Cara Membuat Kolam Ikan Sederhana di Rumah

Cara membuat kolam ikan sederhana di rumah mungkin terlihat sulit padahal sebenarnya gampang lho! Adanya kolam ikan di rumah baik di halaman depan atau belakang dapat menambah suasana natural dan kesegaran di rumah. Anda bisa membuat kolam ikan sederhana di rumah untuk dekorasi dan memberikan nuansa natural di rumah.

Jangan lupa untuk melihat inspirasi kolam ikan sederhana dan buat kolam ikan yang sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan pula kolam yang Anda buat aman, anti bocor, dan dapat menjadi salah satu pojok rehat untuk menikmati nuansa alami di rumah Anda.

Cara membuat kolam ikan sederhana di rumah

Setelah melihat-lihat inspirasi desain kolam ikan yang Anda inginkan dan mengukur area yang ingin Anda buat kolam ikan, Anda dapat mulai membuat kolam ikan tersebut. Sebaiknya siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan dalam membuat kolam ikan di rumah sebelum mulai membuat kolam. Bahan-bahan yang Anda perlukan adalah sekop, cangkul, meteran, waterpass, batu bata, batu alam, semen, pasir, cat waterproof, kuas, ember, liner kolam untuk alas dasar kolam, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk menambahkan aksesoris dan dekorasi kolam yang Anda inginkan

Baca Juga  Tips Memilih Peralatan Kamar Mandi Modern

Setelah alat dan bahan siap, Anda dapat langsung membuat kolam ikan di rumah. Berikut langkah-langkah mudah cara membuat kolam ikan sederhana di rumah.

1. Menggali Kolam

cara membuat kolam ikan sederhana di rumah
source: pinterest

Pertama, buatlah desain kolam yang Anda inginkan dengan menggunakan tali kasur dan paku. Proses ini dilakukan untuk mencegah Anda mencangkul terlalu lebar untuk kolam ikan yang akan Anda buat. Cangkul area tanah yang telah Anda tandai sebelumnya hingga kedalaman yang cukup dan sesuai dengan keinginan Anda.

Ukur kerataan pada bagian dalam area yang baru saja Anda cangkul kemudian ratakan tanah hingga sempurna. Hal ini diperlukan untuk membuat hasil kolam menjadi rapi.

2. Tutup permukaan kolam ikan

Gunakan liner kolam untuk menutupi bagian dasar kolam ikan. Gunakan batu bata untuk membantu liner kolam menempel lebih baik pada permukaan tanah yang telah mencekung. Gunakan pula batu bata untuk membuat pembatas tepian atas kolam dan pastikan liner kolam telah mempel dengan baik.

3. Isi kolam dengan air

membuat kolam ikan sederhana
source: pinterest

Setelah liner kolam menempel dengan baik, isilah kolam dengan air. Jangan lupa rapikan tanah di sekitar kolam dan ratakan permukaan tanah di pinggir kolam. Anda dapat meratakan tanah di pinggir kolam dengan cara diinjak atau dengan menggunakan sapu lidi.

4. Perkuat kolam dengan semen

source: pinterest

Isi bagian sela-sela batu bata yang kosong dengan menggunakan semen kemudian biarkan mengering hingga 3 sampai 4 jam. Anda juga bisa menambahkan cat waterproofing untuk mencegah rembesan pada bata maupun semen agar kolam Anda lebih kuat. Anda juga dapat menggunakan pelapis anti bocor bahan semen yang bisa Anda beli di Qhomemart.

Baca Juga  Tips Merawat Wallpaper Dinding Agar Awet dan Tahan Lama

5. Atur sistem pengairan kolam

Sistem pengairan pada kolam ikan sangatlah penting. Hal ini bertujuan membuat ikan menjadi nyaman di kolam Anda. Untuk beberapa jenis ikan mungkin membutuhkan sistem pengairan yang mengalir terus-menerus menggunakan pompa. Anda dapat menghadirkan air terjun mini, guci air, air mancur, dan lain sebagainya sebagai aksesoris sekaligus sistem pengairan kolam ikan anda.

Dekorasi decking kayu di pinggir kolam

kolam ikan sederhana decking kayu
source: pinterest

Untuk memberikan kesan kolam ikan minimalis dan cantik, Anda juga dapat memasang WPC Outdoor pada sekitar kolam yang Anda buat. Selain itu lantai wpc outdoor di pinggir kolam juga dapat menjadi alas untuk menaruh pot tanaman yang dapat menambah segar sekitar kolam di rumah Anda. Dapatkan aneka produk WPC lantai outdoor hanya di Qhomemart.

Mudah bukan mengikuti cara membuat kolam ikan sederhana di rumah seperti langkah-langkah di atas? Anda dapat memiliki kolam ikan sederhana yang juga cantik untuk dipandang. Jangan lupa bersihkan kolam ikan secara berkala yaa…

Anda dapat membeli perlengkapan untuk membuat kolam serta berbagai kebutuhan rumah dan bahan bangunan hanya di Qhomemart. Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, furniture, perlengkapan dapur, peralatan kebersihan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Berbelanja di Qhomemart lebih mudah melalui website, marketplace seperti shopee atau tokopedia, dan juga melalui whatsapp kami.


Baca Juga  Dekorasi Rumah Unik untuk Anda

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini