Cara Membersihkan Kompor Tanam dengan Praktis

Selama bulan Ramadan Anda tentunya sering memasak hidangan untuk buka dan juga sahur. Saat memasak, tentunya cipratan kuah masakan tak terhindarkan. Apalagi jika kuah masakan mengandung minyak yang dapat membuat kotor kompor Anda. Sebaiknya bersihkan kompor Anda secara rutin agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri. Tapiā€¦ bagaimana ya cara membersihkan kompor tanam yang kotor?

Jangan jangan salah cara membersihkannya bisa jadi merusak kompor atau membahayakan Anda? Membersihkan kompor tanam mudah lho. Yuk simak tips cara membersihkan kompor tanam berikut ini.

Langkah awal cara membersihkan kompor tanam

Pastikan api sudah mati dan kompor dalam keadaan dingin, lepaskan regulator atau stop kontak jika kompor tanam Anda adalah kompor listrik.

Angkat tungku dan pisahkan burner. Rendam tungku dengan air panas selama 10-15 menit. Merendam tungku di air panas dapat menghilangkan noda dan lemak yang menempel pada tungku.

Bersihkan tungku dengan spons dan sikat bila terdapat noda lemak yang masih menempel. Setelah itu, keringkan tungku.

Cara membersihkan kompor tanam bagian kaca

Untuk membersihkan lapisan kaca atau tempered glass pada kompor tanam cukup mudah namun agak riskan. Gunakanlah kain halus yang sudah dibasahi dengan air dan gosok perlahan. Membersihkan lapisan kaca ini tidak perlu menggunakan cairan pembersih dengan bahan kimia karena dapat merusak lapisan kaca. Keringkan sampai benar-benar kering.

Baca Juga  Cara Membersihkan Dapur dengan Maksimal

Bersihkan bagian stainless pada kompor tanam

Jika kompor tanam yang Anda miliki di rumah menggunakan bahan stainless, bersihkan dengan cairan pembersih yang mengandung anti karat. Anda juga bisa menggunakan serbuk khusus stainless agar tidak merusak permukaan kompor. Gosok perlahan hingga bersih, dan lap dengan menggunakan kain bersih yang halus dan lembut.

Cara membersihkan kompor tanam bagian burner

Inti kompor sangat penting. Bersihkan dengan hati-hati agar tidak ada debu yang menyumbat inti kompor dan menghambat api yang keluar. Sikat bagian permukaan burner dengan sikat gigi yang kering. Untuk membersihkan lubang burner, gunakan kawat atau peniti jika terdapat debu yang menyumbat. Pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal, ya

Pasang semua komponen

Setelah proses pembersihkan selesai, pastikan setiap komponen dalam keadaan kering. Pasang kembali tungku pada kompor. Pasang pula selang regulator beserta regulatornya ke kompor apabila kompor tanam Anda menggunakan gas.

Setelah bersih, kompor kembali siap digunakan.

Mencari Kompor Tanam

Jika Anda belum menggunakan kompor tanam dan ingin mengganti kompor Anda ke kompor tanam, sekarang waktunya. Kompor tanam cocok untuk anda yang ingin memiliki dapur minimalis. Desainnya yang elegan dapat mempercantik rumah Anda. Dilengkapi dengan alat pendeteksi kebocoran gas sehingga lebih aman untuk digunakan.

Anda bisa temukan berbagai jenis kompor tanam hanya di Qhomemart. Tempat belanja kebutuhan rumah yang lengkap dan terpercaya.

Baca Juga  Berkebun di Rumah, Tanam Sayur Sendiri

Harga Kompor Tanam Jogja

Jika Anda berminat membeli kompor tanam, tentu Anda perlu menyesuaikan dengan budget Anda. Kompor tanam terdiri dari beberapa jenis. Ada kompor tanam menggunakan listrik, ada pula yang menggunakan gas. Kompor tanam juga memiliki jumlah tungku yang berbeda tiap jenisnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Harga kompor tanam variatif, sesuai dengan model dan jenisnya. Anda bisa mendapatkan kompor berkualitas dengan harga terbaik hanya di Qhomemart.

Jika kompor Anda rusak, jangan khawatir. Qhomeservice siap membantu memperbaiki kompor tanam Anda.

Belanja aneka kompor dan kebutuhan rumah lebih mudah melalui website kami atau hubungi kami via whatsapp.

Contact Us:
Cust. Service:
0274 493 2288
0878 3737 8889

Telemarketing
08112834216
08112834218

Email: publicrelation@qhomemart.com.
Jl. Raya Janti Ringroad Timur No 96, Yogyakarta.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini