Tips & Trick

5 Menit Cara Mengatasi WC Mampet Yang Mudah

Cara mengatasi wc mampet berdasarkan penyebabnya. Mulai dari WC jongkok dan WC duduk, jangan buru-buru memanggil tukang sedot wc, mungkin anda mengatasinya sendiri di rumah.

WC yang mampet di rumah tentu sangatlah mengganggu aktivitas Anda. Namun sebelum mengetahui cara mengatasi wc mampet berikut ini, sebaiknya Anda juga perlu mengetahui kemungkinan-kemungkinan penyebab wc mampet.

cara mengatasi wc mampet
Foto: Google

Perlu di ingat, WC yang mampet di rumah Anda memiliki banyak kemungkinan penyebab. Terdapat kemungkinan penyebab WC mampet adalah kebiasaan untuk membuang sampah ke dalam kloset.

Membuang sampah ke dalam wc tentu dapat membuat saluran pembuangan WC Anda terhambat. Mulai dari membuang tisu ke koset, pembalut, cotton bud, tisu basah, popok bayi, tusuk gigi, dan lain sebagainya. Sebaiknya sediakanlah tong sampah di dalam toilet Anda agar Anda dan keluarga dapat dengan mudah membuang sampah.

Jika toilet di rumah Anda sudah terlanjut mampet, Anda bisa mencoba beberapa cara di bawah ini yang dapat membantu cara mengatasi WC mampet.

Manfaatkan Garam

cara mengatasi wc mampet
Ilustrasi air lancar setelah memakai garam. Foto: istock

Jika anda sering membuang kertas dan tisu di wc, memanfaat garam merupakan pilihan tepat. Sebab, garam dipercaya dapat melarutkan bahan tersebut didalam wc. Cara memakainya cukup mudah.

Baca Juga  21 Desain Teras Rumah Minimalis Modern Yang Bikin Betah

Sebelum memakai, pastikan air di dalam wc sudah surut. Kemudian tuang sekitar 500 Gram garam batu ke dalam wc, diikuti 1 liter air panas. Diamkan setidaknya 8 jam dan siram dengan air biasa. Fungsi siram air adalah untuk mendorong material yang hancur.

Atasi WC Mampet dengan Baking Soda dan Cuka

Cara mengatasi WC mampet ternyata dapat menggunakan bahan-bahan yang terdapat di rumah, lho. Kombinasi dari baking soda dan cuka umumnya dikenal sebagai bahan untuk membersihkan kotoran, namun ternyata baking soda dan cuka pun ampuh untuk mengatasi wc mampet.

Cara penggunaan dari baking soda dan cuka cukup mudah. Anda bisa menebarkan secangkir baking soda ke permukaan wc dan biarkan hingga mengendap. Setelah baking soda sudah mengendap, tuangkan dua cangkir cuka secara memutar ke dalam kloset agar merata.

Setelah itu Anda akan melihat reaksi dari campuran baking soda dan cuka yang membentuk gelembung-gelembung. Biarkan hingga satu jam kemudian flush WC Anda. Ingatlah untuk tidak membiarkan gelembung-gelembung tersebut keluar dari WC karena akan membuat kotor sekitar toilet Anda.

Jika Anda sudah melakukan hal tersebut namun WC masih mampet, Anda dapat menambahkan kedua bahan tersebut kembali ke dalam kloset. Kemudian diamkan selama semalaman lalu flush kembali WC Anda. Setelah itu WC Anda akan lancar kembali dan siap untuk digunakan kembali.

Baca Juga  5 Cara GAMPANG Atasi Air Kloset Lambat Turun

Pakai Soda Api atau Natrium Hidroksida

cara mengatasi wc mampet
cara mengatasi wc mampet
source: dugulaselharitas.net

Soda api atau natrium hidroksida adalah salah satu bahan yang dapat membantu Anda untuk mengatasi WC mampet. Cara mengatasi wc mampet dengan soda api cukup mudah. Anda cukup menaruhkan beberapa soda api ke dalam kloset dan soda api akan bereaksi untuk menghancurkan sumbatan di kloset.

Soda api telah terbukti ampuh dan cukup aman untuk digunakan. Akan tetapi Anda harus berhati-hati jika menggunakan soda api. Anda sebaiknya tidak menyentuh soda api langsung dengan tangan karena dapat menyebabkan sensasi terbakar. Jangan lupa untuk jauhkan bahan-bahan ini dari anak Anda ya.

Memakai Plunger

plunger untuk wc mampet 11zon
Foto: home depot

Anda juga bisa mengguankan selayaknya benda khusus yang memang untuk mengatasi mampet. Plunger adalah alat untuk menghisap, apapun yang ada didalam kloset.

Apakah itu benda keras atau lunak, plunger cukup punya kekuatan untuk menarik itu. Bagian berbentuk mangkuk dari karet mampu menghisap corong sempit pada toilet.

Manfaatkan Sabun Cuci Piring dan Air Panas

cara mengatasi wc mampet 3
cara mengatasi wc mampet memakai sabun.
Foto: onejive

Cara mengatasi wc mampet selanjutnya adalah menggunakan bahan yang sudah pasti tersedia di rumah. Anda bisa menggunakan sabun cuci piring dan air panas untuk mengatasi wc mampet. Sediakanlah satu cangkir sabun cuci piring cair dan air panas yang cukup banyak. Masukkan sabun cuci piring ke dalam wc dan biarkan hingga mengendap.

Baca Juga  6 Ruangan Rumah Minimalis Yang Mengagumkan Pandangan Mata

Setelah sabun cuci piring mengendap, Anda bisa menyiramkan air panas ke dalam kloset dan mendiamkannya selama kurang lebih 20 menit. Setelah 20 menit, flush WC anda dan WC akan kembali berjalan normal dan dapat digunakan.

Sabun cuci piring dapat berguna untuk melicinkan pipa saluran WC agar benda-benda yang menyumbat WC Anda dapat mengalir ke dalam septic tank dengan mudah.

Jangan lupa setelah Anda berhasil cara mengatasi WC mampet, Anda perlu menjaga WC agar terhindar dari mampet. Hindari buang sampah ke dalam kloset dan selalu bersihkan kloset secara berkala.

Jika Anda membutuhkan kloset duduk maupun kloset jongkok dengan kualitas terbaik, Anda bisa berbelanja di Qhomemart. Tersedia berbagai kebutuhan rumah hanya di Qhomemart.

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini