Tips & Trick

Berikut Cara Menggunakan Cat Epoxy Lantai

Berikut langkah-langkah cara menggunakan cat epoxy lantai pada bagian permukaannya. Simak penjelasan detailnya dibawah ini.

Mengaplikasikan cat epoxy untuk lantai layaknya mengecat pada tembok, namun bedanya media yang dipakai pada area lantai dan tentu menggunakan cat yang berbeda.

Tentu, terdapat sedikit perbedaan di beberapa bagian yang perlu anda tahu. Apa saja?

Pastikan Permukaan Lantai Bersih

epoxy lantai

Sebelum menjalankan cara menggunakan cat epoxy lantai, pastikan lantai beton bersih dahulu. Hal ini sangat penting karena akan berpengaruh pada hasil akhir warna dan tampilan epoxy nantinya.

Cara mempersiapkan lantai dapat menggunakan metode pengamplasan (grinding). Namun ada juga persiapan dengan kondisi khusus seperti tumpahnya bahan kimia pada lantai yang perlu ditangani dengan metode khusus pula. yang terpenting disini adalah anda harus mengetahui kondisi lantai sebelum mulai mengaplikasikan cat epoxy.

Selain kondisi lantai yang baik, pastikan debu hilang. Gunakan vacuum cleaner supaya debu lebih terangkat.

Pakai Cat Primer Epoxy

Banyak yang beranggapan bahwa memakai cat primer tidak penting. Kenyataannya bahwa cara menggunakan cat epoxy lantai memakai primer dapat membuat umur epoxy lebih panjang.

Selain itu, cat primer dapat mengilangkan resko gelembung dan gas, juga memberikan daya tahan yang lebih baik jika ada beban berat pada lantai nantinya. Ini membuat kondisi epoxy semakin kuat pada lantai. Agar aplikasi cat primer maksimal, pastikan anda memiliki sistem ventilasi yang baik di dalam ruangan.

Baca Juga  5 Cara Membersihkan Dapur dengan Maksimal

Mulai Aplikasikan Epoxy Cat

cara menggunakan cat epoxy lantai
Photo: epoxytoday.com

Ini adalah inti dari cara menggunakan cat epoxy lantai.

Untuk cara melakukannya sama saja dengan cara memplitur kayu pada umumnya. Yang terpenting disini, sebarkan cat dengan rata dan jangan sampai satu sisi yang punya ketebalan berbeda. Hasilnya akan sempurna jika yang proses persiapan lantai dan primer epoxy juga baik.

Untuk hasil terbaik, gunakan lapisan pertama dan kedua sesaat sebelum cat epoxy.

Campur Hardener dan Bahan Resin

Langkah pertama untuk mengaplikasikan cat epoxy ialah mencampur hardener dengan bahan resin epoxy. Proses ini memerlukan takaran yang sempurna agar cat punya komposisi yang pas. Oleh karenanya, anda bisa menggunakan jasa professional jika anda masih pemula.

Buat lapisan pertama

Lapisan pertama bertujuan untuk pemberian warna lantai dasar. Pada bagian ini, semua bagian lantai pastikan tertutup, termasuk lubang-lubang kecil, retakan dan beberapa hal lain jika ada.

Sebelum memberi lapisan terakhir, tunggu dulul lapisan pertama kering. Paling tidak, 24 jam hingga 2 hari agar kering secara sempurna.

Berikan lapisan terakhir

Kembali lagi, bersihkan debu dan kotoran jika terdapat pada permukaan setelah keringnya lapisan pertama. Karena debu dapat memperburuk hasil akhir, ini adalah bagian dari cara menggunakan cat epoxy lantai yang memerlukan ketelitian. Setelahnya, aplikasikan lagi cat epoxy lapisan terakhir dengan cara yang sama menggunakan campuran lapisan pertama.

Baca Juga  Model Ruangan Rumah Minimalis Modern dan Elegan

Semoga bermanfaat qhomelovers! Belanja cat epoxy percayakan di supermarket bangunan qhomemart.com. Ayo segera transaksi!

Rate this post

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini