[5 Menit] Cara Menghitung Luas Bangunan Yang Akurat

Cara menghitung luas bangunan secara manual dapat memakai rumus matematika “panjang x lebar”. Dapat juga memakai software autocad yang lebih cepat, mudah dan akurat.

Qhomelovers, sedang ragu berapa luas bangunan yang anda miliki? Mengetahui luas bangunan secara detail sangat penting karena dipergunakan untuk berbagai hal, misalnya untuk keperluan administrasi, nilai jual beli, menghitung budget pembangunan bahkan ketika ingin menjual bangunan/rumah yang kita miliki.

Maka dari itu, penting untuk tahu cara menghitung luas bangunan yang tidak hanya mudah, tapi benar dan tepat.

Dalam proses penghitungan luas, ada 2 cara yang bisa digunakan, yakni memakai rumus matematika (hitungan manual) dan memakai software Auto CAD.

Menghitung Memakai Rumus Matematika

cara menghitung luas bangunan
Ilustrasi cara menghitung luas bangunan secara manual

Yang pertama, qhomelovers dapat menggunakan cara menghitung luas bangunan dengan rumus matematika. Pada dasarnya, ini dapat dipakai untuk menghitung luas rumah secara manual.

Mneghitung memakai rumus matematika harus mengetahui dulu bentuk denah rumah, karena rumus yang dipergunakan sesuai bentuk denah rumah.

Rumus dari luas (L) adalah “panjang (P) x lebar (L)”.

Contohnya jika telah diketahui bentuk denah bangunan berbentuk persegi panjang dengan panjang 11 meter dan lebar 7 meter. Maka hitungannya adalah sebagai berikut :

Baca Juga  Jenis Valve Yang Perlu Anda Tahu (Untuk Air , Pipa Dll)

Luas = Panjang x Lebar = 11 x 7 meter = 77 m2.

Setiap perhitungan luas akan didapat satuan m2, maka hasil hitungan luas ialah 77 m2.

Perhitungan luas 2 lantai

Jika kondisinya bangunan / rumah memiliki 2 lantai, maka denah rumah akan digambar per lantai. Jadi hitungannya akan di jumlahkan luas setiap lantainya. Contohnya luas rumah tadi 77 meter m2, jika hunian tersebut 2 lantai maka luasnya ialah 154 m2.

Perhitungan luas denah tidak beraturan

Lalu, bagaimana jika bentuk denah tidak beraturan? Bagaimana jika bentuknya bukan persegi panjang, trapesium dan sebagainya?

Nah secara umum, cara menghitung luas bangunan denah tidak beraturan dapat dengan cara membagi tiap sudutnya jadi beberapa segitiga. Lalu, hitung luas masing-masing segitiga tersebut dengan rumus luas bangun segitiga.

Cara ini mungkin cukup rumut dilakukan. Untuk memudahkannya, gunakan bantuan microsoft excel.

Menghitung Memakai Auto CAD

menghitung luas bangunan menggunakan software auto cad
Menghitung luas bangunan menggunakan software auto cad. Foto : Estudia peru

Selain manual, anda bisa memakai software auto cad untuk cara menghitung luas bangunan secara akurat.

Jika hitungan manual dirasa kurang meyakinkan, cara ini bisa anda pakai. Untuk menghitung luas banguanan memakai auto cad, terdapat beberapa tahap yang perlu anda ikuti.

  • Pastikan anda memiliki denah yang dihitung dan rapi. Denah gambar yang tidak rapi akan mempengaruhi hasil perhitungan.
  • Klik garis pada gambar sebelumnya, lalu garis tersebut menjadi garis putus-putus.
  • Klik perintah PL (polyline), dan enter.
  • lalu, buat perintah LI (list), dan enter.
  • Setelah itu, akan muncul jendela baru yang menampilkan luas dan koordinat/tanah bangunan.
Baca Juga  Bagaimana Membuat Lantai Semen Yang Halus dan Mengkilap?

Menghitung Dengan Ketentuan Struktur dan Ukuran Bangunan

Setelah mengetahui cara menghitung luas bangunan, hal yang sebaiknya anda tahu ialah ketentuan struktur dan ukuran bangunan atau sering kita kenal “batas luas”.

Batas luas ini yang menentukan bagian mana saja yang masuk dalam hitungan luas bangunan. Untuk lebih detailnya, simak beberapa ketentuannya berikut ini.

Yang pertama, luas lantai akan dihitung hingga batas dinding keluar.

Yang kedua, dinding yang memiliki lebih dari 1,2 meter maka akan dihitung sepenuhnya. Misalnya ukuran ruangan 7×6 dengan tinggi lebih dari 1,2 meter, maka dihitung 42 m2 saja. Jika kurang dari 1,2 meter akan dihitung sepenuhnya.

Yang ketiga, overtek layaknya balkon yang dindingnya tidak lebih dari 1,2 meter maka tidak masuk dalam perhitungan luas bangunan.

Yang keempat, pada teras berdinding yang tingginya lebih dari 1,2 meter maka luasnya dihitung 60%.

Nah, itu tadi cara menghitung luas bangunan yang perlu anda tahu. Semoga bermanfaat qhomelovers!

5/5 - (7 votes)

Comments

comments

Edwin Qhomemart

Hello, i am edwin. 3 years as a content specialist focusing on building materials, loves everything about buildings and their intricacies. Book readers and explore tours.

Tanya Gratis Disini