7 Tips Cara Merawat Mesin Cuci Agar Tahan lama

Mencuci pakaian adalah kegiatan yang sangat penting. Penggunaan mesin cuci di rumah jadi solusi untuk meringankan pekerjaan mencuci pakaian ini. Menggunakan mesin cuci juga menghemat pengeluaran jika dibandingkan harus mencuci di jasa laundry. Tentunya mesin cuci juga perlu dirawat agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Yuk simak tips cara merawat mesin cuci agar tahan lama berikut ini.

Letakkan Mesin Cuci di Tempat yang Tepat

Peletakan mesin cuci sangat penting dan berpengaruh terhadap awetnya mesin cuci di rumah Anda. Pastikan Anda meletakkan mesin cuci di tempat yang tidak lembab. Meletakkan mesin cuci di tempat yang lembab justru membuat mesin cuci Anda dapat cepat rusak.

Letakkan pula mesin cuci di tempat yang datar, pastikan bahwa Anda tidak menaruh mesin cuci merapat ke tembok. Beri ruang di sisi belakang dan samping mesin cuci. Pastikan pula ventilasi pada mesin cuci tidak tertutup agar suhu mesin cuci tetap stabil selama bekerja.

Baca Juga  7 Inspirasi Dinding Batu Bata Simpel Yang Bikin Betah

Masukan pakaian sesuai kapasitas mesin cuci

Ada kalanya jika ingin mencuci banyak pakaian dengan waktu yang singkat, Anda memasukkan banyak pakaian ke dalam mesin cuci. Hal ini sebenarnya tidak baik lho. Pastikan Anda tidak memasukkan pakaian terlalu banyak. Hal ini adalah salah satu cara merawat mesin cuci agar awet dan tahan lama.

Jika Anda memasukkan pakaian melebihi kapasitas mesin cuci, Anda akan membuat kerja mesin cuci tidak maksimal dan kotoran pada pakaian tidak dapat tercuci dengan baik. Selain itu memasukkan pakaian yang melebihi kapasitas mesin cuci juga dapat merusak motor penggerak mesin sehingga dapat menjadi salah satu penyebab mesin cuci cepat rusak.

Jangan simpan pakaian terlalu lama di dalam mesin cuci

cara merawat mesin cuci
source: freepik.com

Menyimpan pakaian terlalu lama di dalam mesin cuci juga dapat merusak kualitas mesin cuci. Ketika Anda menyimpan pakaian terlalu lama baik dalam keadaan kering maupun basah dapat membuat bau tak sedap pada mesin cuci sehingga Anda perlu mencuci ulang pakaian Anda.

Jangan membuka pintu atau memasukkan benda ke dalam mesin ketika mesin sedang bekerja

Beberapa kali mungkin Anda ingin memasukkan pakaian yang lupa Anda masukkan sebelum mesin bekerja, akan tetapi sebaiknya jangan masukkan pakaian saat mesin sedang bekerja. Memasukkan pakaian atau membuka pintu mesin cuci saat mesin cuci sedang bekerja dapat mengganggu kerja mesin cuci dan membuat mesin cuci lebih cepat rusak.

Baca Juga  7 Kesalahan Umum Membeli Bed Cover

Jika Anda lupa memasukkan beberapa pakaian saat mesin sudah menyala, sebaiknya simpan saja pakaian kotor Anda untuk dicuci pada cucian yang berikutnya.

Bersihkan Mesin Cuci Secara Berkala

source: freepik.com

Cara merawat mesin cuci agar tahan lama salah satunya dengan membersihkan secara berkala. Bersihkan mesin cuci dari sisa deterjen, pelembut, maupun pemutih dengan kain yang lembut. Bersihkan pula bagian yang dialiri air secara berkala agar tidak berlumut dan kotor.

Anda dapat membersihkan mesin cuci dengan mode cleaning pada mesin cuci Anda. Caranya hanya dengan mengisi mesin cuci dengan air secukupnya dan pilih mode cleaning untuk membersihkan mesin cuci.

Bersihkan pula filter mesin cuci kira-kira seminggu sekali. Filter mesin cuci berisi kotoran-kotoran dari pakaian yang Anda cuci. Untuk itu perlu membersihkan filter mesin cuci secara berkala agar kotoran tidak menumpuk dan mempengaruhi kinerja mesin cuci Anda.

Lindungi tombol-tombol pada mesin cuci Anda

Anda juga dapat meminimalisir kerusakan mesin cuci dengan menjauhkan panel kontrol dari air. Anda dapat melindungi panel kontrol mesin cuci dengan melapisinya menggunakan plastik bening. Hal ini dapat menghindari terjadinya korsleting karena panel kontrol terkena air.

Cabut kabel mesin cuci ketika selesai digunakan

Setelah Anda selesai menggunakan mesin cuci, pastikan Anda mencabut kabel mesin cuci atau mematikan saklar agar listrik tidak terus mengalir ke mesin cuci. Jika Anda tidak mencabut kabel mesin cuci setelah selesai digunakan, listrik yang mengalir ke mesin cuci dapat merusak mesin cuci dan menyebabkan korsleting.

Baca Juga  5 Tips Menata Ruang Belajar Anak

Jika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba, voltasi alat elektronik tersebut menjadi tidak stabil. Untuk itu sebaiknya matikan aliran listrik ke mesin cuci setiap Anda selesai menggunakannya. Selain lebih aman, mencabut kabel mesin cuci juga dapat menghemat penggunaan listrik di rumah Anda.

Nahh mudah bukan merawat mesin cuci dengan tips cara merawat mesin cuci yang sudah disebutkan di atas? Yuk rawat mesin cuci Anda agar awet dan tahan lama sehingga dapat mempermudah Anda mencuci pakaian.

Dapatkan produk mesin cuci dan aksesoris mesin cuci dengan berbagai merk hanya di Qhomemart, pusat belanja grosir terlengkap. Qhomemart menyediakan berbagai kebutuhan rumah Anda mulai dari bahan bangunan, atap, perlengkapan kamar mandi, peralatan dapur, dan lain sebagainya.

Berbelanja di Qhomemart lebih mudah melalui website, marketplace seperti shopee atau tokopedia, dan bisa juga langsung menghubungi kami via whatsapp.


Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasi Gratis Disini