Cara Membersihkan Mesin Cuci dengan Maksimal

Cara membersihkan mesin cuci — Setiap hari Anda mencuci dengan mesin cuci. Namun pernahkah Anda terpikirkan untuk membersihkan mesin cuci Anda? Tentunya membersihkan mesin cuci sangatlah penting karena tentunya mesin cuci Anda juga dapat kotor dan menjadi sarang bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Anda perlu mengetahui cara membersihkan mesin cuci yang tepat agar mesin cuci Anda lebih awet dan tidak cepat rusak. Namun, sebelum Anda mengetahui cara membersihkan mesin cuci dengan maksimal, yuk kenali jenis-jenis mesin cuci yang ada.

Jenis-jenis Mesin Cuci

Mesin cuci memiliki berbagai jenis, mulai dari mesin cuci satu tabung, mesin cuci dua tabung, dan juga mesin cuci bukaan depan. Jenis-jenis mesin cuci ini memiliki range harga yang berbeda-beda dengan perbedaan sistem pencucian pula. Yuk kenali jenis-jenis mesin cuci selengkapnya!

Mesin Cuci 2 Tabung

cara membersihkan mesin cuci
source: costway.com

Mesin cuci dua tabung, seperti namanya, adalah jenis mesin cuci yang memiliki dua tabung dengan fungsi yang berbeda. Tabung pertama digunakan untuk mencuci dan membilas pakaian sedangkan tabung kedua pada mesin cuci tersebut digunakan untuk mengeringkan pakaian yang telah selesai dicuci.

Mesin cuci dua tabung memiliki beberapa kelebihan. Harga mesin cuci dua tabung relatif lebih terjangkau jika dibandingkan dengan jenis mesin cuci yang lain. Selain itu, mesin cuci dua tabung relatif lebih hemat listrik karena pemakaian listrik pun lebih sedikit. Mesin cuci jenis ini didesain khusus agar ekonomis.

Baca Juga  Cara Mengatasi Masalah Klasik Pada Material Kayu

Namun, mesin cuci dua tabung pun memiliki beberapa kekurangan. Mesin cuci dua tabung dinilai kurang praktis karena Anda perlu memindahkan secara manual pakaian yang telah dicuci ke dalam mesin pengering. Selain itu tingkat kekeringan dari pengering mesin cuci ini hanya mencapai 70% karena tabung berputar secara vertikal sehingga air tidak bisa turun secara keseluruhan.

Mesin cuci dua tabung membutuhkan air yang cukup banyak. Mesin cuci dua tabung dapat rusak dan macet jika mesin cuci tersebut kekurangan air.

Mesin Cuci 1 Tabung

cara membersihkan mesin cuci
source: cleanmama.com

Mesin cuci satu tabung adalah mesin cuci yang hanya menggunakan satu tabung untuk proses pencucian mulai dari mencuci hingga mengeringkan pakaian. Tentunya menggunakan mesin cuci satu tabung akan terasa lebih praktis jika dibandingkan dengan mesin cuci dua tabung.

Selain penggunaannya yang praktis, kelebihan mesin cuci satu tabung adalah memakan daya listrik yang cukup rendah. Untuk itu Anda bisa menghemat listrik sekaligus mencuci pakaian tanpa perlu ribet memindahkan pakaian yang telah dicuci ke mesin pengering. Sayangnya, mesin cuci ini relatif mahal namun hanya memiliki tingkat kekeringan hingga 70% dan cukup boros air.

Mesin Cuci Bukaan Depan

cara membersihkan mesin cuci
source: scitechdaily.com

Mesin cuci bukaan depan memiliki tabung yang didesain secara horizontal dengan arah putaran vertikal. Mesin cuci bukaan depan hanya memiliki 1 tabung yang berfungsi sama dengan mesin cuci satu tabung.

Mesin cuci bukaan depan relatif lebih efektif untuk mencuci pakaian Anda dibandingkan dengan dua jenis mesin cuci yang lain. Jika menggunakan mesin cuci bukaan depan akan meminimalisir kerusakan pada bahan atau pakaian karena putaran yang dilakukan oleh mesin ini adalah putaran secara vertikal.

Baca Juga  5 Desain Dapur Idaman Supaya Memasak Lebih Menyenangkan

Selain itu, mesin cuci bukaan depan pun praktis karena proses pencucian dan pengeringannya dikerjakan secara otomatis.

Mesin cuci bukaan depan dapat mengeringkan pakaian Anda hingga mencapai 90% sehingga waktu menjemur pakaian Anda menjadi lebih sedikit. Jumlah air yang dibutuhkan oleh mesin cuci bukaan depan pun relatif lebih sedikit dibanding jenis mesin cuci lain.

Akan tetapi, mesin cuci bukaan depan pun memiliki beberapa kekurangan. Harga mesin cuci bukaan depan relatif lebih mahal dibanding mesin cuci jenis lain karena memiliki teknologi yang canggih. Selain itu mesin cuci jenis ini juga membutuhkan daya listrik yang cukup besar dan membutuhkan detergen khusus untuk mencuci pakaian Anda.

Bagaimana, apakah Anda sudah menentukan ingin membeli mesin cuci yang mana?

Jangan lupa, jika Anda telah memiliki mesin cuci, anda wajib tahu cara membersihkan mesin cuci dengan maksimal.

Cara Membersihkan Mesin Cuci

Anda perlu mengetahui cara membersihkan mesin cuci yang tepat agar mesin cuci di rumah Anda lebih awet dan bersih dari kuman maupun bakteri yang dapat menyebabkan penyakiit. Sebenarnya bagaimana sih cara merawat dan membersihkan mesin cuci?

Pastikan Tidak Ada Sisa Detergen Tertinggal

Sebagai perawatan, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada sisa detergen yang tertinggal di mesin cuci. Sisa deterjen yang menumpuk tersebut dapat menyebabkan kerak dan juga membuat mesin cuci berkarat. Untuk itu, jangan lupa memastikan tidak ada sisa deterjen yang tertinggal di mesin cuci, ya!

Bersihkan Beberapa Bagian Mesin dengan Rutin

Cara membersihkan mesin cuci dengan maksimal adalah rutin membersihkan bagian-bagian mesin. Anda perlu membersihkan bagian laci detergen secara rutin. Biasanya terdapat kotoran-kotoran yang menempel, sehingga perlu menyikatnya dengan sikat gigi. Setelah selesai jangan lupa membilas laci deterjen ya agar kotoran hilang.

Baca Juga  Desain Dapur Outdoor untuk Rumah Minimalis

Bersihkan pula bagian ventilasi pada pengering. Ventilasi pada pengering rawan tersumbat, oleh karena itu pastikan Anda selalu membersihkan ventilasi secara rutin sehingga mencegah penyumbatan pada area ventilasi mesin cuci.

Cara membersihkan mesin cuci selanjutnya adalah dengan membersihkan kantung filter. Kantung filter pada mesin cuci berisi kotoran-kotoran yang tersaring dari pakaian Anda. Bersihkan kantung filter di air mengalir untuk membuat kotoran di dalamnya keluar dan filter menjadi bersih.

Cara membersihkan mesin cuci bagian luar adalah dengan mengelapnya menggunakan lap yang dibasahi oleh air panas. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengangkat kotoran pada bagian permukaan mesin cuci.

Jangan lupa untuk melakukan pembersihan secara keseluruhan dalam jangka waktu tertentu. Misal, Anda dapat melakukan pembersihan mesin cuci secara keseluruhan setiap sebulan sekali untuk dapat membersihkan mesin cuci dengan maksimal.

Tentunya cara membersihkan mesin cuci ini dapat membantu Anda untuk merawat mesin cuci agar tetap bersih dan awet.

Ingin membeli mesin cuci baru karena mesin cuci yang Anda miliki telah rusak? Dapatkan mesin cuci dengan kualitas terbaik dengan berbelanja di Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini