Cara Memperbaiki AC Tidak Dingin

Saat AC ruask, tentu sangat penting cara memperbaiki AC tidak dingin. AC merupakan bagian penting dari sebuah Rumah. Apalagi di perkotaan AC menjadi bagian yang tak terpisahkan. Dengan tahu cara memperbaikinya kita bisa memiliki gambaran kerusakan. apakah kerusakan itu ruangan atau berat.

Dengan tahu apa yang terjadi pada AC, meskipun di serahkan ke jasa Service kiata akna lebih waspada. Setidaknya kita bisa mengetahui biaya perbaikan dan harga perawatan AC di rumah kita. Hal ini juga penting untuk mengetahui prakiraan biaya.

Menanggulangi AC enggak dingin pasti bukan sesuatu pekerjaan yang gampang. Tetapi bukan berarti enggak dapat dicoba. Seluruh orang dapat melaksanakan pekerjaan ini, asalkan memiliki pengetahuan tentang AC yang lumayan.

Oleh karena itu, hingga lewat postingan pendek ini kami hendak berupaya berbagi ilmu kepada anda seluruh tentang gimana langkah- langkah yang wajib dicoba apabila kita menciptakan masalah- masalah yang terjalin pada AC.

Mengapa AC enggak dingin? Apa Penyebanya?

Terdapat banyak aspek yang menyebabkan AC rusak, tetapi disini kami hendak berupaya menyampaikan pemicu AC enggak dingin yang universal biasa terjalin di lapangan.

Supaya anda enggak bimbang serta biar lebih gampang dalam mempraktikanya, hingga panduan menanggulangi AC enggak dingin berikut hendak mengupas setimpal dengan kronologi dari permasalahan tersebut. Oke langsung aja enggak harus banyak basa- basi ayo kita ikuti pembahasan berikut ini.

Cara Memperbaiki AC Tidak Dingin , langkah dan penyebabnya

AC Hidup, Tetapi Enggak Dingin

Dalam perihal ini kami yakinkan kalau AC hidup, baik Indoor ataupun Outdoor, tetapi enggak menghasilkan hawa dingin sama sekali. Permasalahan semacam ini umumnya diakibatkan sebab AC kotor, serta pula tekanan freon habis( bisa jadi terdapat kebocoran). Langkah yang anda dapat jalani merupakan.

1# AC Kotor Bisa jadi Telah Lama Enggak di Service

Cek apakah AC kotor, baik evaporator indoor ataupun kondensor outdoor apakah ada lumayan banyak debu. Sampai- sampai hawa dingin enggak dapat menyebar ke segala rubrik.

Jika memanglah kotor, hendaknya di service/ mencuci bila anda dapat melaksanakannya seorang diri. Jika enggak dapat, anda dapat panggil teknisi AC handal ataupun tukang service AC langganan anda.

Panduan: anda dapat mensterilkan seorang diri filter indoor minimun seminggu sekali. Dengan sistem membuka tutup indoor penggalan atas, setelah itu ambil filter hawa tersebut, kemudian mencuci yang bersih dapat memakai sabun deterjen.

Bila telah, keringkan setelah itu pasang kembali. Buat service perawatan AC minimun 3 bulan sekali buat AC perumahan, serta 2 bulan sekali buat AC di perkantoran. Cara memperbaiki Ac tidak dingin juga harus diketahui teknisi kantor.

Sepenuhnya silahkan baca: Mengapa AC Wajib di Service Berkala?

2# Tekanan Freon Kurang/ Habis

Bila nyatanya AC bersih namun enggak dingin, langkah kedua yang anda dapat jalani merupakan cek tekanan gas freon. Silahkan pasang manifold anda pada nepel buat mengisi freon pada unit outdoor. Amati apakah masih terdapat tekanan ataupun habis hingga NOL.

Bila masih terdapat tekanan, kemungkian cuma kurang freon aja. serta ini dapat dibilang normal aja. Penyebabnya dapat dari bocor halus yang bisa jadi sulit buat di cari kebocorannya, pula dapat dari nepel yang kendor.

Solusinya silahkan kencangkan seluruh baut nepel, setelah itu tambah tekanan freon dengan tipe freon yang sama pada AC tersebut. Yang pastinya wajib setimpal dengan batasan maximal ampere( kekokohan) dari mesin kompresor AC tersebut.

Jangan kurang ingat ikuti postingan: Perbandingan Freon R22, R32, serta R410a Inverter

Sebaliknya jika duri pada manifold membuktikan pada angka NOL, berarti tekanan freon habis. Ini diakibatkan sebab terdapatnya kebocoran, perihal ini dapat terjalin pada evaporator indoor, kondensor outdoor, pipa instalasi, nepel sambungan pipa ke indoor, ataupun nepel yang terdapat pada outdoor. Langkah yang dapat anda kerjakan yakni:

Baca Juga  Tips Merawat Wallpaper Dinding Agar Awet dan Tahan Lama

Isi ulang freon hingga full, umumnya 80– 90 PSI, serta 125 PSI buat AC Inverter. Setelah itu buka body indoor serta outdoor, jangan kurang ingat buka pula amarflex pembungkus pipa AC. Ambil spon yang diberi sabun supaya terdapat busa.

Setelah itu oleskan busa ke segala pipa tembaga serta pula kondensor ataupun outdoor. Amati serta perhatikan baik- baik apakah terjalin gelembung hawa maupun ada olie baik di pipa, evaporator, ataupun kondensor. Bila ada gelembung hawa ataupun olie berarti disana titik kebocoran freon tersebut.

Catatan: Mencari kobocoran freon menggambarkan pekerjaan yang sangat gampang- gampang sulit. Terlebih bila pipa instalasi di tanam pada tembok, pasti ini hendak memecahkan tembok yang telah apik tersebut.

Jika ketemu bocornya terdapat pada pipa, dapat anda las ataupun ubah dengan pipa yang baru. Tetapi jika bocornya terjalin pada evaporator indoor ataupun outdoor, bila membolehkan dapat anda las. Sebab pengalaman kami umumnya jika bocor pada evap setelah itu di las, besuknya lagi hendak terjalin bocor kebocoran disebelahnya semacam itu seterusnya.

Solusinya bisa jadi anda wajib ubah AC baru ataupun ubah unit indoor ataupun outdoor second yang masih bagus.

Jika kita tahu penyebab kerusakan pada AC, maka cara memperbaiki ac yang tidak dingin juga dapat kita lakuakn sendiri.

Indoor AC Hidup, Namun Outdoor Mati

Cara Memperbaiki AC Tidak Dingin
pinterest

Permasalahan semacam ini sangat kerap terjalin di lapangan, langkah- langkah buat menanggulangi AC enggak dingin semacam ini merupakan:

1# Cek Fashion Pada Remote Control

Yakinkan fashion pada remote dalam posisi ciri bintang(*) ataupun Cool. Jangan pada fashion Dry, sebab pada fashion ini cuma buat menyalakan motor FAN aja serta unit Outdoor enggak menemukan kiriman arus listrik, sebaliknya jika pada fashion bintang(*) ataupun cool ialah buat menyalakan kipas FAN serta pula mesin kompresor.

2# Cek Thermistor AC pada unit Indoor

Settingan fashion pada remote control telah betul, tetapi unit outdoor enggak pula hidup. Saat ini coba anda cek pada Thermistor AC, apakah berperan dengan baik. Perlengkapan ini berperan bagaikan otomatis biar kompresor dapat stundby sehabis temperatur rubrik menggapai temperatur setimpal dengan yang kita setting pada remote. Dalam perihal ini telah kami bahas pada postingan guna thermistor pada AC, anda dapat baca serta pelajari pada postingan tersebut.

3# Cek Kapasitor AC pada unit Outdoor

Permasalahan semacam ini umumnya di tandai dengan outdoor hidup, tetapi cuma kipasnya aja yang berbalik. Umumnya ini terjalin kehancuran pada kapasitornya, dengan di tandai ada tonjolan pada kapasitor penggalan atas.

Buat menanggulangi AC enggak dingin yang semacam ini pula telah sempat kami jelaskan pada postingan penafsiran serta guna kapasitor AC, anda dapat baca disitu.

4# Ampere Kompresor Melebihi Batasan Maximum

Tandanya nyaris sama dengan kehancuran yang terjalin pada kapasitor, bila anda telah cek kapasitor bagus, ataupun mengubah dengan dimensi yang lebih besar, tetapi mesin senantiasa mengangkut, ataupun dapat nyala tetapi suara mesin agresif, anda dapat cek ampere dengan memakai Clamp M( Tang Ampere).

Triknya silahkan jepitkan rahang penjepit Tang Ampere di antara kedua kabel(–) serta kabel(+) pada kabel kiriman di Outdoor. Jangan kurang ingat posisikan saklar Clamp M pada posisi Ampere M( Umumnya tertulis huruf A), bila angka pada Clamp M membuktikan pada angka melebihi batasan Current( A) yang ada pada lebel AC tersebut, hingga kompresor tersebut telah hadapi yang namanya Ampere Besar( Kompresor Lemah). Solusinya bisa jadi anda telah waktunya ubah AC yang baru.

Panduan: Rumus buat mengenali Ampere kompresor ialah( Mengkonsumsi energi listrik: Voltase 220= Ampere)

Seperti itu permasalahan yang kerap terjalin pada pendingin rubrik, sampai- sampai menimbulkan AC enggak dingin, serta bisa jadi hendak kami pembaharuan lagi di lain peluang. Mudah- mudahan postingan sistem menanggulangi AC enggak dingin ini dapat menolong anda seluruhnya, bila terdapat yang belum jelas dapat anda tanyakan pada pendapat dibawah.

Ataupun bisa jadi anda mau meningkatkannya, jadi kita belajar berbarengan disini. Jangan kurang ingat bantu share ke sahabat sosial media anda bila postingan ini berguna.

Baca Juga  Cara Melipat Baju Agar Hemat Tempat ala Marie Kondo

Pada sebagian permasalahan pemicu ac enggak dingin tetapi beroprasi secara wajar. Tetapi hawa sejuk ataupun dingin enggak mampu dialami, cuma embusan angin yang berasal dari blower( indoor). Permasalahan ini dapat terjalin sebab sebagian perihal bagaikan berikut:

Setingan remote control yang enggak sesuai

 Coba kamu cek( Fashion) yang ada pada remote control, setingan setimpal ataupun enggak. Buat mengendalikan supaya keluar embusan hawa sejuk ataupun dingin, setingan wajib terletak pada fashion[COOL] ataupun[AUTO]. Pengaturan AC pada fashion[FAN] enggak hendak mengembuskan hawa dingin, namun blower aja yang bekerja.

Kompresor enggak Bekerja.

 Pada permasalahan ini yang kerap terjalin merupakan kipas out- doornya aja yang berbalik, namun kompresor enggak bekerja. Buat mengenali apakah kompresor kompresor bekerja ataupun enggak dapat dicoba dengan 2 sistem, ialah mengecek arus listrik yang melewati kompresor serta tekanan refrigeran didalam pipa.

Buat mengecek arus yang melewati kompresor, pakai tang ampere, setelah itu jepit salah satu kabel yang masuk ke kompresor( dapat positif ataupun negatif). Berikutnya, sesuaikan hasil pengukuran dengan arus listrik standar pada unit AC.

Sehabis kamu mengenali kompresor enggak bekerja, jalani langkah berikut buat mengatasinya.

Cek tegangan listrik utama( PLN). Bila tegangan listrik( volt- age) amat rendah, lekas lapor ke petugas PLN supaya dicoba revisi.

Cek kapasitor kompresor, masih baik ataupun telah rusak. Bila rusak, ubah dengan kapasitor baru yang seukuran.

Cek penggalan external overload motor protector, masih berperan ataupun enggak. Bila rusak, ubah dengan komponen yang sejenis.

Cek kabel serta soket kelistrikan pada penggalan outdoor, apakah terdapat penggalan kabel ataupun soket yang rusak. Solusinya, perbaiki sambungan kabel serta soket listrik.

Cek putaran kipas outdoor, bila putarannya pelan ataupun lemah, berarti kapasitor kipas lemah. Sefera ubah kapasitor.

Cek putaran kipas dengan tangan, mudah ataupun enggak. Bila enggak, berarti bearing kipas outdoor macet ataupun‘ seret’. Lekas ubah bearing kipas. Bila enggak lekas diatasi, kompresor hendak kilat panas sebab enggak memperoleh pendinginan yang optimal sampai- sampai overload hendak memutuskan arus ke kompresor..

Bila keadaan diatas wajar. Terakhir, cek keadaan kompresor. Bila rusak, lekas ubah kompresor. cara memperbaiki AC tidak dingin ini bisa dicpba dan dipraktekan sendiri di rumah.

Cara Memperbaiki AC Tidak Dingin

Kompresor bekerja, namun kipas outdoor enggak berbalik.

Buat mengatasinya, jalani langkah berikut.

Cek bearing motor kipas, berbalik mudah ataupun enggak. Buat mengeceknya, matikan AC terlebih dulu ataupun cabut stop kontak listrik utama. Setelah itu, buka pelindung outdoor. Putar daun kipas dengan memakai tangan. Perhatikan perputarannya. Bila bearing macet ataupun kerap memunculkan suara gemericit, hendaknya lekas ubah bearing motor kipas.

Cek keadaan kapasitor kipas outdoor, masih baik ataupun rusak. Bila kapasitor telah rusak ataupun soak, ubah dengan kapasitor baru setimpal dengan spesifikasi kapasitor lama.

Bila 2 langkah diatas sudah dicoba, mungkin terakhir merupakan permasalahan pada penggalan dalam motor kipas, semacam lilitan putus ataupun dibakar. Solusinya, ubah dengan motor baru ataupun perbaiki dengan sistem menggulung ulang lilitan dalam motor kipas. Buat menggulung ulang lilitan motor, hendaknya dicoba oleh ahlinya( tukang gulung dinamo).

 Catatan: kipas outdoor berperan mendinginkan kondensor serta memesatkan pelepasan panas pada refrigeran. Bila panas enggak bekerja optimal ataupun berbalik pelan, menimbulkan kompresor kilat panas. Panas yang berlebih( over heat) hendak menimbulkan overload motor protector kompresor memutus arus listrik ke kompresor.

Dampaknya, kompresor enggak bekerja. Bila keadaan ini terus dibiarkan, hendak memperpendek umur gunakan overload motor protector serta kompresor itu seorang diri. rusak.

Kipas outdoor serta kompresor enggak bekerja

cara memperbaiki AC tidak dingin semacam ini, jalani langkah berikut.

Buat mengeceknya, tunggu sebagian dikala. Umumnya, kipas out- door serta kompresor memerlukan waktu dekat 3 menit buat beroprasi kala indoor telah dinyalakan. Perihal ini dimaksudkan buat melindungi kompresor serta sistem AC supaya enggak gampang.

Cek thermistor serta relay yang ada pada penggalan PCB elektronik. Bila rusak, lekas ubah komponen relay serta thermistor. Karena, kala kedua komponen ini bermasalah, arus listrik enggak hendak mengalir ke penggalan outdoor sampai- sampai kompresor serta kipas outdoor enggak hendak bekerja.

Baca Juga  6 Contoh Keramik Dapur Cantik Yang Tidak Membosankan

Cek kembali setingan remote control, apakah fashion yang diseleksi telah setimpal ataupun belum. Kipas outdoor serta kompresor hendak menyala kala setingan remote terletak dalam keadaan fashion[COOL] ataupun[AUTO].

Cek sambungan kabel listrik yang menghubungkan penggalan indoor serta outdoor, apakah terdapat yang putus, lepas, ataupun kendor. Bila terdapat, lekas perbaiki sambungan kabel.

Kebocoran sistem yang menyebabkan refrigeran habis terbuang.

 Buat mengeceknya, cek penggalan napple pipa masuk serta keluar, apakah ada embun dibagian tersebut ataupun enggak. Sentuh penggalan napple( pipa masuk ataupun keuar) mengnakan tangan, terasa dingin, ataupun enggak. Bila terasa dingin, berarti mengindikasikan terdapatnya refrigeran yang keluar dari sistem.

bila pada napple pipa masuk serta keluar enggak terasa dingin, sebaliknya kompresor serta fan senantiasa bekerja, berarti terdapat kebocoran. Cek seleruh penggalan pipa dibagian outdoor ataupun indoor. Lekas perbaiki kebocoran sistem dengan sistem pengelasan.

AC beroperasi Wajar, namun Kurang Dingin.

Cara Memperbaiki AC Tidak Dingin
pinterest

 Permasalahan semacam ini kerap diakibatkan oleh sebagian perihal bagaikan berikut.

Tekanan Refrigeran yang menurun.

Buat mengeceknya, jalani langkah berikut.

Cek arus listrik serta tekanan refrigeran dengan memakai tang ampere, apakah arus listrik pada kompresor serta tekanan refrigeran sistem setimpal dengan standar yang didetetapkan ataupun enggak. Umumnya, arus listrik standar dapat dilihat pada penggalan name plat unit AC.

Ataupun, jalani langkah pengecekan tekanan sistem memakai charging manifold, apakah tekanannya sudah setimpal ataupun enggak.

Catatan: dikala pengisian refrigeran, unit AC wajib dalam keadaan wajar( enggak bermasalah). Tidak hanya itu, sirip evaporator, filter, serta kondensor dalam kondisi bersih, enggak tersumbat, bengkok, apalagi bocor.

Embun hawa blower indoor lemah.

Buat cara memperbaiki AC tidak dingin karena hal ini, cek putaran blower indoor. Embusan blower indoor wajib penuhi 2 persyaratan.

Embusan wajib menyeluruh diseluruh permukaannya. Bila enggak, cek blower indoor, apakah terdapat penggalan yang patah ataupun enggak. Tidak hanya itu, dapat pula diakibatkan oleh sirip- sirip evaporator yang kotor sampai- sampai perputaran hawa jadi enggak mudah. Jalani pengecekan, paling utama pada penggalan blower indoor yang embusan udaranya enggak sangat kencang.

Bila sirip- sirip evaporator rusak, lekas ditukar dengan sirip- sirip evaporator yang baru ataupun bilas dengan memakai pompa steam bila keadaan sirip- sirip amat kotor. Buat menyakinkan sirip- sirip evaporator suah betul- betul bersih ataupun belum, pakai lampu senter buat menerangi penggalan tersebut supaya nampak dengan jelas.

Embusan hawa blower lumayan kencang. Bila enggak, bilas blower indoor dengan memakai pompa steam. Ataupun, cek keadaan motor blower indoor serta kapasitor, apakah dalam keadaan baik ataupun enggak. Bila keduanya rusak, ubah komponen tersebut dengan spesifikasi yang sama.

Kompresi kompresor melemah.

 Gejala kompresi kompresor yang melemah nampak dari bunyi ataupun suara kompresor yang keras, arus listrik( ampere) kompresor lebih rendah dari keadaan standar, serta tekanan refrigeran melebihi standar. Bila permasalahan diatas terjalin, berarti kompresor telah rusak serta wajib lekas ditukar.

Keadaan filter refrigeran( strainer), pipa kapiler, saluran evaporator, serta kondensor yang tersumbat.

 Tersumbatnya aliran sistem pendingin diakibatkan oleh kotoran, kerak, ataupun serpihan logam yang terbawa oleh aliran refrigeran. Buat mengenali aliran sistem tersumbat ataupun enggak dapat ditilik dibagian strainer.

Sentuh dibagian strainer dengan tangan. Bila terasa dingin ataupun apalagi mengembun, ditentukan terjalin penyumbatan aliran. Solusinya, refrigeran wajib dikeluarkan seluruhnya dari sistem. Setelah itu, sistem dibersihkan dengan memakai hawa bertekanan supaya kotoran terlepas ataupun memakai dorongan dari kompresor AC itu seorang diri.

Bila keadaan filter ( strainer) rusak, ubah dengan yang baru.

Energi ataupun kapasitas pendinginan AC yang enggak setimpal dengan luas rubrik.

 Energi ataupun kapasitas AC yang dipakai wajib disesuaikan dengan luas rubrik. Semisal, buat kamar tidur berdimensi 9- 10 m2 mrnggunakan AC dengan energi½ PK, ataupun dimensi rubrik 36- 40m2 memakai AC dengan energi 2 PK.

Ventilasi terbuka ataupun ada celah hawa yang membolehkan hawa keluar- masuk rubrik.

 Yakinkan rubrik ber- AC betul- betul tertutup. Hendaknya, jauhi keseringan membuka pintu rubrik sangat lama, mudah- mudahan berguna bagaikan dasar acuan buat mengetahui


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini