Cara Menghemat AC Untuk Semua Merk

Melakukan cara menghemat ac memerlukan beberapa penanganan, sesimpel apapun itu. barang kali anda yang sampai pada artikel ini sedang mencari jawaban tentang bagaimana cara menurunkan biaya, namun dengan tetap berkinerja maksimal melawan hawa panas. apakah ada caranya? tentu saja ada! kami akan menjawab keraguan anda melalui beberapa tips pemakaian ac berikut

indonesia yang beriklim tropis, membuat kita memerlukan alat AC (air conditioner) yang menemani kegiatan sehari-hari di ruangan. AC selalu digunakan baik untuk segmen rumah pribadi ataupun gedung perkantoran, demi menjaga suhu tetap nyaman untuk tubuh serta dan tentu membantu aktivitas lebih maksimal.

lalu masalah muncul ketika melihat tagihan listrik sangat lah tinggi, terlebih untuk pemakaian “penyejuk udara” anda. memang kadang ini jadi masalah serius jika tidak segera ditangani, biaya akan membengkak membuat anda perlu mengeluarkan uang berlebih.

kami memiliki beberapa cara menghemat ac demi menekan pembiayaan anda tetap landai, berikut penjelasannya :

cara menghemat ac
via: freepik

Teknik Pre-Cool

apakah anda tahu, bahwa menaikkan ac setiap kali suhu di ruangan naik dapat berkali kali lipat membuat konsumsi energi listrik ikut membengkak? dan tentu saja, ini akan berpengaruh pada tagihan anda nantinya.

cara menghemat ac yang benar, anda bisa mendinginkan secara bertahap dengan membiarkan udara panas keluar terlebih dahulu, kami menyebutnya teknik pre cool. anda bisa membiarkan jendela terbuka untuk melepaskan udara penas dan hawa pengap terlebih dahulu.

Baca Juga  6 Model Tata Ruang Kantor Terbuka Yang Aesthetic

baru setelahnya, anda bisa menyalakan AC tanpa membuat kinerja ac menjadi sangat tinggi di awal. ini akan menjaga konsumsi listrik cenderung melandai.

Menggunakan Pohon Peneduh

mungkin anda bingung apa hubungannya pohon peneduh di halaman dengan cara menghemat ac ?

nah, menanam pohon peneduh yang rindang akan membantu menghalangi sinar matahari masuk, atau setidaknya memfilter sinar agar tidak terpancar secara langsung, dan tentu saja membuat rumah anda lebih sejuk.

cara ini mirip seperti korden pada penjelasan sebelumnya, yakni dengan menghalangi sinar panas matahari tentu saja akan membuat kinerja ac (air conditioner) jadi sedikit lebih ringan.

untuk tahu apa saja pohon peneduh yang cepat tumbuh, kami sudah membuat daftarnya melalui artikel “7 Jenis Pohon Peneduh Yang Cepat Tumbuh Untuk Halaman Rumah”

Naikkan Suhu Secara Bertahap

cara menghemat ac selanjutnya adalah dengan mengatur suhu ac secara bertahap. mungkin anda bertanya-tanya, kenapa harus dengan cara begini?

nah, menaikkan setiap tingkatan pendinginan dari ac anda akan membuat kinerjanya bekerja lebih keras, tentu itu akan berpengaruh terhadap konsumsi listriknya.

anda tidak perlu mengaturnya sampai dalam tahapan paling tinggi atau beku, cukup tentukan beberapa derajat suhu lebih dingin dan biarkan itu menyesuaikan dengan keadaan dalam interior ruangan.

Halangi Matahari Masuk

cara menghemat ac selanjutnya yang perlu anda lakukan, yakni menghalang matahari masuk ke ruangan, atau setidaknya meminimalisir itu masuk secara berlebih.

Baca Juga  7 Sekat Ruangan Tamu Minimalis Yang Simpel dan Ramah Kantong

sinar matahari dapat membuat hawa lebih panas, itu membuat ac bekerja lebih dan lebih. nah, disini pentingnya menggunakan gorden atau tirai untuk menghalangi sinar matahari masuk, setidaknya itu akan menambah 4 derajat lebih dingin didalam ruangan.

tapi, bukan sembarang gorden yang anda gunakan. sebisa mungkin pilih paling bagus karena ini juga menyangkut sisi estetika interior ruangan. untuk itu, kami sudah membahasnya lebih lengkap dalam artikel “Tips Memilih Gorden Cantik untuk Hunian Minimalis Anda”.

Menjaga Sistem Pendingin

ac jenis wall mounted

hal hal tersebut merupakan komponen penting dari ac seperti dirty filter, evaporator yang mana sebagai bagian penting operasi dari air contioner.

menjaga atau merawat ac tetap bersih akan sangat berdampak kinerja yang tetap baik, sehingga lebih efisien. ketika anda melakukan ini secara rutin dan regular, itu termasuk cara menghemat ac yang bisa kebanyakan orang tidak sadari.

selain itu, sangat penting juga menjaga ac anda agar tidak tersumbat oleh debu maupun partikel, anda bisa mengganti atau membersihkan setiap bulan sekali.

bagaimana kita membayangkan jika komponen – komponen tersebut kotor dan tidak terawat, itu hanya membuat kinerja tidak efisien, tapi ac juga tidak mendinginkan ruangan secara maksimal.

nah, itu tadi tips cara menghemat ac yang bisa anda ikuti, tentu harapannya ialah biaya tagihan listrik tidak membengkak, semoga bermanfaat ya qhomelovers!

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bau Sepatu Paling Ampuh

saatnya naik kelas! upgrade AC anda dengan yang hemat listrik dengan dapatkan di qhomemart.com, klik DISINI untuk beli


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini