DekorasiTips & Trick

Cara Membuat Terrarium dengan Mudah

Terrarium adalah replika mini pada suatu ekosistem yang terdiri dari elemen tanah, mikroorganisme, dan mineral yang diletakkan dalam wadah kaca yang bening. Kata terrarium berarti suatu tempat yang berisi bumi. Kata ini berasal dari bahasa Latin. Kata terra berarti bumi, dan suffix arium berarti suatu tempat yang berisikan sesuatu.

Terarium dapat digunakan untuk bercocok tanam. Terarium dapat berbentuk wadah kaca tertutup namun dapat dibuka untuk merawat bagian dalamnya dan juga untuk mengakses tanaman di dalamnya, serta dapat berbentuk wadah kaca yang terbuka pada bagian atas maupun samping.

Terarium dapat menyimulasikan kondisi di alam dengan menggunakan media kaca tersebut. Pada terarium Anda bisa membuat replika ekosistem gurun, replika ekosistem padang rumput, replika ekosistem hutan hujan tropis, dan berbagai macam ekosistem yang lain. Dewasa ini banyak sekali orang yang tertarik untuk menggunakan terrarium sebagai elemen dekorasi pada rumah mereka.

terrarium
source: urbangardengal.com

Terarium tentu sangatlah cocok untuk digunakan sebagai dekorasi pada rumah, baik untuk dekorasi ruang tamu atau dekorasi kamar tidur. Membuat terrarium pun tidak terlalu sulit lho. Apakah Anda tertarik untuk membuat terrarium sendiri? Yuk simak langkah-langkah cara membuat terrarium dengan mudah berikut ini!

Cara Membuat Terrarium

terrarium
source: rankingsquad.com

Pilih Tanaman untuk Terrarium

Sebelum mulai membuat, sebaiknya Anda perlu memilih tanaman yang tepat untuk terarium Anda. Pilihlah tanaman yang memiliki ukuran cukup kecil untuk wadah yang Anda siapkan. Hindari bagian tanaman menyentuh bagian atas wadah karena dapat membuat tampilan terarium Anda terlalu penuh dan sesak.

Baca Juga  Pagar Tembok Minimalis Tanpa Besi

Pilihlah tanaman yang bisa tumbuh di area lembap ataupun kering, tergantung jenis terarium yang ingin Anda buat. Jika Anda membuat terarium tertutup, maka pilihlah tanaman yang dapat bertahan di area lembap. Jika Anda membuat terarium terbuka, Anda bisa memilih tanaman kaktus untuk terarium Anda.

terrarium
source: spadespatula.com

Persiapkan Bahan yang Dibutuhkan

Dalam membuat terarium, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah bahan-bahan untuk membuatnya. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah

  • Wadah kaca bening sebagai tempat untuk terarium. Anda bisa menggunakan toples bekas saus atau selai, wadah lilin kaca yang sudah tak terpakai, mason jar, atau menggunakan akuarium ikan dengan bentuk yang Anda suka. Anda juga bisa memilih wadah kaca gantung untuk membuat hiasan terarium gantung.
  • Kerikil kecil dan pasir putih
  • Tanah
  • Arang aktif
  • Lumut
  • Tanah
  • Tanaman kecil
  • Aksesoris landscape
  • Corong (opsional)
  • Sumpit
terrarium
source: homestratosphere.com

Mulai Membuat Terrarium

Setelah Anda telah mengetahui jenis tanaman dan wadah yang ingin Anda gunakan, yuk mulai membuat terariumnya!

Bersihkan wadah bening yang telah Anda siapkan. Jika Anda menggunakan toples bekas selai, sebaiknya hilangkan terlebih dahulu label stiker merk selai tersebut agar tidak menghalangi penampilan terarium Anda.

Campurkan kerikil dan batuan kecil dengan arang aktif atau activated charcoal setinggi kurang lebih 2,5cm ke dalam wadah kaca tersebut. Campuran kerikil dan arang ini ditujukan untuk menjaga agar tanah tetap segar. Batuan kerikil juga sangat bermanfaat untuk drainase air atau sebagai tempat pengeringan air yang masuk ke dalam wadah agar tidak terlalu menggenang di tanah.

Baca Juga  Tips Menanam Sayur di Rumah dengan Mudah dan Sehat

Setelah itu, tambahkan lapisan lumut untuk mencegah tanah tersaring ke dalam kerikil serta dapat membantu untuk menyerap air. Kemudian tambahkan tanah sekitar 5-7 cm ke dalam wadah tersebut. Tekan tanah dengan lembut untuk mencegah kantong udara.

Siapkan tanaman yang telah Anda pilih. Pisahkan tanaman Anda dan guncangkan akar tanaman dengan lembut agar terpisah dari tanah tempat sebelumnya ia ditanam. Kemudian buatlah sedikit lubang untuk menanam tanaman tersebut. Masukkan tanaman pilihan Anda dengan hati-hati. Tambahkan tanah agar tanaman dapat berdiri dengan cantik dan tanaman dapat tertanam dengan baik.

Setelah seluruh tanaman yang Anda inginkan tertanam, taburkanlah pasir putih di sekitar tanaman dalam wadah tersebut. Anda juga bisa menambahkan dekorasi seperti kerikil-kerikil cantik, cangkang kerang, lumut-lumut, dan lain sebagainya.

Kini terrarium Anda telah selesai dan dapat Anda gunakan sebagai dekorasi ruangan di rumah minimalis Anda. Bagaimana, cantik bukan?

terrarium
source: gardeners.com

Ingin menghias ruang tamu atau kamar tidur dengan berbagai dekorasi yang cantik? Selain membuat terarium sendiri, Anda juga bisa berbelanja berbagai dekorasi unik di Qhomemart lho. Tersedia pula berbagai kebutuhan rumah untuk Anda mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, furniture, perlengkapan kamar mandi, tools & hardware, perlengkapan dapur, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart. Berbelanja di Qhomemart lebih mudah melalui whatsapp kami.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini