Cara Memperbaiki Tembok Retak

tembok yang retak sering ditemui bangunan jenis apapun. tak pelak, cara memperbaiki tembok retak wajib diketahui guna perbaikan secara menyeluruh.

tembok yang retak dalam sebuah bangunan dapat mengurangi nilai keindahan yang dimiliki. jika tembok retak ditemui didalam rumah baru, bisa jadi permasalahan terdapat pada teknik pembangunan tembok yang dilakukan ataupun faktor yang dimiliki pada daerah tersebut.

tembok retak dapat anda perbaiki sendiri tanpa perlu memanggil jasa tukang. alat dan bahan dapat anda temui di tempat penjualan toko di kota anda. sebisa mungkin segera perbaiki jika tanda – tanda tembok ditemui. jika tidak segera diatasi, dapat menyebabkan kerusakan yang menjalar ke bagian tembok lain.

Ketahui Penyebab Tembok Retak

sebelum cara memperbaiki tembok retak dilakukan, anda perlu mengetahui bagaimana retakan tembok terjadi pada sebuah bangunan. dengan mengetahui sumber permalahan, ini akan membuat perbaikan anda lakukan cukup sesekali saja serta perbaikan yang anda lakukan juga tidak akan sia – sia.

kasus tembok retak  yang sering ditemui karena plester tembok yang belum sepenuhnya kering sudah dilaburi oleh aci. namun, ini merupakan masalah umum yang sering ditemui. bisa jadi faktor lain yang menyebabkan keretakan tembok anda.

Baca Juga  Teknik Mengecat Dinding Rumah Bermotif

Cara Memperbaiki Tembok Retak Besar

cara memperbaiki retakan tembok qhomemart 2

Pastikan Permukaan Cat Bersih

cara memperbaiki tembok retak yang pertama yakni memastikan permukaan cat bersih. hal ini diperlukan guna memperbaiki retakan yang ada pada tembok. hal ini penting untuk memastikan tidak adanya kotoran sehingga perbaikan tembok dapat dilakukan dengan maksimal. tidak ketinggalan, pastikan juga permukaan tembok juga bersih dari jamur maupun bekas paku yang ada.

Penggunaan Amplas

cara memperbaiki tembok retak selanjutnya yakni dengan mengamplas permukaan dari tembok di area retakan. gunakan amplas yang baru dan bersih untuk kemudahan proses pengamplasan dan hasil yang maksimal. amplas permukaan tembok hingga bagian aci terlihat. baru kemudian bersihkan kembali permukaan tembok dari debu hasil pengamplasan tadi menggunakan lap basah.

Pemakaian Wall Filler 

cara memperbaiki tembok retak selanjutnya yakni pemakaian wall fillerpada dasarnya, wall filler merupakan campuran semen yang khusus digunakan untuk mengatasi retakan tembok. penggunaan wall filler cukup mudah, caranya dengan mengoleskan wall filler ke bagian tembok yang retak dengan menyisipkan cairan ke sela sela tembok retak supaya permukannya sejajar. setelah itu, tinggal tunggu hingga wall filler mengering.

Pemakaian Cat Plamir

cat jenis ini berbeda dengan cat biasa pada umumnya, fungsi cat plamir berguna untuk meratakan dinding serta dapat menjadi cat dasar sebelum cat warna di aplikasikan. setelah wall filler tadi kering, barulah cat plamir dioleskan pada dinding retak. perlu diketahui bahwa cat plamir adalah bagian yang membuat tembok menjadi lebih kuat, sehingga pengaplikasiannya harus dilakukan dengan teliti.

Baca Juga  Menata Rumah dengan Dekorasi Sesuai Feng Sui

Tahap Finishing

cara-memperbaiki-retakan-tembok-qhomemart-3

setelah semua proses cara memperbaiki tembok retak tadi selesai, tahap finishing perlu dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. anda dapat mengamplas kembali dinding yang dipoles tadi supaya permukaan halus serta menyatu pada area disekitarnya.

kemudian barulah lakukan pewarnaan menggunakan cat tembok dengan warna yang sama dengan bagian tembok disekitarnya. dengan begini, tembok dapat terlihat sempurna kembali dengan hilangnya retakan tembok.

Cara Memperbaiki Tembok Retak Rambut

retakan tembok rambut berarti jenis retakan tembok yang memiliki ukuran retakan yang relative  kecil seperti bentuk rambut, tipis dan memiliki bentuk yang bercabang. biasanya jenis retakan ini memiliki terjadi karena pengacian yang tidak sempurna. hal lain yang berpengaruh yakni pada penggunaan semen yang terlalu tipis.

kerusakan ini dapat diatasi dengan mengelupas cat didaerah sekitar retakan. kemudian kasih cairan semen cair disekitar daerah retakan. tinggal tunggu hingga kering lalu kasih aci pada dinding. lalu dilanjutkan dnegan mengecat ulang tembok untuk menutupi retakan tersebut.

Cara Memperbaiki Tembok Retak Rambut Akibat Gempa

bencana alam seperti gempa memang tidak bisa dihindarkan, akibatnya hal ini sering merusak berbagai jenis bangunan dan kerusakan paling rentan ialah bangunan rumah. biasanya kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa memiliki retakan yang lebih besar. untuk itu, segera lakukan perbaikan jika retakan akibat gempa sudah terjadi.

perbaikan dapat dilakukan dengan membuat celah kecil diantara dinding kemudian beri semen untuk menutup bagian retak tadi. perbaikan structural dapat pula dilakukan dengan menambal retakan – retakan pada plesteran dinding, memperbaiki kusen pintu dan jendela, daun pintu dan jendela, kaca jendela, serta memplester kembali dinding.

Baca Juga  Cara Pasang Lantai Vinyl Untuk Rumah Anda

berikut cara memperbaiki tembok retak yang bisa diterapkan. Anda bisa mencari berbagai cat bangunan berkualitas yang cocok untuk melindungi tembok lembab serta untuk memberikan warna baru bagi tembok hanya di Qhomemart. Pusat belanja grosir terlengkap untuk Anda.

belanja berbagai kebutuhan banguan lebih mudah melalui www.Qhomemart.com maupun via whatsapp kami. segera belanja sekarang.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini