Tips & Trick

4 Cara Membersihkan Panci Gosong, Terlihat Baru Lagi!

Cara membersihkan panci gosong bisa dilakukan pakai bahan simpel seperti garam, baking soda, cuka hingga jeruk nipis. Simak caranya berikut ini.

Membersihkan panci gosong yang efektif amat perlu untuk diketahui, pasalnya panci hampir digunakan untuk proses kegiatan memasak.

Alat masak panci merupakan alat yang umum digunakan dalam rumah tangga khususnya bagi para ibu

Penggunaan panci yang intens dapat menimbulkan efek dari pemakaian, yakni yang sering kali dijumpai adalah bagian tertentu yang gosong. Bagian gosong ditandai dengan ciri pada bagian tertentu berwarna hitam.

Warna yang dihasilkan tentu juga dapat membuat wajan tak sedap untuk dipandang.

Jika sudah begini, cara membersihkan panci gosong sangat perlu untuk diketahui untuk menghilangkan gosong, panci pun dapat terlihat seperti baru kembali. Bahan-bahan yang digunakan amat mudah untuk ditemui di dalam rumah. Kira – kira apa saja? simak di bawah ini bahan – bahan yang bisa anda digunakan.

Penggunaan Garam

garam untuk menghilangkan bagian gosong panci
Foto: garam untuk menghilangkan bagian gosong panci

Cara membersihkan panci gosong selanjutnya yakni menggunakan garam. Tahukan anda? Garam bukan saja digunakan untuk mengasinkan makanan, namun juga dapat digunakan untuk membersihkan bagian gosong pada bagian panci tertentu.

Penggunaanya cukup mudah, yakni dengan merendam panci ke dalam air garam yang panas. Diamkan selama beberapa jam untuk membiarkan kandungan garam bereaksi. Setelah itu, angkat dan lap dengan air bersih bagian yang gosong pada panci.

Baca Juga  Memilih Panci Serbaguna Terbaik Untuk Memasak

Penggunaan Baking Soda

gunakan baking soda untuk panci yang gosong
Foto: gunakan baking soda untuk panci yang gosong

Cara lain, penggunaan baking soda dapat dimanfaatkan untuk cara membersihkan panci gosongYang bisa dilakukan pertama kali yakni membuat gumpalan pasta menggunakan baking soda.

Baking soda yang digunakan dengan mencampur air hangat, sedikit saja. kemudian, gunakan sikat untuk membersihkan pada area gosong tersebut.

Kandungan dalam baking soda dapat membantu proses pembersihan gosong pada bagian panci.Segera setelah selesai menyikat, bilas dengan air hangat untuk menghilangkan bagian kosong secara menyeluruh. sangat mudah bukan.

Penggunaan Cuka

cuka sangat baik menghilangkan gosong panci
Foto: cuka sangat baik menghilangkan gosong panci

Cuka merupakan bahan pertama yang bisa digunakan sebagai cara membersihkan panci gosong.

Cuka memiliki kandungan asam asetat di dalamnya, nah kandungan ini memiliki kelebihan untuk menghilangkan bagian panci yang gosong.

Caranya dengan menuangkan cuka serta beri sedikit air ke bagian panci yang telah dipanaskan sebelumnya, tunggu sebentar agar kandungan asam asetat meresapi pada bagian gosong.

Hal ini dapat menjadi pertolongan pertama ketika menemui panci gosong. Bahan cuka mudah untuk ditemui dalam dapur,

Kemudian usapkan dengan lap bersih ataupun pemakaian spoons. anda juga bisa menggunakan benda seperti kayu kecil untuk mengangkat bagian gosong.

Penggunaan Jeruk Nipis

cara membersihkan panci gosong qhomemart
Foto: panci yang bersih bikin memasak nyaman

Jika biasanya jeruk nipis digunakan untuk pembuatan minuman, anda bisa juga memanfaatkan ini untuk membersihkan kerak gosong pada wajan. Dengan bahan jeruk nipis yang cukup mudah ditemui, tentunya hal ini dapat digunakan sebagai alternatif pembersihan wajan yang gosong.

Baca Juga  Cara Membuat Pot Bunga Dari Barang Bekas

Penggunaannya dengan memanaskan air terlebih dahulu yang ditempatkan dalam wadah, setelah itu wajan direndam dalam wadah tersebut.

Tambahkan sabun pencuci piring ditambah jeruk nipis ke dalam rendaman, tunggu hingga semalaman baru gosok sampai bersih.

Beberapa cara di atas dapat diterapkan untuk solusi cara membersihkan panci gosongMembiarkan wajan gosong tentu dapat membuat alat masak panci wajan tidak enak untuk di pandang bukan? Dengan bahan yang mudah di dapat serta cara pembersihan yang simple, anda bisa mulai melakukan pembersihan segera.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini