Dekorasi

4 Cara Mengusir Nyamuk dengan Bahan Alami

Tidur dengan gangguan nyamuk sangatlah menyebalkan. Cara mengusir nyamuk pun kerap dicari karena tentu saja tidak ada orang yang ingin terganggu oleh nyamuk. Tergadang gangguan nyamuk dapat membuat Anda kesulitan tidur dan kulit menjadi merah-merah dan gatal. Tidak hanya di malam hari, saat sedang beraktivitas di siang hari dan kemudian didatangi nyamuk pun dapat membuat konsentrasi buyar dan beraktivitas menjadi terganggu.

Selain karena gigitan nyamuk yang dapat membuat gatal dan mengganggu, nyamuk pun dapat menyebarkan penyakit sehingga membuat kita sakit.

cara mengusir nyamuk
source: tennessean.com

Cara Mengusir Nyamuk

Apakah di rumah Anda banyak nyamuk? Jangan-jangan nyamuk mulai bersarang di rumah dan membuat aktivitas Anda menjadi terganggu karena nyamuk jadi banyak masuk ke dalam rumah? Tenang saja. Ada beberapa cara alami yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Penasaran apa saja cara mengusir nyamuk yang ampuh? Yuk simak sama-sama pembahasannya di bawah ini.

Cara Mengusir Nyamuk dengan Kulit Jeruk

cara mengusir nyamuk
source: The Reader’s Digest

Cara alami untuk mengusir nyamuk adalah dengan menggunakan kulit jeruk. Hal ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Kulit jeruk dinilai dapat mengurangi intensitas nyamuk untuk berkembangbiak di daerah yang terdapat kulit jeruk.

Baca Juga  Ruang Keluarga Mewah Dengan Budget Terjangkau

Cara menggunakan kulit jeruk untuk mengusir nyamuk sangatlah mudah. Anda cukup meletakkan kulit jeruk di piring atau alas lalu menaruhnya di daerah yang disukai nyamuk. Anda bisa menaruh di sudut kamar maupun di kolong tempat tidur. Akan tetapi, kulit jeruk tentu tidak dapat mengusir nyamuk sebesar 100 persen, namun sangat membantu untuk mengurangi nyamuk.

Cara Mengusir Nyamuk dengan Kayu Manis

cara mengusir nyamuk
source: tropicalhealth.com

Salah satu bahan makanan yang enak ini ternyata bisa menjadi bahan untuk mengusir nyamuk lho. Kayu manis memiliki senyawa cinnamaldehyde yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Anda bisa memanfaatkan bubuk kayu manis untuk mengusir nyamuk lho. Cukup taburkan beberapa jumput bubuk kayu manis di sekitar ruangan atau sudut ruangan yang dapat berpotensi sebagai sarang nyamuk.

Selain menggunakan bubuk kayu manis, ternyata air rebusan kayu manis pun bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Anda bisa memasukkan air rebusan kayu manis ke dalam botol sprayer untuk kemudian menyemprotkannya di ruangan yang berpotensi didatangi oleh nyamuk. Anda bisa menyemprotkan di ruang keluarga, ruang tamu, kamar tidur, bahkan kamar mandi.

Takaran untuk membuat air rebusan kayu manis yang cocok untuk mengusir nyamuk adalah dengan merebus tiga potong kayu manis sepanjang 3cm dengan diameter sekitar 2-3cm ke dalam 2 gelas air putih. Rebus hingga mendidih, kemudian saring air tersebut ke dalam wadah yang bersih. Tunggu hingga dingin. Setelah itu masukkan air ke dalam alat penyemprot untuk dapat digunakan sewaktu-waktu.

Baca Juga  Kelebihan Menggunakan Meja Dapur Granit di Banding Tipe Lain

Cara Mengusir Nyamuk dengan Sereh

Tanaman sereh adalah salah satu tanaman yang paling terkenal dengan segudang manfaat. Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman sereh selain untuk kesehatan tubuh adalah untuk mengusir nyamuk. Menanam sereh di rumah dipercaya dapat membantu Anda untuk mengusir nyamuk yang akan ke rumah. Anda bisa menanam sereh dekat jendela maupun di sekitar halaman rumah Anda.

Tidak hanya itu, jika Anda merasa terganggu dengan kehadiran nyamuk-nyamuk di area dalam rumah, Anda juga bisa menggunakan sereh untuk mengusirnya. Caranya mudah sekali. Anda tinggal memotong-motong beberapa batang serai dan menaruhnya di sebuah wadah lalu meletakkannya di sudut ruangan. Biarkan sereh mengering dan mengeluarkan bau khasnya untuk mengusir para nyamuk yang ingin masuk ke dalam rumah.

Cara Mengusir Nyamuk dengan Bunga Geranium

cara mengusir nyamuk
source: tipsbulletin.com

Memiliki kebun di rumah tentunya sangat menyenangkan. Akan tetapi, terkadang halaman rumah dapat menjadi sarang nyamuk. Cara yang cukup ampuh dalam mengusir nyamuk di halaman adalah dengan menanam bunga geranium. Bunga Geranium mengandung geraniol dan sitronelol yang tidak disukai oleh nyamuk.

Oleh karena itu, bunga geranium sangat direkomendasikan untuk mengusir nyamuk yang datang. Anda bisa menanam bunga geranium di dalam pot di halaman. Anda juga bisa meletakkannya di dekat jendela maupun di tempat-tempat yang biasa dihinggapi oleh nyamuk.

Baca Juga  88+ Desain Dapur Minimalis nan Cantik

Bagaimana, tertarikkah Anda untuk menggunakan bahan-bahan alami sebagai pengusir nyamuk?

Jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan rumah Anda dengan berbelanja di Qhomemart. Tersedia berbagai kebutuhan kebun, kebutuhan rumah mulai dari lantai, atap, bahan bangunan, furniture, dan lain sebagainya hanya di Qhomemat.

Rate this post

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya Gratis Disini