Cara Membersihkan Panci Gosong Agar Tampak Baru Lagi

alat masak panci merupakan alat yang umum digunakan dalam rumah tangga khususnya bagi para ibu. cara membersihkan panci gosong amat perlu untuk diketahui, pasalnya panci hampir digunakan untuk proses kegiatan memasak.

penggunaan panci yang intens dapat menimbulkan efek dari pemakaian yakni yang sering kali dijumpai adalah bagian tertentu yang gosong. bagian gosong ditandai dengan ciri pada bagian tertentu berwarna hitam. warna yang dihasilkan tentu juga dapat membuat wajan tak sedap untuk dipandang. selain itu,

bukan tanpa sebab, hal ini dapat terjadi karena alat panci dipakai terlalu lama dalam memasak. yang sering kejadian ialah ketika dalam proses memasak ditinggal untuk melakukan aktivitas lain yang tanpa sadar terlalu lama dibiarkan, sehingga api pada kompor mengenai bagian panci dengan waktu yang relative lama sehingga efek gosong akan timbul.

jika sudah begini, cara membersihkan panci gosong sangat perlu untuk diketahui. hal ini dapat membantu permasalahan panci agar dapat menghilangkan gosong, panci pun dapat terlihat seperti baru kembali. bahan – bahan yang digunakan amat mudah untuk ditemui didalam rumah. kira – kira apa saja? simak dibawah ini bahan – bahan yang bisa anda digunakan.

Penggunaan Garam

cara membersihkan panci gosong selanjutnya yakni menggunakan garam. tahukan anda? garam bukan saja digunakan untuk mengasinkan makanan, namun juga dapat digunakan untuk membersihkan bagian gosong pada bagian panci tertentu.

Baca Juga  Cara Membersihkan Cooker Hood Dengan Sedehana

penggunaanya cukup mudah, yakni dengan merendam panci ke dalam air garam yang panas. diamkan selama beberapa jam untuk membiarkan kandungan garam bereaksi. setelah itu, angkat dan lap dengan air bersih bagian yang gosong pada panci.

Penggunaan Baking Soda

cara lain, penggunaan baking soda dapat dimanfaatkan untuk cara membersihkan panci gosong. yang bisa dilakukan pertama kali yakni membuat gumpalan pasta menggunakan baking soda. baking soda yang digunakan dengan mencampur air hangat, sedikit saja. kemudian, gunakan sikat untuk membersihkan pada area gosong tersebut.

kandungan dalam baking soda dapat membantu proses pembersihan gosong pada bagian panci. segera setelah selesai menyikat, bilas dengan air hangat untuk menghilangkan bagian kosong secara menyeluruh. sangat mudah bukan.

Penggunaan Cuka

cuka merupakan bahan pertama yang bisa digunakan sebagai cara membersihkan panci gosong . bahan cuka mudah untuk ditemui dalam dapur, hal ini dapat menjadi pertolongan pertama ketika menemui panci gosong. cuka memiliki kandungan asam asetat didalamnya, nah kandungan ini memiliki kelebihan untuk menghilangkan bagian panci yang gosong.

caranya dengan menuangkan cuka serta beri sedikit air ke bagian panci yang telah dipanaskan sebelumnya, tunggu sebentar agar kandungan asam asetat meresapi pada bagian gosong. kemudian usapkan dengan lap bersih ataupun pemakaian spoons. anda juga bisa menggunakan benda seperti kayu kecil untuk mengangkat bagian gosong.

Baca Juga  Cara Pemasangan Closet Duduk

Penggunaan Jeruk Nipis

jika biasanya jeruk nipis digunakan untuk pembuatan minuman, anda bisa juga memanfaatkan ini untuk membersihkan kerak gosong pada wajan. dengan bahan jeruk nipis yang cukup mudah ditemui, tentunya hal ini dapat digunakan sebagai alternatif permbersihan wajan yang gosong.

penggunaannya dengan memanaskan air terlebih dahulu yang ditempatkan dalam wadah, setelah itu wajan direndam dalam wadah tersebut. tambahkan sabun pencuci piring ditambah jeruk nipis ke dalam rendaman, tunggu hingga semalaman baru gosok sampai bersih.

beberapa cara diatas dapat diterapkan untuk solusi cara membersihkan panci gosong. membiarkan wajan gosong tentu dapat membuat alat masak panci wajan tidak enak untuk dipandang bukan? dengan bahan yang mudah didapat serta cara pembersihan yang simple, anda bisa mulai melakukan pembersihan segera.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini