Cara Memelihara Ikan Cupang dan Budidayanya

Memiliki binatang peliharaan dapat membuat rumah menjadi tidak terasa sepi dan kosong. Ada berbagai binatang peliharaan di rumah yang bisa Anda pilih mulai dari kucing, anjing, kelinci, burung, hingga ikan hias. Ikan hias yang cukup populer untuk dipelihara saat ini adalah ikan cupang. Ikan cupang memiliki warna yang bervariasi dengan ekornya yang mekar dan cantik.

source: wideopenpets.com

Ikan cupang berasal dari daerah yang memiliki iklim tropis. Ikan ini cukup banyak ditemukan di area perairan di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Ikan cupang biasanya berada di danau, rawa-rawa, ataupun sungai dengan arus air yang cukup tenang. Di habitat aslinya, ikan ini lebih sering untuk hidup secara berkelompok. Di Indonesia, awalnya ikan cupang ditemukan di daerah perairan di Kalimantan, Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Irian.

Tips Merawat Ikan Cupang

Merawat ikan cupang membutuhkan perhatian agar ikan cupang dapat hidup lebih nyaman dan masa hidupnya menjadi lebih lama. Lalu, bagaimana sih cara merawat ikan cupang yang baik dan benar? Simak tips berikut ini.

Pilih Aquarium yang Tepat

Memilih aquarium untuk ikan cupang tidak bisa sembarangan. Anda butuh aquarium yang cukup untuk hidup ikan cupang. Meskipun beberapa ikan cupang baik-baik saja saat hidup di aquarium kecil, namun ikan cupang biasa hidup di rawa-rawa, sawah, dan perairan dangkal. Hal ini membuat ikan cupang suka hidup di air dangkal dan luas.

Baca Juga  Gambar Model Rumah Minimalis Modern yang Elegan

Untuk ikan cupang, Anda bisa menggunakan akuarium berukuran 19 liter atau lebih. Menggunakan aquarium yang cukup luas untuk cupang dapat membuat ikan cupang menjadi lebih bahagia karena bebas berenang kesana kemari. Ukuran aquarium yang besar juga dapat membuat ikan cupang dapat berkembang dengan pesat.

Memberi Makan Teratur

Untuk memelihara ikan ini, Anda perlu memberi makan dengan teratur. Idealnya, ikan cupang diberi makan pagi dan sore hari. Namun, porsinya sebaiknya tidak terlalu banyak agar makanan tidak tersisa dan ikan tidak menjadi sakit.

Makanan yang cocok untuk ikan cupang adalah cacing darah beku atau yang sudah dikeringkan. Anda juga bisa menggunakan pelet ikan kecil-kecil untuk ikan cupang. Makanan yang telah dikeringkan akan lebih aman untuk digunakan sebagai pakan ikan cupang.

Membersihkan Aquarium Secara Berkala

Anda perlu membersihkan aquarium dengan teratur. Akan tetapi saat mengganti air, sebaiknya jangan ganti air seluruhnya. Ikan cupang sangat rentan terhadap lingkungan air. Sebaiknya ganti air hanya separuhnya saja dan menyisakan sedikit air sebelumnya. Hal ini agar ikan cupang tidak kaget dengan air baru tersebut. Anda bisa membersihkan aquarium dengan teratur seminggu sekali.

Jemur Ikan Cupang dengan Rutin

Tau nggak sih, ikan cupang itu juga membutuhkan sinar matahari loh. Anda bisa menjemur ikan secara rutin selama 10-20 menit. Matahari yang cukup dapat membuat ikan menjadi lebih sehat dan segar. Akan tetapi jangan saat siang terik karena matahari yang terlalu terik dapat membuat ikan menjadi sakit jika terlalu panas.

source: theawesomedaily.com

Buat Ekosistem yang Baik di Dalam Aquarium

Ekosistem yang baik di dalam aquarium sangat penting untuk kelangsungan hidup ikan cupang. Ikan akan merasa lebih nyaman dan juga lebih sehat jika hidup di aquarium dengan ekosistem yang baik. Anda bisa memberikan hiasan bebatuan dan juga tanaman dalam air untuk tempat tinggal ikan Anda. Sebaiknya hindari menggunakan hiasan aquarium yang memiliki gerigi atau bersudut tajam. Hal ini dapat membahayakan untuk ikan cupang karena bisa merusak siripnya.

Baca Juga  12 Merk Keramik Terbaik di Indonesia

Obati Ikan yang Sakit

Tentunya ikan bisa saja tiba-tiba jatuh sakit atau lemas. Saat ikan cupang peliharaan Anda lemas dan sakit, sebaiknya berikanlah obat. Anda bisa berkonsultasi pada dokter hewan atau pengurus ikan yang biasa mengurus ikan cupang. Anda juga bisa mencoba memberikan obat seperti garam ikan hias, tetes metil biru, dan obat tetra chlor. Namun sebaiknya Anda juga berkonsultasi pada dokter untuk tau obat apa yang sebaiknya Anda gunakan.

Ada beberapa penyebab ikan cupang sakit. Ikan cupang yang sakit dapat disebabkan oleh makan yang tidak teratur, akuarium yang kotor, cara memindahkan ikan yang salah, dan lain sebagainya. Ciri-ciri dari ikan cupang yang sakit bisa dilihat dari perutnya yang bengkak, tidak nafsu makan, sirip dijepit ke samping, perubahan warna pada sirip atau sisik, atau menghabiskan waktu di bebatuan.

Bagaimana, tidak terlalu rumit bukan untuk merawat ikan cupang.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini