbaiki AC Tidak Dingin

Jika Anda kesulitan dan khawatir membersihkan AC sendiri, Anda bisa menggunakan Jasa Bersih AC Jogja

Anda dapat menemukan berbagai macam AC berkualitas sesuai dengan kebutuhan Anda di Qhomemart. Kami juga menyediakan jasa pemasangan AC Jogja dan Jasa Service AC Jogja hanya di Qhome Service Center.

Klik Qhomemart.com untuk belanja kebutuhan rumah Anda. Belanja lebih mudah, masalah rumah teratasi.

Hubungi kami

WA: 0821-3322-8989
0812-6972-3785


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini