Tips & Trick

Cara Menanam Bawang Putih di Rumah

Bercocok tanam sudah menjadi salah satu hobi yang populer dan menyenangkan. Salah satunya adalah menanam bawang putih. Cara menanam bawang putih juga mudah lho. Meskipun bisa membelinya dengan mudah di pasar, akan tetapi terkadang harga bawang putih melambung tinggi padahal kebutuhan terhadap bawang putih cukup tinggi. Oleh karena itu, Anda bisa menanamnya sendiri di rumah.

Mengapa menanam bawang putih? Bawang putih adalah salah satu rempah yang sangat sering digunakan. Bawang putih umumnya dicampurkan untuk berbagai macam masakan. Rasa bawang putih yang khas dapat membuat makanan menjadi lebih enak.

Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga berguna untuk mengusir serangga lho.

Penasaran ingin mencoba menanam bawang putih di rumah? Yuk simak cara menanam bawang putih di bawah ini!

Cara Menanam Bawang Putih

cara menanam bawang putih
cara menanam bawang putih
thompson-morgan.com

Menanam bawang putih cukup mudah. Anda bisa menanam langsung di halaman rumah Anda dengan menggunakan pot maupun polybag. Hal yang paling awal yang perlu Anda perhatikan adalah memilih bibit bawang putih yang akan Anda tanam.

Anda bisa membeli bibit bawang putih di toko tanaman terdekat. Sebaiknya jangan gunakan umbi bawang putih yang berada di supermarket. Umbi bawang putih yang berada di supermarket kebanyakan telah diolah secara kimia agar dapat bertahan lama. Hal ini dapat menyebabkan bawang putih tersebut tidak dapat tumbuh jika ditanam.

Baca Juga  14 Ukuran Paku Paling Sering di Pakai

Terdapat dua jenis bawang putih yang dapat ditanam di rumah, yaitu bawang putih softneck dan bawang putih hardneck. Bawang putih softneck adalah jenis yang dapat ditanam di daerah yang memiliki cuaca panas. Berbeda dengan bawang putih hardneck yang lebih cocok untuk ditanam di daerah yang lebih dingin dan sejuk. Sebaiknya sesuaikan jenis bibit bawang putih yang akan Anda tanam tersebut dengan kondisi tempat tinggal Anda, ya.

Siapkan Polybag dan Media Tanam

Setelah memilih bibit yang tepat, siapkan polybag dan juga media tanam untuk menanam bawang putih. Setelah wadah dan media tanam untuk menanam bawang putih telah siap, Anda dapat mulai menanam bibit bawang putih. Gali lubang di media tanam dengan kedalaman yang cukup. Setelah itu masukkan bibit bawang putih yang siap Anda tanam. Lalu tutup kembali dengan tanah dan siram dengan air secukupnya.

Rawat dan Panen Bawang Putih

Pastikan Anda menyiram bawang putih dengan teratur namun jangan sampai tanah terlalu basah. Tanah yang terlalu basah dan menggenang dapat membuat bawang putih rentan busuk.

Waktu tanam bawang putih sekitar 90-120 hari hingga siap panen. Sebaiknya panen bawang putih Anda saat kondisi tanah cenderung agak kering. Galilah di sekitar tanaman bawang putih untuk memanen bawang putih. Setelah dapat mengambil bawang putih tersebut jangan lupa bersihkan agar bawang putih lebih bersih dan siap untuk digunakan.

Baca Juga  7 Kelebihan Karpet Plastik di Banding Tipe Lain

Cara Menanam Bawang Putih Indoor

cara menanam bawang putih
source: ecosnippets.com

Jika Anda memiliki lahan terbatas dan tidak bisa menanam bawang putih di halaman, Anda bisa mulai menanam bawang putih di dalam rumah. Bawang putih adalah tanaman yang mudah ditanam di dalam ruangan. Anda bisa menjejerkan tanaman bawang putih dengan tanaman indoor lainnya. Yuk simak cara menanam bawang putih indoor di bawah ini!

Menyiapkan Wadah

Siapkan pot dengan diameter minimal 30 cm dengan lubang drainase di bagian bawahnya. Diameter pot sekitar 30 cm memungkinkan bawang putih yang Anda tanam memiliki ruang yang cukup untuk akarnya. Tentunya Anda sebaiknya tidak menanam terlalu banyak bawang putih dalam satu wadah yang sama agar bawang Anda dapat tumbuh dengan baik.

Pilih Media Tanam

cara menanam bawang putih
cara menanam bawang putih
source: plantinstructions.com

Dalam menanam bawang putih indoor, Anda perlu menggunakan media tanam yang tidak mengandung tanah untuk meningkatkan drainase. Bawang putih adalah tanaman yang rentan busuk. Oleh karena itu Anda perlu menggunakan media tanam yang berkualitas baik sehingga media tersebut dapat menjaga kelembapan namun tidak terlalu berair hingga membuat bawang putih busuk.

Media tanam yang baik untuk menanam bawang putih adalah media tanam yang berisi vermikulit atau perlit dan serabut kelapa. Media tersebut cocok untuk menjaga kelembapan yang dibutuhkan oleh bawang putih.

Letakkan media tanam secukupnya di dalam pot kemudian siram dengan air hingga mengendap dan memadat. Hal ini bertujuan untuk melihat dan memastikan apakah air dapat mengalir dengan baik. Jangan lupa untuk memeriksa lubang drainase untuk memastikannya ya.

Baca Juga  6 Desain Air Mancur Taman Cantik Untuk Hunian

Tanam Bibit Bawang Putih

Setelah wadah dan media tanam siap, Anda dapat mulai menanam bibit bawang putih. Gali lubang di media tanam dengan kedalaman yang cukup, kemudian masukkan bibit bawang putih yang siap Anda tanam. Setelah itu tutup kembali dengan tanah lalu siram dengan air secukupnya.

Taruh Dekat Jendela

cara menanam bawang putih
cara menanam bawang putih
source: greenhomediy.co

Meskipun Anda menanam bawang putih di dalam ruangan bukan berarti tanaman ini tidak membutuhkan matahari. Sebaiknya letakkan pot yang berisi tanaman bawang putih tersebut di dekat jendela. Hal ini agar memudahkan Anda untuk memberikan asupan sinar matahari bagi bawang putih Anda.

Jika Anda membutuhkan wadah untuk menanam bawang putih seperti aneka pot, Anda bisa membelinya di Qhomemart. Selain itu tersedia pula berbagai kebutuhan rumah mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, furniture, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini