Cara Membersihkan Tungku Kompor Gas dengan Maksimal

Cara Membersihkan Tungku Kompor Gas — Kompor gas adalah salah satu peralatan masak yang paling penting di dapur. Untuk itu, menjaga agar kompor tanam selalu bersih pun merupakan keharusan. Memasak dengan kompor yang bersih tentunya akan menghasilkan makanan yang lebih higienis juga bukan?

Saat proses memasak tentunya cipratan kuah ataupun minyak ke atas kompor tidak dapat kita hindari. Meskipun langsung dibersihkan, terkadang masih saja ada sisa noda membandel yang menempel di permukaan kompor.

Tahu nggak sih? Kotoran yang menempel pada tungku kompor gas ternyata juga dapat menyebabkan kompor menjadi cepat rusak dan kualitas api yang dihasilkan menurun lho. Jadi, sebaiknya bersihkan kompor secara rutin agar kompor Anda lebih awet dan bebas jamur atau karat.

Sebenarnya, bagaimana sih cara membersihkan tungku kompor gas dan juga cara membersihkan kompor secara keseluruhan? Yuk simak beberapa tips di bawah!

Cara Membersihkan Kompor Gas

cara membersihkan tungku kompor gas
source: boldsky.com

Cara Membersihkan Tungku Kompor Gas

Untuk membersihkan tungku kompor gas, sebaiknya hindari menggunakan air dan juga larutan sabun. Pasalnya, air dan larutan sabun dapat membuat tungku menjadi basah dan lembab. Keadaan tungku yang basah dan lembab dapat menyebabkan api tidak menyala dengan sempurna.

Baca Juga  Contoh Teras Rumah Minimalis, Mana Paling Tepat Untuk Anda?

Jika kompor tidak menyala, tentu akan menyulitkan proses Anda memasak untuk keluarga. Untuk itu, sebaiknya Anda perlu tahu cara memperbaiki kompor gas yang tidak menyala. Namun, jangan lupa untuk membersihkan kompor gas Anda secara rutin terutama di bagian tungku ya.

Gunakan Krim Khusus

Cara membersihkan tungku kompor gas adalah dengan menggunakan krim khusus. Oleskan krim pembersih khusus tersebut pada bagian tungku kompor gas. Setelah dioles secara merata, diamkan selama beberapa menit agar krim bekerja dengan maksimal. Fungsi krim adalah untuk meluruhkan lemak dan noda membandel yang ada pada tungku.

Gunakan Sikat untuk Area Sulit Terjangkau

cara membersihkan tungku kompor gas
source: aliexpress

Setelah itu Anda bisa menggosok atau mengelap area tungku yang telah diberi krim dengan kain. Jika terdapat noda membandel dan bagian yang sulit dijangkau, gunakanlah sikat gigi bekas untuk menyikat area tersebut. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dasar tungku dari ampas bekas memasak.

Cara Membersihkan Tungku Kompor Gas dengan Bahan Alami

Jika Anda tidak ingin menggunakan cairan khusus untuk pembersih dapur karena menggunakan bahan kimia, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan bahan alami. Menggunakan campuran air dan soda kue ternyata ampuh untuk membersihkan tungku kompor Anda lho!

Anda juga dapat menggunakan cuka untuk membersihkan area kompor yang lain. Setelah kompor dingin, lepaskan tatakan tungku kompor, tutup burner, dan kepala burner. Letakkan komponen-komponen tersebut ke dalam panci yang berisi campuran air dengan cuka. Setelah itu rendam selama 30 menit dan bilas di air mengalir.

Baca Juga  Jangan Tunggu Rusak! Ini Cara Merawat dan Membersihkan Kompor Gas dengan Mudah

Gunakan Larutan Air dengan Soda Kue

source: creeklinehouse.com

Air dan soda kue dapat dijadikan sebagai pasta pembersih tungku kompor gas Anda lho. Cara kerjanya sama dengan menggunakan krim pembersih khusus dapur. Anda cukup mencampurkan air dengan soda kue hingga membentuk seperti pasta, kemudian lapisi tungku kompor gas dengan menggunakan larutan tersebut. Diamkan selama 15 hingga 30 menit.

Setelah itu, bersihkan dengan lap atau pun sikat pembersih agar noda membandel yang menempel pada tungku kompor gas Anda dapat terangkat dengan benar. Setelah itu bilas dan keringkan tutup burner hingga benar-benar kering sebelum Anda mulai menggunakannya kembali.

Tentunya menggunakan air dan soda kue dapat lebih ramah lingkungan dan menghemat biaya juga yaa. Setelah membaca cara membersihkan tungku kompor gas ini, sudah lebih paham bukan bagaimana cara membersihkan tungku kompor dengan maksimal agar benar-benar bersih? Yuk bersihkan kompor Anda sekarang!

Anda tertarik untuk membeli kompor baru? Yuk berbelanja kompor dan berbagai kebutuhan rumah lainnya hanya di Qhomemart, pusat belanja terlengkap untuk Anda.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini