Langkah Mudah Cara Memperbaiki Kipas Angin

Bagi pemilik kipas angin, mengetahui cara memperbaiki kipas angin sangat penting karena dapat berguna ketika kipas angin mengalami kerusakan. Memperbaiki sendiri dapat menghemat pengeluaran, daripada anda membawa ke tukang servis yang tentu membuat pengeluaran bertambah, belum lagi waktu yang dibutuhkan teknisi yang belum tentu waktu hari itu juga jadi.

Negara tropis seperti Indonesia memiliki cuaca panas, tentu kipas angin menjadi peralatan penting untuk memberikan kenyamanan pada ruangan. Rotor penggerak yang berputar menghasilkan angin sejuk yang tentu dapat anda atur besaran angin yang ingin dihasilkan.

Kerusakan kipas angin dapat terjadi dari berbagai merek terkenal seperti miyako, midea, kangaroo, cosmos dan masih banyak lain. dengan beragam merek yang berbeda, susunan komponen penyususun pada kipas angin dapat berbeda pula. Ini yang harus anda ketahui bahwa kipas angin satu dapat berbeda cara kerjanya dengan kipas angin lain. lalu bagaimana cara memperbaiki kipas angin? Simak penjelasannya berikut ini

Jika Kipas Angin Mati Total

Cara memperbaiki kipas angin yang mati total dapat di cek terlebih dahulu dynamo sertas thermofuse pada pada kipas, anda bisa amati apakah ada kerusakan kabel pada instalasi listrik dari kipas. Kemungkinan yang terjadi kabel putus atau kendala lain, penting untuk anda teliti mengamati pada bagian ini guna menemukan inti permasalahan

Baca Juga  Tips Menata Perabot Di Ruang Keluarga Sesuai Dengan Aktivitas Anggota Keluarga

Setelah cek dan ternyata tidak ada kabel yang bermasalah, anda dapat lanjut untuk mengamati pada bagian thermofuse. Motor listrik bisa saja bermasalah yang kemungkinan menyebabkan kipas angin tidak dapat bekerja. Untuk mencapai bagian thermofuse, anda buka terlebih dahulu cover pada dynamo.

Jika Kipas Angin Berdengung

cara memperbaiki kipas angin selanjutnya yakni bagaimana jika kipas angin berdengung? Hal yang mungkin terjadi jika gejala timbul yakni bearing kipas angin sudah aus, tidak ada jalan lain, anda dapat mengganti bearing kipas dengan yang baru

kemungkinan selanjutnya jika kipas angin hanya berdengung, anda bisa cek pada bagian as motor kipas dengan stator, dapat diperhatikan apakah as tersebut berada di tengah – tengah. Jika sudah tidak berada di tengah – tengah, kemungkinan yang terjadi adalah rumah as motor tersebut sudah penyok.

Solusinya adalah anda bisa ganti satu set rumah motor penggerak beserta bearing, kenapa harus satu set? Ini berfungsi untuk menimilalisir kerusakan terjadi lagi pada komponen bagian ini. Jika anda hanya ubah salah satunya saja, kemungkinan kerusakan dapat terjadi kembali maupun kerusakan menjalar kebagian lainnya.

Bagaimana Sih Merawat Kipas Angin Agar Awet?

cara memperbaiki kipas angin 2

Setelah tahu cara memperbaiki kipas angin, perawatan perlu anda lakukan pada kipas angin agar dapat anda gunakan untuk jangka waktu yang lama. Hal ini menguntungkan dengan keawetan yang lama, anda tidak perlu mengeluarkan budget berlebih untuk perbaikan kipas angin. Untuk mendapatkan keawetan kipas angin tentunya dapat dicapai dengan melakukan perawatan rutin.

Baca Juga  Cara Membersihkan Kompor Tanam dengan Praktis

Perawatan untuk kipas angin sebenarnya termasuk simple dan hanya butuh waktu yang relative sebentar, selain itu tidak perlu dibutuhkan alat khusus untuk melakukan perawatan. Anda dapat menggunakan alat – alat perkakas yang ada di rumah.

Rajin Membersihkan Baling – Baling Kipas

Bagian ini merupakan bagian yang rentan kotor, dengan baling – baling yang berputar ketika digunakan, dapat mengakibatkan debu – debu mengumpul dan menempel pada baling – baling. Sehingga penggunaan dalam jangka waktu tertentu, baling – baling dapat berubah warna agak kehitaman karena debu – debu yang menempel.

Anda dapat membersihkan bagian baling – baling ini dengan kain lap bersih, sebelum membersihkan pastikan dulu bagian penutup depan pada kipas angin tercopot (jika ada). hal ini untuk memudahkan pembersihan baling – baling hingga ke sela – sela untuk pembersihan yang menyeluruh pada baling – baling kipas angin.

Berikan Jeda Penggunaan

cara memperbaiki kipas angin 2

Salah satu penyebab kipas yang berdengung bisa juga diakibatkkan dari penggunaan yang terus menerus, tidak adanya jeda mengakibatkan motor penggerak kipas dapat bersuhu tingga alias panas. Hal ini tentu mengganggu kinerja mesin yang mengakibatkan efek samping seperti salah satunya kipas menjadi berdengung.

Memberikan jeda juga berguna sebagai pendinginan pada kinerja mesin kipas angin. Anda dapat memberikan jeda dengan waktu kurang lebih 20 menit atau malah lebih. Selain itu, memberikan jeda tentunya juga dapat menghemat pemakaian listrik.

Baca Juga  Kompor Tanam, Solusi Cerdas untuk Dapur

Cara Pemakaian Yang Halus

Cara pemakaian tidak dianjurkan kasar seperti memutar kepala kipas dengan keras dan memaksa. Anda perlu tahu maximal pemutaran yang bisa dilakukan oleh kepala kipas. Selain itu,pemakaian seperti tombol – tombol pada kipas juga perlu anda perhatikan, tombol pencet seperti on/off maupun tombol kecepatan dapat cepat rusak jika dilakukan penggunaan yang kasar.   

Berikut tadi Cara Memperbaiki Kipas Angin yang dapat anda lakukan sendiri. bagi anda yang ingin mulai memasang atau mengaplikasan keramik, tentu penting untuk mengetahui tata cara memasang keramik untuk dapat dilakukan sendiri maupun memakai tukang.

Bagi Anda yang membeli kipas angin dengan pilihan tipe, anda dapat membeli di Qhomemart dengan berbagai macam pilihan jenis kipas angin tersedia berbagai macam pilihan. memiliki kipas angin dengan harga terjangkau dan kualitas yang terjamin hanya tersedia di Qhomemart, pusat belanja kebutuhan rumah terlengkap. Berbelanja dengan mudah juga bisa anda lakukan melalui website kami www.qhomemart.com atau whatsapp kami.

Contact Us:
Cust. Service:
0274 493 2288
0878 3737 8889

Teleshopping
08112834216
08112834217
08112834218
08112834219

Email: publicrelation@qhomemart.com.
Jl. Raya Janti Ringroad Timur No 96, Yogyakarta


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini