Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Paling Ampuh

Noda karat yang membandel pada besi menjadi salah satu masalah yang meresahkan. Berbagai cara menghilangkan karat pada besi perlu dicoba untuk menghilangkan noda karat yang membandel. Noda karat pada peralatan rumah tangga seperti perkakas maupun alat masak seperti pisau yang berbahan logam tentu sangat mengganggu. Adanya karat dapat membuat dampak yang buruk pada kesehatan Anda.

cara menghilangkan karat pada besi
source: rachelbritton.com

Tips Cara Menghilangkan Karat pada Besi

Untuk menghilangkan karat pada perlengkapan rumah tangga perlu menggunakan bahan-bahan khusus. Tentunya bahan logam pun perlu mendapatkan perawatan khusus agar tidak mudah berkarat. Oleh karena itu, yuk simak beberapa tips cara menghilangkan karat pada besi berikut ini.

Gunakan Cuka

cara menghilangkan karat pada besi
source: farmersalmanac.com

Merendam benda logam maupun besi yang berkarat ke dalam air cuka ternyata dapat membantu untuk menghilangkan karat pada benda logam Anda lho. Anda cukup menggunakan cuka biasa yang ada di meja makan maupun di warung-warung untuk menghilangkan karat. Gunakan air cuka secukupnya hingga dapat merendam barang-barang yang berkarat. Setelah itu diamkan selama sehari semalam atau kurang lebih selama 24 jam.

Setelah direndam selama 24 jam, gosok bagian yang berkarat dengan spons atau sikat agar karatnya dapat hilang dan bersih. Anda juga bisa menggunakan spons atau sikat pembersih dengan bahan dasar aluminium foil untuk menggosoknya agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga  Tips Memilih Bor Bosch Jogja

Gunakan Minuman Bersoda

cara menghilangkan karat pada besi
cara menghilangkan karat pada besi
source: topcount.co

Minuman bersoda memang sering digunakan sebagai penyegar dahaga. Selain untuk pelepas dahaga, ternyata minuman bersoda pun dapat berguna untuk menghilangkan karat pada peralatan berbahan dasar logam maupun besi loh.

Tuangkan soda pada mangkuk atau wadah untuk merendam benda yang berkarat. Taruhlah benda berkarat Anda ke dalam wadah yang telah diisi dengan minuman bersoda tersebut dan rendam dengan waktu yang cukup lama.

Anda akan dapat melihat karat perlahan-lahan memudar dan hilang. Jika karat pada benda tersebut sudah memudar dan hilang, bersihkanlah dengan lap basah agar benda logam Anda tidak lengket karena minuman bersoda tersebut. Setelah itu keringkan dengan lap yang kering.

Yuk coba buktikan keampuhan minuman bersoda untuk menghilangkan karat pada permukaan benda logam yang Anda miliki!

Gunakan Campuran Soda Kue, Garam, dan Air Jeruk

cara menghilangkan karat pada besi
source: magicarustremover.com

Jika Anda ingin menggunakan bahan alami, Anda bisa membersihkan karat dengan campuran soda kue, garam, dan juga air jeruk lemon maupun jeruk nipis.

Campurkan setengah sendok garam, setengah sendok bubuk soda kue, dan juga air perasan jeruk lemon maupun jeruk nipis. Aduk semua bahan hingga merata lalu diamkan selama sekitar dua jam.

Setelah dua jam, oleskan campuran adonan tersebut ke benda yang berkarat. Diamkan beberapa saat agar karat pada besi mulai memudar dan kemudian menghilang. Jika terlihat sudah cukup bersih Anda bisa membersihkannya dengan kain yang kering.

Baca Juga  Apa itu Penthouse? Tips Memilih Penthouse yang Cocok

Menggunakan bahan campuran soda kue, garam, dan air jeruk dapat membersihkan benda logam dari karat tanpa merusak benda tersebut.

Gunakan Kentang dan Sabun Cuci Piring

Kentang umumnya kita kenali sebagai bahan makanan bukan? Namun ternyata kentang juga dapat menjadi bahan untuk menghilangkan karat lho.

Anda bisa mencampur kentang dengan sabun cuci piring untuk membuatnya dapat menjadi pembersih karat. Caranya adalah potong kentang dan blender kentang hingga halus. Campurkan kentang yang telah halus dengan sabun cuci piring lalu aduk hingga merata.

Oleskan campuran kentang dan sabun cuci piring tersebut ke bagian besi ataupun logam yang berkarat. Diamkan selama beberapa saat lalu gosok dengan spons atau sikat berbahan dasar aluminium

Gunakan Bahan Bakar Solar

Mungkin Anda bingung mengapa solar menjadi salah satu bahan pada tips cara menghilangkan karat pada besi ini. Akan tetapi ternyata solar adalah salah satu bahan yang cukup ampuh untuk menghilangkan karat lho.

Cara untuk menghilangkan karat dengan menggunakan solar pun cukup mudah. Anda hanya perlu merendam peralatan berkarat Anda ke dalam bahan bakar solar dan diamkan selama satu malam. Lama kelamaan karat akan memudar. Setelah semalaman, Anda bisa membersihkan benda tersebut dari sisa-sisa solar yang menempel.

Patut dicoba juga, ya!

Jika Anda sedang membutuhkan perkakas logam seperti kunci inggris, tang, dan lain sebagainya, Anda bisa membelinya di Qhomemart. Selain itu Anda juga bisa membeli berbagai kebutuhan rumah mulai dari bahan bangunan, lantai, atap, dan lain sebagainya hanya di Qhomemart.


Baca Juga  10 Inspirasi Dapur Sederhana yang Cocok Untuk Rumah Kecil

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini